Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Emerging Markets, Strategi, dan Keuntungannya

Pengertian Emerging Markets, Strategi, dan Keuntungannya


A. Pengertian Emerging Markets

Emerging markets adalah istilah untuk negara dengan ekonomi yang semula berkembang sekarang menjadi maju. Emerging markets juga dapat didefinisikan sebagai suatu negara dengan kondisi ekonomi di level rendah yang menuju ke level menengah. Kemajuan atau perkembangan ini dilihat dari besar pendapatan per kapita di wilayah tersebut.

Umumnya sebanyak 80% dari negara-negara tersebut merupakan populasi global yang mewakili sekitar 20% dari ekonomi dunia. Sedangkan negara-negara yang termasuk dalam hal ini sebenarnya cukup bervariasi. Mulai dari negara yang sangat kecil hingga negara yang sangat besar bisa saja tergolong sebagai emerging markets karena adanya perkembangan dan juga reformasi.

Negara-negara yang termasuk ke dalam kategori emerging market economy dulunya lebih dikenal sebagai negara-negara yang kurang berkembang secara ekonomi. Tidak seperti Jepang atau Amerika, ekonomi mereka masih cenderung lemah dan sedang berada dalam proses menuju negara dengan ekonomi berkembang. Contoh negara dengan pasar yang sedang berkembang adalah Arab Saudi, Meksiko, India dan Pakistan.

B. Strategi Emerging Markets
1. Inovasi Terbaru
Inovasi umumnya menjadi kunci bagi keberhasilan ekonomi di suatu negara. Inovasi sendiri pada dasarnya mengacu pada suatu penemuan baru yang mungkin saja bersifat unik dan memiliki penilaian tersendiri bagi orang lain. Maka suatu negara yang terus berinovasi akan mengalami kemajuan termasuk dalam bidang ekonomi. Oleh karena itu setiap bisnis yang berkembang di suatu negara sebaiknya selalu menciptakan produk barang atau jasa yang inovatif. Sebab hal ini pada akhirnya akan membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi di negara tersebut.

2. Emerging Markets Efektif
Umumnya perekonomian di suatu negara bisa saja mengalami peningkatan jika aktivitas ekonomi di dalamnya berjalan secara efektif. Aktivitas ekonomi di suatu negara yang berjalan secara efektif tentunya akan membuahkan hasil yang berupa peningkatan ekonomi negara. Maka dari itu dibutuhkan suatu kontinuitas dan konsistensi bagi seluruh aktivitas ekonomi yang sedang berjalan di sebuah negara.

Tidak hanya itu saja tetapi kegiatan perekonomian di suatu negara sebaiknya dilakukan dengan menekan biaya. Artinya kegiatan ekonomi ini bisa berlangsung dengan penggunaan anggaran modal yang seminimal mungkin namun bisa memberikan hasil semaksimal mungkin.

3. Pemasaran Produk
Kegiatan pemasaran turut menjadi salah satu strategi yang bisa berpengaruh pada kondisi perekonomian di suatu wilayah negara. Pada dasarnya berbagai bisnis atau perusahaan yang sedang dan telah berkembang di suatu negara perlu memperluas pemasaran. Bahkan pemasaran ini bisa saja terjadi secara lintas dunia.

Kegiatan ekspor dan impor bahkan bisa saja melonjak karena adanya tuntutan untuk semakin memperluas jaringan pasar. Pemasaran yang sukses tentunya akan membawa suatu negara untuk mengalami pertumbuhan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi inilah yang nantinya akan menentukan apakah negara tersebut telah mengalami kemajuan dan perkembangan secara signifikan ataukah tidak.

4. Partner dalam Emerging Markets
Pertner atau relasi menjadi suatu bagian penting bagi suatu bisnis atau perusahaan yang sedang berkembang. Sebab pada dasarnya partner ini bisa menjadi mitra kerja bagi Anda yang sedang mengembangkan bisnis atau usaha. Oleh karena itu pemilihan partner sebaiknya tidak dilakukan dengan sembarangan. Pemilihan partner seharusnya dilakukan dengan berbagai pertimbangan. Di antaranya adalah apakah partner bisnis Anda bisa turut mendukung perkembangan bisnis atau usaha Anda.

Selain itu perlu diperhatikan pula bagaimana perkembangan bisnis Anda. Apakah perkembangan tersebut terjadi secara signifikan ataukah tidak. Dengan adanya partner yang tepat maka sebuah bisnis atau perusahaan tentu dapat mengalami perkembangan sehingga turut mendukung kestabilan pertumbuhan ekonomi di suatu negara.

C. Keuntungan Emerging Markets
1. Pertumbuhan Ekonomi Stabil
Pertumbuhan ekonomi yang stabil di suatu wilayah negara tentu menjadi harapan bagi sebuah negara. Tentunya pertumbuhan ekonomi ini bisa dicapai jika aktivitas ekonomi di suatu negara bisa berjalan dengan efektif dan efisien. Hingga akhirnya aktivitas ekonomi tersebut turut membantu negara yang bersangkutan untuk mengalami peningkatan pendapatan per kapita.

Hal inilah yang pada akhirnya turut menjadi faktor penyebab bagi sebuah negara untuk bisa tergabung ke dalam emerging markets. Namun keterlibatan suatu negara ke dalam emerging market pada akhirnya dapat membuat negara tersebut mengalami pertumbuhan ekonomi yang stabil. Sebab pada dasarnya negara tersebut sebelumnya telah mengalami perkembangan termasuk dalam hal perkembangan ekonomi. Maka selanjutnya negara bisa tetap menjaga kestabilan pertumbuhan ekonominya.

2. Tenaga Kerja Stabil
Suatu negara tidak hanya dilihat dari pertumbuhan ekonomi saja. Namun sebenarnya pertumbuhan ekonomi juga bisa dilihat dari tenaga kerja yang ada. Semakin tenaga kerja yang bekerja di berbagai perusahaan itu stabil maka semakin baik pula pertumbuhan ekonomi di negara tersebut. Tenaga kerja yang stabil memang turut menjadi kunci keberhasilan bagi sebuah negara untuk mencapai pertumbuhan ekonomi.

Tenaga kerja yang stabil pada dasarnya turut meliputi jumlah tenaga kerja usia produktif yang tidak berkurang. Di samping itu tenaga kerja yang stabil juga umumnya juga dilihat dari adanya tingkat kesejahteraan tenaga kerja itu sendiri.

3. Menghasilkan Laba Perusahaan
Sebuah negara yang tergolong ke dalam emerging markets tampaknya bisa mendukung aktivitas berbagai perusahaan yang ada di dalamnya. Salah satunya adalah dengan meningkatkan hasil laba perusahaan yang ada di negara tersebut. Memang sebenarnya ada banyak hal yang bisa dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan hasil laba perusahaan.

Namun bila suatu negara telah tergabung ke dalam emerging markets maka bisa dipastikan bahwa negara tersebut telah mengalami pertumbuhan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi ini bisa terus dipertahankan salah satunya adalah dengan upaya untuk menghasilkan laba bagi berbagai perusahaan yang ada. Dengan adanya hasil laba yang signifikan dan terus meningkat maka negara juga akan mendapatkan dampak positif dari hal tersebut.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 2. Modernisasi dan Globalisasi (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2. Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.4 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Ujian Nasional Kompetensi Globalisasi dan Dampaknya       
11. Materi Ringkas Globalisasi dan Dampaknya

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Emerging Markets, Strategi, dan Keuntungannya"