Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Ekonomi Manajerial, Tujuan, dan Ruang Lingkupnya

Pengertian Ekonomi Manajerial, Tujuan, dan Ruang Lingkupnya


A. Pengertian Ekonomi Manajerial

Ekonomi manajerial adalah aplikasi teori ekonomi dan perangkat analisis ilmu keputusan untuk membahas bagaimana suatu organisasi dapat mencapai tujuan atau maksudnya dengan cara yang paling efisien. Ekonomi manajerial berhubungan dengan area fungsional ilmu administrasi bisnis yang meliputi akuntansi, keuangan, pemasaran, manajemen sumber daya manusia, dan produksi.

Dalam penerapannya, ekonomi manajerial menggunakan teori ekonomi dan ekonometrika untuk pengambilan keputusan manajerial yang rasional dalam suatu perusahaan. Ilmu ini bermanfaat agar sebuah organisasi dapat mencapai tujuannya secara efektif dan efisien. Wawasan tentang hal ini juga dapat menjadi strategi yang bagus dalam menjalankan bisnis agar perusahaan dapat mengatur dan mengelola sumber daya yang terbatas tetapi mendapatkan tujuan yang ingin dicapai.

Ekonomi Manajerial Menurut Para Ahli
1. Dominic Salvatore (1996), ekonomi manajerial merupakan sejenis wawasan, yang menunjukkan adanya teori ekonomi dan kemampuan analisis pengambilan keputusan, yang dapat menganalisis apakah suatu perusahaan dapat secara efektif dan efektif mencapai tujuannya.
2. Hirschey (2003), ekonomi manajerial merupakan suatu penerapan ilmu ekonomi dan dapat digunakan sebagai cara manajemen dan pengambilan keputusan manajemen.
3. Paul G. Keat (2000), managerial economics adalah ilmu dan seni tentang bagaimana mengorganisir dan mengalokasikan sumber daya perusahaan yang terbatas untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.
4. Evan J. Douglas (1995), ekonomi manajerial adalah bagian ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan penerapan prinsip-prinsip metodologi ekonomi dalam proses pengambilan keputusan sebuah perusahaan/ organisasi.
5. Campbell R. McConnell (1993), managerial economics adalah alat analisis yang sangat penting bagi manajer dalam mengambil keputusan bisnis. Sesuai dengan namanya, ekonomi manajerial merupakan gabungan dari ilmu ekonomi dan ilmu manajemen.

B. Tujuan Ekonomi Manajerial
Tujuan utama penerapan ekonomi manajemen adalah untuk memberikan keuntungan bagi perusahaan. Tujuan lain dari ekonomi manajerial di antaranya,
1. Kelola Keuangan. Ilmu ekonomi manajerial dapat digunakan untuk mengelola keuangan agar perusahaan dapat memperoleh laba yang sebesar-besarnya dengan menganalisis bagian-bagian yang mendukung laba, begitu pula sebaliknya. Tujuannya agar perusahaan tidak bangkrut.
2. Alat Evaluasi. Wawasan ini juga dapat digunakan untuk mengevaluasi strategi lama sebelum membuat yang baru. Ini juga sangat berguna saat berganti manajer. Manajer baru dapat menganalisis strategi lama yang telah dijalankan untuk melakukan perbaikan.
3. Membantu Memecahkan Masalah. Fungsi lain dari ilmu keputusan ekonomi adalah membantu manajer dalam memecahkan masalah. Kondisi ekonomi dan pasar yang terus berubah, menuntut manajer untuk melakukan penyesuaian kebijakan agar perusahaan dapat terus tumbuh dan menghasilkan keuntungan.
4. Analisis Lingkungan Industri. Ilmu ini juga dapat digunakan untuk menganalisis lingkungan industri, lingkungan perusahaan, dan kondisi ekonomi. Analisis situasi ini diperlukan untuk memantau situasi pemasok, konsumen dan pesaing. Hasil analisis selanjutnya dapat digunakan untuk mendukung keputusan yang diambil guna meningkatkan laba perusahaan.

C. Ruang Lingkup Ekonomi Manajerial
Mengacu pada pengertian ekonomi manajerial, dalam penerapannya terdapat ruang lingkup ekonomi manajerial di antaranya,
1. Teori Ekonomi
Adanya teori ekonomi dapat menjadi pedoman dalam proses pengambilan keputusan. Teori ekonomi sendiri terdiri dari teori ekonomi makro dan ekonomi mikro. Ekonomi mikro termasuk serangkaian teori tentang pengambilan keputusan berdasarkan tingkah laku ekonomis seperti pemilik sumber daya, sistem perdagangan bebas dan konsumen individu. Sedangkan teori ekonomi makro membahas mengenai sistem pengambilan keputusan berdasarkan output, pendapatan, investasi, konsumsi, lapangan pekerjaan, dan agregat ekonomi.

2. Pengambilan Keputusan
Prinsip managerial economics berdasarkan pada alokasi terhadap sumber-sumber daya yang langka, seperti prinsip “Man, Money, Material, Method”. Peranan ekonomi manajerial dalam pengambilan keputusan manajerial harus menerapkan teori dan metode ekonomi. Lalu keduanya dikolaborasikan dengan alat-alat dan teknik analisis ekonomi untuk pemecahan masalah manajerial secara optimal.

3. Ilmu Keputusan
Matematika dan ekonometri atau statistik dapat dijadikan sebagai model keputusan yang bertujuan untuk menentukan langkah optimal perusahaan atau bisnis untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien.

4. Ilmu Administrasi Bisnis
Ilmu administrasi dalam bisnis bisa menjadi latar belakang teori dalam pengambilan keputusan termasuk di antaranya; keuangan, akuntansi, manajemen sumber daya manusia, manajemen pemasaran, serta manajemen produksi.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 2. Modernisasi dan Globalisasi (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2. Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.4 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Ujian Nasional Kompetensi Globalisasi dan Dampaknya       
11. Materi Ringkas Globalisasi dan Dampaknya

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Ekonomi Manajerial, Tujuan, dan Ruang Lingkupnya"