Pengertian RAM, Struktur, Fungsi, Cara Kerja, dan Jenisnya

Pengertian RAM atau Random Access Memory
RAM (Random Access Memory)

A. Pengertian RAM
RAM (Random Access Memory/Memori Akses Acak) adalah salah satu hardware di dalam komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara (memori) dan berbagai instruksi program. RAM juga disebut sebagai memori utama dalam sebuah perangkat. RAM dapat menyimpan data sementara pada perangkat saat perangkat tersebut menyala dan data belum sempat disimpan pada harddisk.

Kapasitas RAM di dalam suatu komputer berpengaruh pada tingkat kecepatan proses data atau loading di komputer. Sehingga proses penyimpanan data, membuka data, dan menjalankan program, akan semakin cepat sesuai besarnya RAM komputer tersebut.

Meskipun demikian, hal lain yang membedakan RAM dengan perangkat penyimpanan lainnya adalah memori yang disimpan bersifat sementara dan data di dalam RAM dapat hilang ketika komputer dinon-aktifkan atau daya listrik ke power supply dicabut dari perangkat.

B. Struktur RAM
Struktur RAM dibagi menjadi 4 bagian di antaranya,
1. Input storage, berfungsi untuk menampung input atau masukan yang dimasukkan dari alat input.
2. Program Storage, bagian dari RAM yang berfungsi sebagai penyimpan instruksi program yang akan diakses.
3. Working Storage, merupakan bagian dari memori yang bertugas menyimpan data yang akan diolah dan hasil pengolahan.
4. Output Storage, berfungsi untuk menampung hasil akhir dari data yang akan ditampilkan ke perangkat output.

C. Fungsi RAM
Fungsi RAM secara umum adalah untuk membaca dan menyimpan data. Berikut beberapa fungsi RAM di antaranya,
1. Membaca Data
Semua data dan informasi yang disimpan di dalam harddisk dapat dibuka dengan lebih cepat karena peran dari RAM komputer. Coba bandingkan kecepatan loading membuka file atau program saat pertama kali diakses dengan saat file atau program tersebut telah dibuka sebelumnya. Saat program atau file dibuka, maka data dibaca dan disimpan dalam RAM sementara sehingga akan lebih cepat dibuka kembali ketika komputer belum di-shutdown.

2. Penyimpanan Sementara
RAM juga dapat berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara saat program di dalam komputer sedang dijalankan. Jadi, ketika kita mengerjakan sesuatu, misalnya membuat makalah, maka komputer akan menyimpan data sementara. Namun, data tersebut harus disimpan secara permanen untuk mencegah terjadinya kerusakan atau kehilangan karena hal-hal tak terduga. Misalnya listrik padam atau lonjakan arus listrik yang tidak stabil.

D. Cara Kerja RAM
Pada saat pengguna pertama kali menghidupkan komputer / laptop. salah satu perangkat komputer yang pertama kali diproses adalah Processor. Processor ini bertugas untuk mengolah dan meminta data pada media penyimpanan seperti Harddisk yang berarti data tersebut dikirim dari Processor setelah ada request data dari Processor.

Namun sayangnya mekanismenya tidak semudah itu, berbeda dengan Processor yang merupakan komponen digital murni dengan kecepatan memproses data yang cukup tinggi, Harddisk cenderung lambat dalam memproses data dan kalah 46x lebih lambat dari Processor. Jika hal ini terus dilakukan maka akan terjadi yang namanya bottle-neck.

Untuk mengatasi hal tersebut dibutuhkanlah perangkat lain yang bernama RAM. Meskipun bersifat sementara, RAM ini yang bertugas menyediakan data yang dibutuhkan Processor dengan sangat cepat karena komponen pada RAM juga menggunakan teknologi digital yang memiliki kecepatan yang cukup tinggi, sehingga kejadian bottle-neck tidak akan terjadi.

E. Jenis RAM
Berikut ini adalah beberapa jenis RAM di antaranya,
1. Dynamic RAM (D RAM), adalah jenis RAM yang disegarkan (refresh) oleh CPU (Central Processing Unit) secara berkala agar data yang ada di dalamnya tidak hilang.
2. SD RAM (Sychronous Dynamic Random Access Memory), adalah RAM lanjutan dari DRAM namun telah mengalami sinkronisasi oleh clock sistem. Umumnya SDRAM lebih cepat dibandingkan DRAM.
3. DDR RAM (Double Rate Random Access Memory) atau sering disebut dengan DDR saja, yaitu jenis RAM dengan teknologi lanjutan dari SD RAM. DDR RAM juga memiliki generasi terbaru, yaitu DDR2 dan DDR3 dan kemungkinan akan terus berlanjut.
4. RDR RAM (Rambus Dynamic Access Memory), adalah jenis RAM yang proses kerjanya lebih cepat dan umumnya lebih mahal dari SD RAM. Jenis SD RAM digunakan pada perangkat komputer yang menggunakan Pentium 4.
5. S RAM (Static Random Access Memory), adalah jenis RAM yang dapat menyimpan data di dalamnya tanpa harus ada penyegaran/ refresh dari CPU. Jenis RAM ini proses kerjanya lebih cepat dari D RAM dan SD RAM.
6. EDO RAM (Extended Data Out Random Access Memory), adalah jenis RAM yang digunakan pada perangkat dengan OS Pentium. Jenis memori ini dapat melakukan proses penyimpanan dan mengambil data dalam waktu bersamaan.
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian RAM, Struktur, Fungsi, Cara Kerja, dan Jenisnya"