Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Ekspansi: Ekonomi, Bisnis, Pasar, dan Kredit

Pengertian Ekspansi: Ekonomi, Bisnis, Pasar, dan Kredit


A. Pengertian Ekspansi

Ekspansi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah,
1. perluasan wilayah suatu negara dengan menduduki (sebagian atau seluruhnya) wilayah negara lain; perluasan daerah;
2. pemuaian (khususnya gas dan uap);
3. perluasan peredaran uang ke dalam sirkulasi.

Secara umum istilah ekspansi memiliki arti suatu proses atau tindakan yang dilakukan agar sesuatu menjadi lebih besar atau lebih luas. Ekspansi berasal dari bahasa latin ‘expandere’ yang diserap ke dalam bahasa Inggris, yaitu “expansion” (kata dasar “expand“) yang artinya menyebar.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ekspansi adalah,
1. Aktivitas memperbesar atau memperluas usaha yang ditandai dengan penciptaan pasar baru, perluasan fasilitas, perekrutan pegawai, dan lain-lain;
2. peningkatan aktivitas ekonomi dan pertumbuhan dunia usaha (expansion).

Sementara menurut kamus bahasa Cambridge Dictionary, ekspansi memiliki arti suatu upaya untuk bertambah dalam segi ukuran, jumlah, maupun kepentingan. Dengan kata lain, istilah “ekspansi” merujuk pada suatu tindakan membuat suatu hal bertambah besar atau meningkat.

B. Ekspansi Ekonomi
Ekspansi dalam ekonomi adalah suatu usaha yang dilakukan untuk meningkatkan aktivitas ekonomi dan pertumbuhan dunia usaha. Dalam kamus Bank Indonesia (BI), ekspansi ekonomi adalah perkembangan ekonomi dalam pola konjungtur. Dalam hal ini, pola konjungtur merupakan proses naik-turunnya kemajuan dan kemunduran ekonomi yang terjadi secara silih berganti. Biasanya perkembangan ekonomi ditandai dengan adanya kenaikan harga-harga, peningkatan jumlah uang yang beredar di masyarakat, peningkatan produksi, serta peningkatan konsumsi.

C. Ekspansi Bisnis
Ekspansi dalam bisnis adalah suatu upaya untuk memperluas atau memperbesar jaringan usaha dari suatu perusahaan, dengan tujuan untuk meningkatkan profit perusahaan tersebut di masa mendatang. Ekspansi di dalam dunia bisnis mencakup aktivitas-aktivitas di antaranya,
1. Perekrutan karyawan baru
2. Perluasan fasilitas
3. Pembentukan pasar baru

Ekspansi Bisnis Menurut Para Ahli
1. Otoritas Jasa Keuangan (OJK), ekspansi adalah suatu aktivitas memperbesar atau memperluas usaha yang ditandai dengan penciptaan pasar baru, perluasan fasilitas, perekrutan pegawai, dan lain-lain. Ekspansi juga dapat didefinisikan sebagai peningkatan aktivitas ekonomi dan pertumbuhan dunia usaha.
2. Bambang Riyanto, ekspansi adalah proses perluasan modal, baik modal tetap ataupun modal kerja dalam suatu perusahaan.
3. Alex S. Nitisemito, ekspansi perusahaan adalah suatu upaya yang dilakukan perusahaan untuk memperbesar ukuran perusahaan (kapasitas produksi, cakupan pasar) karena adanya permintaan yang semakin bertambah terhadap produk yang dihasilkan.
4. Suad Husnan dan Enny Pudjiastuti, ekspansi ekonomi adalah suatu proses perluasan usaha melalui cara peningkatan kapasitas pabrik, penambahan modal baru, penambahan unit produksi, maupun merger dan akuisisi.

Jenis Ekspansi Dalam Dunia Bisnis
Terdapat beberapa jenis ekspansi dalam dunia bisnis yang bisa dilakukan oleh suatu perusahaan di antaranya,
1. Merger, adalah kegiatan menggabungkan dua atau lebih perusahaan menjadi satu perusahaan. Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya untuk mengekspansi bisnis, yang mana perusahaan yang lebih dominan akan tetap menjaga identitas perusahaannya, sementara perusahaan yang lemah akan semakin lemah dan tidak jelas identitasnya.
2. Akuisisi, adalah kegiatan takeover atau pengambilalihan suatu bentuk kepemilikan saham atas suatu aset perusahaan yang dijalankan oleh sekelompok investor tertentu. Biasanya, jenis ekspansi ini dijalankan guna menjaga tingkat ketersediaan bahan pokok atau menjamin produknya bisa diserap dengan baik oleh pasar.
3. Hostile Takeover, adalah jenis akuisisi yang dilakukan kepada suatu perusahaan secara paksa. Usaha ekspansi ini dilakukan dengan membuka penawaran harga saham yang ingin dimiliki di pasar modal dengan harga yang melebihi harga pasar.
4. Leveraged Buyout, adalah usaha untuk memiliki perusahaan dengan cara meminjam uang untuk melakukan pembelian pada perusahaan tersebut.

D. Ekspansi Pasar
Dalam dunia bisnis, dikenal juga istilah ekspansi pasar, yakni perusahaan dengan barang atau jasa yang dimiliki bermaksud untuk merambah pasar baru, mengembangkan pasar yang sudah ada di titik geografis baru, hingga menjangkau pengguna-pengguna baru yang belum pernah sama sekali menggunakan produknya.

E. Ekspansi Kredit
Ekspansi kredit adalah suatu usaha yang dilakukan untuk meningkatkan jumlah kredit pinjaman dari pihak bank.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 2. Modernisasi dan Globalisasi (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2. Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.4 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Ujian Nasional Kompetensi Globalisasi dan Dampaknya       
11. Materi Ringkas Globalisasi dan Dampaknya

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Ekspansi: Ekonomi, Bisnis, Pasar, dan Kredit"