Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Pasar Modern, Ciri, Kelebihan, Kekurangan, dan Contohnya

Pengertian Pasar Modern, Ciri, Kelebihan, Kekurangan, dan Contohnya


A. Pengertian Pasar Modern

Pasar modern adalah jenis pasar di mana produk barang dan jasa dijual dengan harga pas sehingga tidak terjadi aktivitas tawar-menawar harga barang antara penjual dan pembeli. Produk yang diperjual-belikan di pasar ini adalah produk berkualitas baik di mana harganya sudah ditentukan dengan memberi label harga pada produk.

Umumnya pasar modern berada di perkotaan atau di pinggir kota dengan kondisi yang bersih dan nyaman bagi konsumen. Di dalam pasar ini, ada banyak sekali produk yang dijual, mulai dari kebutuhan sandang, pangan, hingga papan. Tentunya Munculnya pasar modern ini telah mengubah gaya masyarakat dalam berbelanja.

Di pasar modern nyaris tidak ada sama sekali interaksi antara penjual dan pembeli. Di pasar modern nyaris tidak ada sama sekali interaksi antara penjual dan pembeli. Minimarket merupakan salah satu contoh pasar modern. Di sini, setiap produk telah tertata dan terpajang secara rapi di atas rak. Pembeli hanya perlu mengambil produk yang diinginkan dan membayarnya di kasir.

B. Ciri Pasar Modern
Terdapat beberapa ciri pasar modern yang membedakannya dengan pasar tradisional di antaranya,
1. Pelayanan sendiri atau self service yang artinya penjual tidak melayani pembeli untuk memilih produk yang ingin dibeli.
2. Fixed cost yaitu harga yang diberikan merupakan harga pas sehingga tidak bisa melakukan tawar menawar.
3. Dibangun dengan tempat yang bersih, cukup luas, nyaman, dan menyediakan banyak pilihan produk dari brand yang berbeda.
4. Transaksi dilakukan di kasir.
5. Tersedia customer service atau bagian pelayanan pelanggan untuk meninjau permasalahan pelanggan.
6. Pemanfaatan teknologi untuk berbagai keperluan seperti barcode produk, POS, CCTV, dan lain sebagainya.
7. Dalam menjalankan usahanya, dibutuhkan teknik, metode, dan strategi pemasaran tertentu.
8. Sangat mengedepankan Customer Relationship Management (CRM).

C. Kelebihan dan Kekurangan Pasar Modern
1. Kelebihan Pasar Modern
a. Menjual Produk Berkualitas. Setiap produk yang dijual di pasar ini harus sesuai standar tertentu sehingga memiliki kualitas yang baik. Pedagang biasanya memberikan harga diskon untuk barang-barang yang kualitasnya menurun agar tetap laku.
b. Kondisi Pasar Bersih dan Nyaman. Kebersihan lokasi di pasar ini adalah suatu keharusan karena sangat berhubungan dengan kenyamanan dan kepuasan konsumen dalam berbelanja. Untuk mencapai hal tersebut maka di pasar ini biasanya terdapat penyejuk udara dan petugas kebersihan.
c. Membuka Lapangan Pekerjaan. Pasar ini membutuhkan banyak karyawan untuk melayani konsumen, misalnya petugas kebersihan, customer service, security, engineering, dan lain sebagainya. Tentu saja hal ini membuka banyak lapangan pekerjaan bagi masyarakat di sekitar pasar tersebut.
d. Meningkatkan PDB. Produk Domestik Bruto (PDB) adalah nilai total dari jumlah produksi barang dan jasa di suatu wilayah pada periode tertentu. Keberadaan pasar ini akan memberikan dampak positif bagi perekonomian suatu negara.

2. Kekurangan Pasar Modern
a. Konsumen Beralih ke Pasar Modern. Melihat beberapa kelebihan pasar ini, cukup banyak konsumen dari pasar tradisional berpindah berbelanja ke pasar modern. Hal ini mengakibatkan berkurangnya pembeli di pasar tradisional.
b. Terjadi Kesenjangan Ekonomi. Peralihan konsumen pasar tradisional ke pasar ini mengakibatkan pendapatan pedagang di pasar tradisional semakin berkurang. Sebagian besar pedagang tradisional adalah dari golongan menengah ke bawah sedangkan pemilik supermarket adalah golongan menengah ke atas. Hal tersebut tentu saja membuat kesenjangan ekonomi semakin besar.
c. Terjadi Eksploitasi Terhadap Pemasok. Umumnya pasar modern tidak terlalu banyak di suatu wilayah, sedangkan jumlah pemasok jumlahnya sangat banyak. Persaingan antar pemasok ini seringkali dimanfaatkan dan dieksploitasi oleh pasar ini agar produk dari pemasok tertentu diterima di pasar tersebut.
d. Terjadi Pengurangan Devisa Negara. Besarnya potensi sumber daya di domestik membuat pihak asing ikut masuk ke pasar-pasar Indonesia. Penanaman modal asing terhadap pasar ini terjadi terus-menerus. Dampak dari investasi jangka panjang pihak asing tersebut mengurangi penghasilan devisa negara. Di antaranya adalah karena kegiatan impor semakin besar, keuntungan, bunga dan dana lainnya dikirim ke negara lain.

D. Contoh Pasar Modern
Di pasar ini terdapat berbagai jenis produk yang dijual, mulai dari kebutuhan pangan, sandang, dan berbagai kebutuhan rumah tangga lainnya. Beberapa contoh pasar modern di antaranya,
1. Matahari Department Store
2. Ramayana
3. Hypermart
4. Carrefour
5. Hero
6. Alfamart
7. Indomaret
8. Dan lain-lain
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 2. Modernisasi dan Globalisasi (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2. Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.4 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Ujian Nasional Kompetensi Globalisasi dan Dampaknya       
11. Materi Ringkas Globalisasi dan Dampaknya

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Pasar Modern, Ciri, Kelebihan, Kekurangan, dan Contohnya"