Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Comben, Peran, dan Jenisnya

Pengertian Comben, Peran, dan Jenisnya


A. Pengertian Comben (Compensation and Benefit)

Comben merupakan gabungan dari dua kata, yaitu Compensation atau kompensasi dan Benefit atau tunjangan. Comben atau kompensasi dan tunjangan ini mengacu pada kompensasi/gaji serta manfaat yang bersifat finansial maupun non-finansial lainnya yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan.

Kedua hal ini menjadi aspek terpenting dalam manajemen sumber daya manusia, sebab hal ini dapat membantu dalam menjaga motivasi dan kinerja para karyawan. Selain itu, comben juga dapat memberikan manfaat yang besar kepada karyawan karena telah mengerahkan dan memberikan hasil terbaiknya untuk perusahaan.

B. Peran Comben (Compensation and Benefit)
Terdapat beberapa hal mengapa kompensasi di perusahaan sangat penting di antaranya,
1. Membantu dalam Mencapai Tujuan Organisasi. Perusahaan pastinya membutuhkan tenaga dari para karyawan untuk melancarkan proses kerja demi mencapai tujuan organisasi mereka. Karena tujuan ini telah dikerjakan dan diselesaikan oleh karyawan, perusahaan memiliki kewajiban untuk memberikan imbalan atas jasa yang telah mereka lakukan. Hal ini bisa dikatakan sebagai hubungan mutualisme atau hubungan timbal balik yang baik.
2. Memudahkan dalam Merekrut Karyawan. Salah satu alasan mengapa banyak kandidat ingin melamar ke perusahaan karena terdapatnya tawaran gaji atau kompensasi serta tunjangan yang tinggi. Terlepas dari reputasi baik perusahaan, pemberian upah yang tinggi menjadi cara untuk menarik minat kandidat.
3. Meningkatkan Loyalitas Karyawan. Selain menarik minat kandidat, pemberian gaji, tunjangan, serta insentif yang tinggi dapat meningkatkan loyalitas karyawan kepada perusahaan. Dengan sistem kompensasi yang baik, karyawan akan merasa kinerja yang telah mereka dihargai dengan nominal yang sesuai. Sehingga, mereka akan merasa nyaman untuk tetap bekerja di perusahaan dan berusaha untuk meningkatkan kinerjanya.
4. Menjaga dan Meningkatkan Kinerja Karyawan. Pemberian kompensasi bukanlah semata-mata untuk mengapresiasi kinerja karyawan. Namun hal ini juga bisa menjadi faktor dalam menjaga dan meningkatkan kinerja karyawan. Dengan menjaga dan meningkatkan kinerja, karyawan bisa melakukan tugasnya dengan baik untuk memberikan hasil yang maksimal. Karyawan dengan ciri seperti ini tentunya akan menjadi kebanggaan perusahaan dan berhak untuk diberikan penghargaan.

C. Jenis Comben (Compensation and Benefit)
Secara umum, terdapat tiga jenis kompensasi di antaranya,
1. Kompensasi finansial secara langsung. yang berupa bayaran gaji atau upah pokok, bayaran prestasi, bayaran insentif (meliputi bonus, komisi, pembagian laba/keuntungan dan opsi saham) dan bayaran tertangguh (seperti program tabungan dan anuitas pembelian saham).
2. Kompensasi finansial tidak langsung. yang berupa program-program proteksi (meliputi asuransi  kesehatan, asuransi jiwa, pensiun, asuransi tenaga kerja), bayaran di luar jam kerja (seperti liburan, hari besar, cuti tahunan dan cuti hamil) dan fasilitas-fasilitas seperti kendaraan, ruang kantor dan tempat parkir.
3. Kompensasi non finansial. yaitu berupa pekerjaan (seperti tugas-tugas yang menarik, tantangan, tanggung jawab, pengakuan dan  rasa pencapaian). Lingkungan kerja (seperti kebijakan-kebijakan yang sehat, supervisor yang kompeten, kerabat yang menyenangkan, lingkungan kerja yang nyaman).
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 2. Modernisasi dan Globalisasi (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2. Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.4 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Ujian Nasional Kompetensi Globalisasi dan Dampaknya       
11. Materi Ringkas Globalisasi dan Dampaknya

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Comben, Peran, dan Jenisnya"