Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Akrual dan Keuntungannya

Pengertian Akrual dan Keuntungannya


A. Pengertian Akrual

Akrual adalah suatu metode akuntansi di mana penerimaan dan pengeluaran diakui atau dicatat ketika transaksi terjadi, bukan ketika uang kas untuk transaksi-transaksi tersebut diterima atau dibayarkan. Akrual akan mempengaruhi nilai dari suatu neraca karena melibatkan aset dan kewajiban (utang). Dengan demikian pencatatan dalam metode ini bebas dari pengaruh waktu kapan kas diterima dan kapan pengeluaran dilakukan.

B. Keuntungan Akrual
Akuntansi akrual, tidak diragukan lagi, lebih akurat dalam hal menilai posisi keuangan perusahaan karena cocok dengan pendapatan dengan biaya yang dikeluarkan untuk menghasilkan hasil yang sama. Akuntansi akrual juga membantu manajer untuk mengevaluasi kinerja perusahaan dengan angka yang lebih realistis. Akuntansi akrual, oleh karena itu, cukup aman sebagai alat kuantifikasi dibandingkan akuntansi kas (cash accounting).

Dengan meningkatnya tingkat kompleksitas dalam transaksi bisnis, kebutuhan akan pendekatan akuntansi yang lebih akurat menyebabkan para manajer keuangan bergerak dan beralih ke akuntansi akrual daripada akuntansi kas.Perusahaan-perusahaan yang melakukan transaksi kredit dan memiliki proyek-proyek yang menawarkan arus kas tidak hanya untuk periode saat ini tetapi juga untuk jangka panjang telah berjuang untuk melihat posisi keuangan mereka.

Maka akuntansi akrual sangat membantu dalam mengatasi masalah perusahaan ini melalui kombinasi arus kas saat ini dan prospektif dalam satu laporan keuangan. Berikut beberapa keuntungan dari akuntansi akrual di antaranya,
1. Refleksi cakupan penuh dari sumber daya, kewajiban, dan biaya perusahaan.
2. Menawarkan lebih banyak fokus pada output bisnis daripada input.
3. Membantu manajer keuangan untuk memanfaatkan sumber daya perusahaan dengan cara yang lebih efisien.
4. Pastikan tautan yang lebih baik dari sumber daya dan hasil yang dihasilkan dari produk ini.
5. Sangat membantu dalam membandingkan biaya penuh dari produk dan layanan di seluruh standar industri.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial (KTSP)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.4 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.5 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
11. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.6 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
12. Materi Ujian Nasional Kompetensi Perubahan Sosial             
13. Materi Ringkas Perubahan Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Akrual dan Keuntungannya"