Pengertian Jurnal Khusus, Jenis, dan Manfaatnya

Pengertian Jurnal Khusus atau Subsidiary Journals
Jurnal Khusus (Subsidiary Journals)

A. Pengertian Jurnal Khusus (Subsidiary Journals)
Jurnal khusus (subsidiary journals) adalah entri khusus dari berbagai transaksi keuangan yang wajib dicatat di buku dalam bentuk jurnal. Sistem jurnal khusus memudahkan perusahaan atau organisasi untuk melakukan pengecekan kembali karena sistem entri ganda yang lebih terinci.

Pencatatan dalam jurnal khusus dilakukan agar catatan tersebut tidak memenuhi buku besar dengan cepat, meskipun nantinya jumlah total dalam jurnal-jurnal khusus ini secara berkala dimasukkan ke buku besar umum dalam bentuk ringkasan secara berkala.

Tipe jurnal khusus masih sering dilakukan oleh perusahaan yang menerapkan sistem akunting manual. Dengan menggunakan metode tersebut, pekerjaan penyelesaian bisa jauh lebih mudah karena akuntan bisa mengecek rincian pengeluaran dari jurnal besar ke dalam jurnal khusus untuk menghindari kesalahan perhitungan debit dan kredit saat melakukan pembukuan.

B. Jenis Jurnal Khusus (Subsidiary Journals)
Berikut ini ada 4 contoh jenis jurnal khusus dalam akuntansi yang biasanya digunakan dalam perusahaan di antaranya,
1. Jurnal Pembelian. Jurnal khusus pembelian berguna untuk mencatat transaksi-transaksi pembelian barang dagangan, serta barang lainnya yang dilakukan secara kredit. Sehingga berfungsi sebagai pencatatan transaksi pembelian yang dilakukan ketika adanya pembayaran secara kredit.
2. Jurnal Penjualan. Jurnal khusus penjualan ini berfungsi sebagai pencatatan transaksi penjualan barang dagang atau jasa yang biasanya dilakukan dengan pembayaran secara kredit.
3. Jurnal Penerimaan Kas. Jurnal penerimaan kas adalah pencatatan transaksi yang berupa tunai, baik itu dengan kas atau cek. Di mana jurnal ini disebut sebagai buku kas masuk, yang berfungsi sebagai pencatatan transaksi seperti penerimaan uang, penjualan tunai, penerimaan piutang, dan sebagainya.
4. Jurnal Pengeluaran Kas. Jurnal pengeluaran kas merupakan pencatatan transaksi atas pembayaran secara tunai, yang biasanya jurnal ini disebut sebagai buku kas keluar. Sehingga jurnal ini berfungsi untuk mencatat pengeluaran kas seperti hutang, beban perusahaan, dan sebagainya.

C. Manfaat Jurnal Khusus (Subsidiary Journals)
1. Kemudahan Pencatatan secara Sistematis. Pengelompokan pencatatan transaksi dalam jurnal khusus membuat proses pembuatan laporan keuangan menjadi lebih sistematis. Kemudahan ini juga membuat proses pencatatan dalam buku besar menjadi lebih efisien.
2. Mempercepat Proses Data Transaksi. Dengan adanya pengelompokan data, maka pemrosesan laporan keuangan bisa lebih cepat terjadi. Sebagai contoh, jika ada 50 kali transaksi sejenis, pada jurnal umum akan tetap dicatat dan dikelompokkan sebanyak 50 kali juga. Sedangkan, dalam jurnal khusus hanya perlu mengelompokkan datanya satu kali saja, berdasarkan jenis akun.
3. Mempermudah Proses Pemostingan ke Buku Besar. Dengan adanya jurnal ini, pemostingan data ke buku besar dapat dilakukan secara berkala dengan lebih praktis dan mudah, karena dalam jurnal khusus semua transaksi yang sejenis dibukukan dengan akun yang sama. Sehingga pemostingan beberapa transaksi keuangan pun dapat dilakukan secara bersamaan berdasarkan jenis akunnya.
4. Memudahkan Pemeriksaan Secara Berkala. Pemeriksaan kembali biasa terjadi secara berkala dalam sebuah perusahaan, baik secara internal maupun eksternal oleh auditor publik. Dengan adanya jurnal khusus, transaksi keuangan sejenis yang adalah telah banyak tercatat dalam perusahaan akan dibukukan secara ringkas dan praktis pada satu jurnal sehingga memberikan kemudahan bagi auditor internal maupun eksternal untuk melakukan pemeriksaan.
5. Mengurangi Resiko Pengubahan Data. Pengertian jurnal khusus adalah membuat data harian seperti pembelian, penjualan, penerimaan dan pengeluaran kas dicatat secara kronologis dan terperinci. Proses transaksi yang dicatat setiap hari serta lengkap akan mengurangi resiko pengubahan data dan penipuan oleh pihak tertentu di waktu yang akan datang. Kemungkinan pembuatan laporan palsu dalam akun pun akan berkurang karena ada pihak yang bertanggung jawab atas kebenarannya.
6. Adanya Spesialisasi Pekerjaan. Pembagian jurnal khusus ke dalam empat jenis transaksi membuat adanya spesialisasi dalam pencatatan sehingga hasil yang didapatkan lebih baik.
7. Mengontrol Adanya Fraud. Kemungkinan perubahan laporan palsu atau tindakan fraud lainnya dalam akun akan terpantau dan sulit untuk dilakukan karena transaksi jurnal dicatat secara kronologis dan pihak tertentu bertanggung jawab atas kebenarannya.
8. Peningkatan Efisiensi. Dengan mengadopsi jurnal khusus, pekerjaan pencatatan transaksi bisnis dapat dikerjakan oleh beberapa karyawan yang sudah mahir dalam hal ini. Pencatatan tidak hanya dikerjakan oleh satu orang akuntan, Ini seperti efisiensi antara bagian dari akuntan.
9. Meminimalisir Kesalahan. Setiap jurnal khusus ditangani oleh orang tertentu, yang sudah mahir dengan pekerjaan yang diberikan kepadanya. Dengan begitu akan banyak pemeriksaan dari banyak pihak dan ini akan berimbas pada pengurangan kesalahan dalam pencatatan pembukuan.
10. Memudahkan Memasukkan Rincian Data. Dalam pencatatan jurnal transaksi khusus, satu baris yang dirancang untuk menyediakan semua informasi yang diperlukan. Misalnya, pembelian barang dagangan dicatat pada satu baris, termasuk kredit ke akun pemasok dan nama pemasok, tanggal dan jumlah informasi yang diinginkan.
11. Kontrol Internal yang Lebih Baik. Kontrol internal yang lebih baik akan terbentuk bila organisasi bisnis mengadopsi jurnal khusus. Hal ini dikarenakan jurnal-jurnal keuangan ini memungkinkan membagi pekerjaan ke beberapa karyawan.
12. Referensi Masa Depan. Transaksi yang sifatnya serupa dicatat dalam satu jurnal. Hal ini berguna sebagai referensi masa depan dan menjadikan pencatatan transaksi menjadi lebih mudah.
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Jurnal Khusus, Jenis, dan Manfaatnya"