Pengertian Diversifikasi Pendapatan, Fungsi, dan Strateginya

Pengertian Diversifikasi Pendapatan
Diversifikasi Pendapatan

A. Pengertian Diversifikasi Pendapatan
Diversifikasi pendapatan adalah suatu metode yang dilakukan untuk menambah penghasilan secara lebih banyak dengan cara menjalani beraneka ragam area bisnis. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata diversifikasi sendiri memiliki arti penganekaan usaha untuk menghindari ketunggalan kegiatan, produk, jasa, dan investasi.

Demikian, diversifikasi pendapatan juga bisa diartikan sebuah strategi untuk mengalokasikan pendapatan-pendapatan dalam berbagai jenis instrumen investasi. Dengannya diharapkan Anda akan mendapatkan semakin banyak aliran penghasilan, terutama di tengah iklim usaha yang semakin sulit.

B. Fungsi Diversifikasi Pendapatan
1. Menghindari ketergantungan
Menjalankan berbagai macam bisnis dapat membantu Anda menjadi semakin mandiri dalam melakukan pengelolaan bisnis. Hal ini pada akhirnya bisa membuat Anda menjadi tidak tergantung lagi pada satu jenis bisnis saja. Tetapi Anda nantinya akan semakin mampu dalam mengelola seluruh bisnis Anda.

2. Membuat rencana cadangan
Mungkin saja Anda telah terbiasa untuk melakukan satu perencanaan bagi pengembangan bisnis Anda. Namun dengan adanya diversifikasi pendapatan maka Anda bisa saja membuat rencana lain. Jadi Anda bisa memiliki rencana cadangan yang bisa diterapkan pada bisnis Anda yang lainnya. Rencana cadangan ini tentu akan sangat berguna bagi Anda terutama saat Anda harus memulai sebuah bisnis atau usaha yang baru.

3. Membuka peluang baru
Menjalani sebuah bisnis dalam jangka waktu yang lama memang bisa saja menjadi sumber pendapatan besar bagi Anda. Namun jika kondisi tiba-tiba tidak mendukung bisnis Anda tersebut maka Anda perlu melakukan hal tepat. Misalnya saja seperti mencoba untuk menjalani bisnis lainnya. Bisnis yang baru bisa saja menjadi peluang besar bagi Anda untuk meraih kesuksesan.

4. Melakukan perubahan
Jika suatu kondisi dan situasi menjadi sulit bagi perkembangan bisnis Anda maka hal yang dapat Anda lakukan adalah melakukan perubahan. Perubahan yang dimaksud di sini adalah adanya bisnis lain yang mungkin saja memiliki aspek atau bidang yang berbeda dengan bisnis Anda sebelumnya.

5. Meningkatkan kreativitas
Menjalani bisnis yang baru dengan aspek atau bidang yang berbeda dari sebelumnya bisa mengasah keahlian dan kemampuan Anda. Dengan menjalani bisnis yang baru dan berbeda maka Anda akan merasa dituntut untuk menjadi lebih kreatif. Di samping itu Anda akan semakin melatih kemampuan serta menambah wawasan Anda agar dapat menjalankan bisnis baru yang mulai Anda geluti.

C. Strategi Diversifikasi Pendapatan
Berikut beberapa strategi diversifikasi pendapatan yang bisa dilakukan di antaranya,
1. Bawa Penjualan Konvensional Anda ke Ruang Digital
Banyak toko dan usaha konvensional telah terpukul oleh virus corona. Kebanyakan orang berbelanja sesuai kebutuhan mereka dan di sebagian besar dunia, lokasi ritel diperintahkan untuk ditutup akibat kebijakan lockdown. Namun fakta bahwa orang tidak berbelanja di toko Anda menawarkan peluang sempurna untuk memindahkan penjualan Anda ke ruang digital. Jika Anda belum menjual produk fisik Anda secara online, sekarang adalah waktu yang tepat untuk menjelajahi e-commerce.

Gunakan platform seperti Bukalapak, Tokopedia, atau Shopee untuk membuat toko  Anda sendiri. Mulailah menjual produk Anda di marketplace tersebut. Buat produk Anda tersedia secara online sehingga pelanggan Anda dapat terus menjalankan bisnis Anda dari kenyamanan (dan keamanan!) dari rumah mereka sendiri. Investasi dalam eCommerce tidak hanya akan membuahkan hasil yang besar sekarang, tetapi menawarkan kepada pelanggan Anda cara lain untuk membeli produk Anda dapat terus mendorong pendapatan lama setelah pandemi berakhir.

2. Manfaatkan Keahlian Anda untuk Membangun Bisnis Produk Digital
Tidak peduli jenis bisnis apa yang Anda jalankan atau jenis keterampilan atau keahlian yang Anda miliki; ada orang di luar sana yang ingin mempelajari jenis bisnis itu atau mengembangkan keterampilan itu. Produk digital bisa menjadi cara yang bagus untuk melakukan diversifikasi pendapatan Anda dan mengembangkan aliran pendapatan tambahan.

Dan bagian terbaiknya, produk digital bisa menjadi pendapatan pasif (atau, dengan kata lain, produk tersebut akan terus mendorong pendapatan lama setelah Anda benar-benar bekerja untuk membuat produk). Ada berbagai macam produk dan konten digital yang dapat Anda buat untuk membagikan keahlian Anda di antaranya,
a. eBook
b. Worksheet
c. Template
d. Kursus atau webinar online
e. Video pendidikan

3. Cobalah Konsultasi
Apa cara yang paling umum (dan berpotensi menguntungkan) untuk membangun bisnis Anda dan mengembangkan aliran pendapatan tambahan? Konsultasi. Apa pun industri, bidang, atau segmen spesialisasi Anda, carilah peluang untuk menawarkan layanan konsultasi baik kepada individu maupun bisnis lain.

Misalnya, Anda memiliki perusahaan sumber daya manusia. Anda dapat berkonsultasi dengan pencari kerja tentang desain resume dan keterampilan wawancara mereka dan berkonsultasi dengan bisnis untuk membantu mereka mengembangkan rencana untuk mempekerjakan kembali karyawan yang di-PHK karena virus corona.

Atau katakanlah Anda memiliki restoran. Anda dapat berkonsultasi dengan restoran lain di daerah tersebut untuk membantu mereka mengembangkan rencana pengiriman dan pengantaran untuk menjaga bisnis mereka tetap berjalan saat pintu pada toko mereka ditutup.

Intinya adalah, sebagai pemilik bisnis, Anda memiliki keahlian yang diperlukan untuk berkonsultasi dalam industri Anda. Jadi gunakan keahlian itu untuk mendiversifikasi pendapatan Anda.

4. Longgarkan Persyaratan untuk Klien Anda
Biasanya, freelancer memiliki segmen tertentu. Mungkin Anda bekerja dengan jenis klien tertentu atau pada jenis proyek tertentu. Namun untuk melakukan diversifikasi pendapatan Anda, penting untuk tetap terbuka terhadap peluang yang mungkin berada di luar zona nyaman Anda.

Jika Anda ingin mengembangkan beberapa aliran pendapatan untuk bisnis, penting untuk melepaskan ide Anda tentang jenis pekerjaan yang “sempurna” atau klien yang “sempurna”. Terkadang, peluang terbaik untuk mendiversifikasi pendapatan Anda berada di luar tugas yang biasa atau di luar cakupan freelance tipikal Anda.

Ambil contoh, ada seseorang menjalankan bisnis penulisan lepas dan pemasaran kontennya sendiri. Dan sementara menulis adalah fokus utama bisnisnya, dia menyadari bahwa mendiversifikasi pendapatannya mungkin berarti berpikir di luar kotak dan mengeksplorasi pilihan di luar dunia penulisan.

Intinya adalah, berpikiran terlalu sempit tentang jenis pekerjaan freelance dan tugas yang akan Anda ambil membatasi peluang Anda. Jadi, jika Anda benar-benar ingin mendiversifikasi penghasilan Anda, penting untuk tetap terbuka terhadap semua peluang — bahkan jika itu berada di luar lingkup pekerjaan “biasa” atau “ideal” Anda.

5. Carilah Sumber Daya yang Belum Tersentuh di Industri Anda
Apa pun industri yang Anda geluti, Anda mungkin mengkhususkan diri pada sesuatu yang spesifik. Anda mungkin seorang fotografer pernikahan atau memiliki agensi branding atau menjalankan kedai kopi lokal.

Jika bidang spesialisasi Anda terpukul oleh virus korona, Anda dapat menemukan cara untuk mendiversifikasi pendapatan dalam industri. Yang perlu Anda lakukan hanya menjadi kreatif, berpikir out of the box dan mencari cara baru dan tak terduga untuk meningkatkan pendapatan.

Sebagai contoh:
Jika Anda seorang fotografer pernikahan, Anda dapat mempertimbangkan untuk menjual foto stok. Jika agensi merek Anda mengalami penurunan jumlah klien, Anda dapat mulai menjual logo dan desain merek lain di pasar digital seperti 99designs atau Shutterstock.

Jika kedai kopi Anda sedang mengalami kerugian akibat kebijakan lockdown, Anda dapat mengantongi biji kopi Anda, bermitra dengan bisnis lokal lainnya yang terkena dampak dan mengumpulkan “paket perawatan” untuk dijual kepada pelanggan Anda. Ada banyak peluang pendapatan dalam setiap industri — dan jika Anda ingin melakukan diversifikasi pendapatan, Anda perlu menjadi kreatif dan menemukan atau membuat peluang itu.

6. Beralih ke Media Sosial
Sudahkah Anda memiliki banyak followers di media sosial, baik untuk diri sendiri atau untuk bisnis Anda? Jika iya, media sosial bisa menawarkan berbagai peluang untuk melakukan diversifikasi penghasilan Anda. Ada banyak cara berbeda untuk memonetisasi kehadiran media sosial Anda dan semakin banyak pengikut, semakin banyak potensi pendapatan.

Beberapa cara Anda dapat menghasilkan uang dari media sosial besar berikut ini meliputi:
a. Brand partnerships.
Membangun brand partnerships dengan pemberi pengaruh media sosial sebagai cara untuk menampilkan produk mereka kepada calon pelanggan dengan bayaran yang cukup menggiurkan

b. Pemasaran afiliasi.
Pemasaran afiliasi adalah tentang mempromosikan layanan dan produk lain. Ketika seseorang di antara audiens Anda membeli layanan atau produk yang Anda promosikan, perusahaan tersebut kemudian membayar Anda komisi. Semakin banyak pembelian yang Anda lakukan, semakin banyak Anda menghasilkan komisi.

c. Pendapatan iklan.
Jika Anda memiliki chanel YouTube, Anda dapat memonetisasi video Anda dengan iklan.

d. Konten berbayar.
Membuat konten berbayar untuk media sosial adalah peluang lain untuk memonetisasi platform pilihan Anda. Misalnya, Anda dapat memulai grup Facebook tempat Anda berbagi konten premium — dan mengenakan biaya berlangganan kepada pengikut untuk mendapatkan akses.

7. Cari Cara untuk Menawarkan Value dengan Gratis
Ini mungkin terdengar berlawanan dengan intuisi, tetapi salah satu cara terbaik untuk mendorong pendapatan tambahan untuk bisnis Anda adalah dengan menawarkan nilai secara gratis.

Menawarkan nilai nyata kepada komunitas Anda secara gratis (jelas) tidak langsung menghasilkan pendapatan. Tapi itu mencapai sejumlah tujuan lain yang dapat membantu mendorong lebih banyak penjualan dan uang ke dalam bisnis Anda.

Pertama, nilai penawaran menunjukkan kepada pemirsa bahwa Anda berinvestasi dan peduli pada mereka. Ini membantu membangun kepercayaan dan dukungan, yang dapat membantu mengubah prospek menjadi pelanggan dan pelanggan satu kali menjadi pelanggan tetap.

Menciptakan value juga dapat membantu menjadikan diri Anda dan bisnis sebagai top of mind di pasar yang ada. Ini dapat membantu meningkatkan jangkauan dan membangun reputasi Anda, keduanya akan membantu bisnis tampil di hadapan lebih banyak pelanggan.

Cari cara untuk menawarkan nilai kepada komunitas dan pelanggan Anda, baik dalam bentuk webinar gratis, Tanya Jawab langsung, atau eBook yang sarat informasi.

Kemudian, tawarkan value tersebut sebagai ganti alamat email mereka sehingga Anda dapat tetap terhubung, selalu mengingat bisnis Anda, dan terus memasarkannya kepada mereka di masa mendatang.

Ini adalah strategi jangka panjang untuk mendiversifikasi pendapatan Anda — tetapi jika Anda mencurahkan waktu dan upaya untuk menawarkan nilai secara gratis sekarang, hal itu pasti akan terbayar nanti.
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Diversifikasi Pendapatan, Fungsi, dan Strateginya"