Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Product Knowledge, Jenis, dan Manfaatnya

Pengertian Product Knowledge, Jenis, dan Manfaatnya


A. Pengertian Product Knowledge

Product knowledge adalah situasi ketika sales representative benar-benar memahami produk yang ia jual. Informasi mengenai product knowledge merupakan hal yang harus dikuasai oleh para sales dalam perusahaan dan divisi pemasaran mereka. Karena kedua divisi tersebut merupakan yang paling sering berhubungan dengan klien dan konsumen atau target pasar.

Pada dasarnya, mereka yang bekerja di perusahaan yang menjual produk jasa atau barang tertentu dituntut untuk mengetahui–minimal informasi dasar mengenai produk yang akan dijual. Tujuannya agar jika sewaktu-waktu mereka ditanya oleh orang, entah itu teman, kerabat atau tetangga, mereka dapat memberikan penjelasan atau jawaban yang memuaskan.

B. Jenis Product Knowledge
Pengetahuan produk yang harus dikuasai tidak hanya sebatas nama, harga serta kelebihan dari produk yang akan ditawarkan. Seorang sales yang baik harus memahami seluruh informasi secara mendasar untuk semakin menarik minat konsumen yang sedang diprospek. Berikut beberapa jenis product knowledge yang sangat wajib dikuasai sebagai seorang sales maupun marketing di antaranya,
1. Informasi dasar dari produk yang dijual
Poin pertama yang harus Anda kuasai adalah informasi paling dasar dari produk tersebut. Meliputi sejarah munculnya, tujuan dari pembuatan produknya, material dasar atau komposisi, proses pembuatan dan masih banyak lagi lainnya.

2. Model yang ditawarkan
Produk yang dijual oleh perusahaan biasanya tidak hanya satu jenis saja. Artinya, terdapat beberapa tipe atau model produk yang lain dan harus Anda kuasai product knowledge-nya. Dalam hal ini, Anda harus mengetahui setiap perbedaan dari masing-masing produk tersebut. Mulai dari fungsi atau kegunaan, value yang ditawarkan, manfaat yang diberikan dan lain sebagainya.

3. Usia pakai dan cara pemeliharaannya yang tepat
Sebagai contoh Anda menjual produk berupa peralatan dapur yang diperuntukkan bagi ibu rumah tangga. Dengan harga yang Anda tawarkan, banyak ibu-ibu yang kurang cocok karena dianggap sedikit lebih mahal.

Sebagai sales yang baik, Anda bisa meyakinkan mereka untuk membeli produk tersebut dengan memberikan informasi mengenai keunggulan usia pakainya yang jauh lebih awet. Seperti permukaan wajan atau pancinya yang tidak mudah mengelupas.

Selain itu, Anda juga harus memberikan informasi mengenai bagaimana cara yang paling tepat untuk merawat peralatan masak tersebut. Misalnya, produk yang Anda tawarkan merupakan inovasi paling mutakhir untuk saat ini berupa wajan anti lengket dan anti bau. Sehingga cara perawatannya pun cukup mudah hanya dengan membilasnya dengan sabun dan air yang mengalir tanpa harus menggosok permukaannya yang lengket atau gosong.

4. Cara pembayaran dan harga dasar
Berikutnya masalah harga sering menjadi salah satu alasan utama seseorang mau membeli produk tersebut atau tidak. Jika produk yang Anda tawarkan merupakan produk berharga tinggi seperti motor, mobil atau barang-barang elektronik, Anda bisa menyampaikan pada konsumen bahwa barang tersebut dapat dibayar secara bertahap atau dicicil.

Selain itu, Anda juga harus mengetahui harga dasar dari masing-masing produk untuk mengetahui batas maksimal apabila konsumen melakukan negosiasi atau penawaran. Sehingga Anda tidak akan takut rugi ketika menyepakati harga yang diajukan oleh konsumen tersebut.

5. Manfaat dan kelebihan yang ditawarkan oleh produk Anda dibanding kompetitor
Sales yang baik akan mengetahui apa saja keunggulan dari produk yang sedang ia jual. Tak hanya itu, para sales juga dituntut untuk mengetahui kekurangan dari kompetitor lain untuk meningkatkan penjualannya. Nantinya, Anda dapat membandingkan produk yang Anda jual dengan produk yang dihasilkan oleh kompetitor atau pesaing lain.

Manfaat dan kelebihan yang ditawarkan ini tak melulu berasal dari produknya. Anda juga bisa mengiming-imingi bonus berupa merchandise lain atau dengan memberikan penawaran kemudahan pembayaran atau cicilan dengan DP 0%.

C. Manfaat Product Knowledge
Selain melancarkan proses penjualan berikut beberapa manfaat product knowledge bagi perkembangan bisnis di antaranya,
1. Kemampuan komunikasi lebih kuat
Manfaat utama yang paling jelas adalah meningkatkan kemampuan komunikasi sales representative.  Jika pengetahuan akan sebuah produk tidak begitu baik. Saat dipertemukan dengan pelanggan yang berbeda dari biasanya, Anda mungkin akan kesulitan menjual barang tersebut. dengan product knowledge yang baik, tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut.

2. Meningkatkan kepercayaan diri
Manfaat lain adalah meningkatkan kepercayaan diri, yang dapat berujung pada peningkatan penjualan secara keseluruhan. Kepercayaan diri yang dimaksud di sini berlaku untuk para sales dan juga calon pelanggannya. Dengan pengetahuan yang mumpuni atas sebuah produk, Anda bisa membuat pelanggan lebih yakin dan percaya diri untuk membelinya.

3. Memiliki aset tak ternilai
Manfaat selanjutnya dari product knowledge adalah Anda jadi benar-benar yakin dengan produk yang dijual. Hal tersebut merupakan aset tak ternilai, baik untuk perusahaan maupun pelanggan yang sedang ditawarkan produk. Kalau Anda terlihat tahu betul apa yang dijual dan yakin dengan produk tersebut, orang yang membelinya akan merasakan hal serupa.

4. Lebih meyakinkan pelanggan
Hal ini menunjukkan bahwa pengetahuan akan produk dapat sangat membantu proses penjualan. Contohnya adalah ketika melakukan penjualan, Anda harus tahu apa yang membuat barang tersebut berharga jika dibandingkan dengan produk kompetitor. Kalau pelanggan mengajukan pertanyaan, Anda juga akan lebih mudah menjawabnya dan meyakinkan mereka bahwa produk Anda lah yang terbaik.

5. Menciptakan brand yang lebih pakem
Semua orang pasti tahu bahwa perusahaan dan image sebuah brand butuh waktu untuk dibangun sampai akhirnya sukses. Tim sales dengan product knowledge yang mumpuni dapat mempermudah jalan perusahaan menuju kesuksesan. Dengan mengetahui produk sendiri, secara otomatis Anda juga akan mencari tahu seputar produk kompetitor.

Setelah itu, akan dilakukan pengembangan dan usaha lain agar produk milik Anda mencapai bentuk terbaiknya. Tanpa pengetahuan akan detail produk, mungkin hal ini masih terlewat begitu saja dan tidak akan ada ruang untuk pengembangan.

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 3. Interaksi Sosial dalam Dinamika Kehidupan Sosial (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 2. Hubungan Sosial (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas X Bab 2.1 Individu, Kelompok, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Sosiologi Kelas X Bab 2.2 Individu, Kelompok, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
5. Materi Ujian Nasional Kompetensi Interaksi Sosial
6. Materi Ringkas Interaksi Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Product Knowledge, Jenis, dan Manfaatnya"