Pengertian Signifikan, Konteks, dan Contohnya

Pengertian Signifikan
Signifikan

A. Pengertian Signifikan
Signifikan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah penting; berarti. Demikian secara umum signifikan adalah sesuatu/ seseorang yang dianggap penting atau berarti karena dapat memberikan pengaruh atau dampak, dan tidak bisa lepas dari suatu persoalan.

Secara etimologi, kata “Signifikan” berasal dari bahasa Inggris “Significant” yang artinya sesuatu yang penting (dalam suatu persoalan). Kata ini biasanya dipakai untuk menyatakan pengaruh dari suatu permasalahan tertentu.

B. Konteks Signifikan
Banyak orang yang menggunakan kata signifikan untuk berbagai macam konteks dan situasi di antaranya,
1. Dalam Penelitian
Pengertian signifikan dalam penelitian adalah tingkat kepercayaan terhadap sebuah hipotesis yang akan menentukan apakah hipotesis tersebut akan diterima atau tidak. Kata signifikan sering dihubungkan dengan hasil suatu penelitian dan banyak digunakan pada hasil riset.

Misalnya menggunakan kata signifikan dalam penelitian, “penelitian ini mengandung kebenaran yang cukup signifikan, yaitu hingga 98%”. Pada kalimat tersebut, arti signifikan memiliki arti bahwa tingkat kebenaran tidak terlepas dari permasalahan tertentu. Dengan begitu, maka suatu hipotesis pada penelitian dapat diterima, berlaku dan digeneralisasikan pada populasi.

2. Dalam Statistika
Statistika sendiri adalah ilmu yang mempelajari sesuatu terkait hipotesis tersebut diterima atau tidak. Jika hasil hitungan tersebut menghasilkan kesimpulan yang signifikan, berarti kemungkinan besar hipotesis tersebut diterima. Sebaliknya, jika hasilnya tidak menunjukkan hal yang terlalu signifikan berarti kemungkinan besar hipotesis tersebut ditolak.

Statistika sendiri adalah ilmu yang bisa digunakan dalam berbagai bidang. Oleh sebab itu, jika Anda mempelajari ilmu yang satu ini, tentu akan sering menemukan kata signifikan. Di sini signifikan artinya pun berbeda dengan konteks yang sudah dicontohkan sebelumnya. Dalam dunia statistika ini juga ada simbol tertentu yang melambangkan signifikansi yakni (α).

C. Contoh Signifikan
Berikut beberapa contoh penggunaan kata signifikan dalam kalimat di antaranya,
1. Angka kematian akibat penyakit kanker mengalami peningkatan signifikan dalam lima tahun belakangan.
2. Pasangan calon presiden dan wakil presiden tersebut mendapatkan suara signifikan di daerah-daerah tertentu.
3. Sarah mendapat peningkatan nilai yang signifikan sejak ia rajin belajar.
4. Devi mendapat peningkatan signifikan pada penghasilannya setelah ia diberikan promosi kenaikan jabatan.
5. Menurut Menteri Perhubungan, rekomendasi Litbang tersebut sangat signifikan bagi kemajuan transportasi.
6. Menjaga dan mengelola kualitas udara bersih menjadi sesuatu yang signifikan bagi masyarakat dunia demi menjamin keberlangsungan hidup manusia.
7. Sejak pemerintahan Joko Widodo, pembangunan infrastruktur di Indonesia mengalami peningkatan signifikan.
8. Biasanya harga bahan-bahan makanan pokok akan meningkat secara signifikan di bulan Ramadan.
9. Terjadi perubahan signifikan pada kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan perusahaan tersebut karena adanya perombakan struktur organisasi besar-besaran.
10. Anak perempuan pada umumnya mengalami laju pertumbuhan yang signifikan di usia 8-13 tahun.
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Signifikan, Konteks, dan Contohnya"