Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Expense, Perbedaan dengan Cost, dan Contohnya

Pengertian Expense, Perbedaan dengan Cost, dan Contohnya


A. Pengertian Expense (Beban)

Expense (beban) adalah suatu penurunan pada nilai ekonomi sebagai kas keluar atau aktiva yang berkurang. Expense ini dianggap sebagai kewajiban karena dapat menyebabkan nilai ekuitas menurun. Biasanya juga, dianggap sebagai sebuah pengorbanan yang sudah terjadi. Expense ini dicatat dalam laporan laba rugi dengan nama akun antara lain beban sewa, penyusutan, listrik, gaji dan sebagainya.

B. Perbedaan Expense dan Cost
Terdapat empat cara mudah untuk membedakan cost dengan expense di antaranya,
1. Sebagai Garis Besar
Secara umum, bisa kita artikan bahwa cost adalah seluruh sumber ekonomi yang harus dikeluarkan agar bisnis bisa tetap berjalan dengan baik. Selain itu, beban juga beban atau expense juga bisa dijadikan sebagai suatu langkah penurunan nilai ekonomi seperti pengeluaran uang terhadap penyusutan pada nilai aktiva.

Pada umumnya, expense dan cost memang memiliki perbedaan yang sangat mencolok dan bisa kita pahami dengan mudah. Untuk itu, pada biaya belum tentu akan dipergunakan oleh kegiatan bisnis tapi beban yang sudah ada akan digunakan pada  kegiatan awal bisnis.

2. Letak Expense dan Cost pada Laporan Keuangan
Klasifikasi perbedaan akun cost dan expense pada laporan keuangan adalah pada beban yang akan dibukukan pada laporan laba rugi, yang tentunya tidak akan memberikan manfaat di masa depan. Sehingga, bebannya hanya akan berguna sebagai pengeluaran yang sudah terpakai dan memiliki periode waktu kurang dari satu tahun.

Berbeda halnya dengan letak akun biaya yang akan dibukukan dalam laporan neraca, dan mempunyai manfaat di masa yang akan datang dan bisa dianggap sebagai aktiva karena biaya tersebut belum digunakan.

3. Sesuai dengan Periode Akuntansi
Klasifikasi lainnya yang ada dari perbedaan antara biaya dan juga beban bisa dilihat dari sebuah laporan keuangan periode akuntansi, yang mana biaya atau cost mempunyai lebih dari satu periode akuntansi. Oleh karena itu, biayanya pun masih dianggap sebagai pengeluaran atas suatu modal ataupun aset, namun sebaliknya dengan expense yang mempunyai periode akuntansi kurang dari setahun.

Expense akan dinilai sebagai pengeluaran yang bisa dimanfaatkan untuk bisa menghasilkan sumber pendapatan, yang mana pada kedua hal tersebut bisa dikatakan sebagai expense recognition. Komponen beban juga akan sangat berguna sebagai sumber modal yang jumlahnya relatif lebih kecil dari jumlah biaya.

Periode akuntansi yang lebih dari setahun ini akan disebut sebagai capital expenditure. Tapi, jika kurang dari periode setahun seperti akun beban, maka akan dianggap sebagai revenue expenditure.

4. Sesuai dengan Jumlah dan Nilai Nominal yang Dikeluarkan
Tentunya dalam hal ini biaya akan diambil atas modal suatu perusahaan, sehingga pengeluaran yang sudah dikeluarkan juga akan lebih besar dan bahkan sama dengan aset usaha lainnya seperti biaya ataupun biaya penyusutan yang periodenya terus berkelanjutan.

Di dalam suatu akun beban, akan diambil data dari nilai pendapatan. Selain itu, akun beban juga belum tentu ada pada periode selanjutnya. Tapi, pada akun beban ini mempunyai nilai pengeluaran yang relatif lebih kecil dari nilai biaya.

5. Manfaat Expense dan Cost
Cost dan expense tentunya memiliki manfaatnya masing-masing. Akun biaya akan sangat bermanfaat dan mempengaruhi nilai pendapatan, berbeda dengan akun beban atau expense yang lebih bermanfaat untuk sumber daya.

Adanya manfaat ini juga mampu memberikan efek pada sejumlah dana modal yang akan diterima setelanya, namun pada akun beban akan memberikan efek yang besar pada jumlah keuangan perusahaan.

C. Contoh Pembukuan Expense dan Cost
1. Contoh Pada Akun Biaya
PT. Sukses Kemilau membeli sebuah laptop untuk mempermudah pekerjaan bisnis karyawannya. Di mana, laptop tersebut memiliki masa manfaat lebih dari 5 tahun. laptop di sini dapat dikelompokkan sebagai aset. Karena laptop tersebut masuk ke dalam kategori aset tetap dan memiliki masa manfaat lebih dari 1 tahun atau 1 periode akuntansi.

2. Contoh Pada Akun Beban
Manfaat yang dirasakan pada saat membeli laptop tersebut, yaitu PT. Sukses Kemilau harus mengeluarkan biaya tambahan lainnya seperti reparasi laptop, biaya internet dan sebagainya. Dengan mengetahui beberapa perbedaan biaya dan beban memang memiliki manfaat yang berbeda. Posisi dan penyusunan akun biaya dan beban juga tidaklah sama. Untuk itu Anda disarankan perlu pemahaman yang pasti agar tidak salah ketika membuat sebuah laporan keuangan.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 2. Modernisasi dan Globalisasi (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2. Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.4 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Ujian Nasional Kompetensi Globalisasi dan Dampaknya       
11. Materi Ringkas Globalisasi dan Dampaknya

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Expense, Perbedaan dengan Cost, dan Contohnya"