Pengertian Brand Ambassador, Karakteristik, Peran, Tanggungjawab, dan Manfaatnya

Pengertian Brand Ambassador atau duta merek
Brand Ambassador

A. Pengertian Brand Ambassador
Brand ambassador (duta merek) adalah individu atau kelompok yang ditunjuk sebagai ikon atau identitas untuk mewakili produk tertentu sebagai representasi citra terbaik dari suatu produk, agar dengan kepopuleran, keahlian dan daya tariknya dapat menarik dan mengajak konsumen untuk membeli atau menggunakan produk tersebut. Penunjukan brand ambassador biasanya diwakili oleh sosok selebriti atau atlet yang menjadi idola dari masyarakat luas.

Brand Ambassador Menurut Para Ahli
1. Gita dan Setyorini (2016), brand ambassador adalah ikon budaya atau identitas, di mana mereka bertindak sebagai alat pemasaran yang mewakili pencapaian individualisme kejayaan manusia serta komodifikasi dan komersialisasi suatu produk.
2. Doucett (2008), brand ambassador adalah seseorang yang memiliki passion terhadap brand, mau memperkenalkannya, dan bahkan dengan sukarela memberikan informasi mengenai brand.
3. Lea Greenwood (2012), brand ambassador adalah alat yang digunakan oleh perusahaan untuk mengkomunikasin dan berhubungan dengan publik, dengan harapan mereka dapat meningkatkan penjualan.
4. Royan (2004), brand ambassador adalah seseorang yang dipercaya untuk mewakili produk tertentu. Penggunaan brand ambassador dilakukan oleh perusahaan untuk mempengaruhi atau mengajak konsumen untuk menggunakan sebuah produk, pemilihan brand ambassador biasanya seorang selebriti yang terkenal.

B. Karakteristik Brand Ambassador
Terdapat beberapa karakteristik yang perlu diperhatikan dalam menentukan brand ambassador Menurut Lea Greenwood (2012) di antaranya,
1. Transparansi, adalah ketika seorang selebriti mendukung sebuah merek yang terkait dengan profesi mereka.
2. Kesesuaian, adalah konsep kunci pada Brand ambassador yakni memastikan bahwa ada kecocokan antara merek dan selebriti.
3. Kredibilitas, adalah tingkatan di mana konsumen melihat bahwa sumber (ambassador) memiliki pengetahuan keahlian atau pengalaman yang relevan dan sumber (ambassador) tersebut dapat dipercaya untuk memberikan informasi yang objektif dan tidak biasa.
4. Daya tarik, adalah tampilan non fisik yang menarik yang dapat menunjang suatu produk maupun iklan.
5. Power, adalah kharisma yang dipancarkan oleh narasumber untuk mempengaruhi konsumen sehingga konsumen terpengaruh untuk membeli maupun menggunakan produk.

Sementara menurut Royan (2004) terdapat tiga karakteristik yang harus dimiliki oleh brand ambassador di antaranya,
1. Attractiveness (daya tarik), bukan hanya berarti daya tarik fisik, tetapi meliputi sejumlah karakteristik yang dapat dilihat khalayak dalam diri pendukung: kecerdasan, sifat-sifat kepribadian, gaya hidup, keatletisan tubuh, dan sebagainya.
2. Trustworthiness (kepercayaan), di mana tingkat kepercayaan, ketergantungan, seperti seseorang yang dapat di percaya.
3. Expertise (keahlian), keahlian yang mengacu pada pengetahuan, pengalaman, atau keterampilan yang dimiliki seseorang pendukung yang berhubungan dengan topik yang diwakilinya.

C. Peranan Brand Ambassador
Brand ambassador dalam fungsinya untuk mempromosikan suatu produk mempunyai peranan menurut Royan (2004) di antaranya,
1. Memberikan kesaksian (testimonial). Jika secara personal selebriti menggunakan produk tersebut maka pihak dia bisa memberikan kesaksian tentang kualitas maupun benefit dari produk atau merek yang diiklankan tersebut.
2. Memberikan dorongan dan penguatan (endorsement). Ada kalanya selebriti diminta untuk membintangi iklan produk di mana dia secara pribadi tidak ahli dalam bidang tersebut.
3. Bertindak sebagai aktor dalam topik (iklan) yang diwakilinya. Selebriti diminta untuk mempromosikan suatu produk atau merek tertentu terkait dengan peran yang sedang ia bintangi dalam suatu program tayangan tertentu.
4. Bertindak sebagai juru bicara perusahaan. Selebriti yang mempromosikan produk, merek atau suatu perusahaan dalam kurun waktu tertentu masuk dalam kelompok peran spoke person. Penampilan mereka akan diasosiasikan dengan merek atau produk yang mereka wakili.

D. Tanggung Jawab Brand Ambassador
Terdapat beberapa tanggung jawab utamanya seperti ditulis Repsly di antaranya,
1. Memahami visi dan misi perusahaan.
2. Mewakili brand secara positif dalam berbagai bentuk.
3. Membantu pembuatan konten, seperti menulis artikel blog, review, dan caption.
4. Berpartisipasi dalam event marketing.
5. Bekerja bersama tim sales dan marketing untuk mengonsepkan strategi campaign.
6. Membangun brand awareness melalui word-of-mouth marketing.
7. Membangun opini positif tentang brand di jaringannya.
8. Memberikan insight dan saran tentang produk atau jasa baru.
9. Mempromosikan brand melalui akun media sosial pribadinya.

Brand ambassador adalah ‘wajah’ pertama sebuah brand. Biasanya, tanggung jawab tersebut dibuat dalam kontrak waktu tertentu yang cukup panjang. Jadi harus benar-benar menjaga diri untuk menggambarkan nilai-nilai yang dianut oleh perusahaan tersebut.

E. Manfaat Brand Ambassador
1. Untuk Menjaga Reputasi Brand Anda
Brand ambassador mampu menjaga reputasi brand Anda dengan melakukan kegiatan branding yang positif. Bahkan brand yang sedang mendapat citra kurang baik, secara perlahan bisa menjadi baik kembali apabila dipromosikan dengan konsisten oleh brand ambassador yang memiliki image positif dan disukai masyarakat.

2. Mampu Meningkatkan Citra Brand Anda
Manfaat lain dari menggunakan brand ambassador adalah mampu meningkatkan citra brand Anda. Masyarakat dan pelanggan yang melihat bahwa Anda berinvestasi dalam mempromosikan produk melalui brand ambassador dapat meningkatkan kepercayaan terhadap produk tersebut. Brand ambassador yang selalu melakukan kegiatan branding dan promosi yang positif akan membuat citra brand Anda semakin naik.

3. Untuk Mendekatkan Brand Anda pada Pelanggan
Seorang brand ambassador bisa mendekatkan brand Anda kepada para pelanggan. Tentu saja hal ini bisa dilakukan jika Anda memilih brand ambassador yang tepat, yaitu yang bisa mengkomunikasikan dengan baik produk Anda kepada para pelanggan. Contoh brand ambassador yang bisa mengkomunikasikan sebuah produk dengan baik misalnya dia menyampaikan filosofi dan aspek sosial budaya yang ada pada brand tersebut.

4. Memberikan Review Baik untuk Produk Anda
Selain itu, brand ambassador juga bermanfaat memberikan review baik untuk produk Anda. Hal ini akan membuat pelanggan semakin mempercayai produk tersebut dan berdampak pada peningkatan penjualan yang Anda harapkan.

Sementara menurut Lea Greenwood (2012) manfaat brand ambassador di antaranya,
1. Press coverage. Brand ambassador berperan dalam memberikan tekanan agar dapat membentuk citra sebuah merek dimata konsumen.
2. Changing perceptions of the brand. Brand ambassador dapat mengubah persepsi atas suatu brand. Dengan penggunaan brand ambassador yang efektif maka dapat mendukung citra dan persepsi sebuah brand.
3. Attracting new customers. Bagi perusahaan, seorang brand ambassador sangat berperan penting dalam menarik konsumen agar menggunakan produknya. Untuk itu diperlukan kesesuaian dalam pemilihan brand ambassador dengan target konsumen.
4. Freshening up an existing campaign. Terkadang konsumen kurang memperhatikan atau sudah lupa dengan slogan atau kampanye yang diusung sebuah perusahaan. Dengan adanya brand ambassador konsumen akan lebih mudah mengingat kampanye perusahaan.
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Brand Ambassador, Karakteristik, Peran, Tanggungjawab, dan Manfaatnya"