Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dedikasi, Ciri, dan Contohnya

Pengertian Dedikasi, Ciri, dan Contohnya


A. Pengertian Dedikasi

Dedikasi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah pengorbanan tenaga, pikiran, dan waktu demi keberhasilan suatu usaha atau tujuan mulia; pengabdian. Dedikasi bisa juga berarti pengabdian untuk melaksanakan cita-cita yang luhur dan diperlukan adanya sebuah keyakinan yang teguh.

Pendapat lain mengatakan pengertian dedikasi adalah kualitas komitmen seseorang dalam melakukan suatu tugas atau tujuan tertentu yang ingin dicapai. Kata dedikasi digunakan untuk menggambarkan sikap dan pengorbanan seseorang terhadap sesuatu yang menjadi pekerjaan atau profesinya.

B. Ciri Dedikasi
Mengacu pada arti dedikasi seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, istilah ini biasanya digunakan untuk menggambarkan kualitas sikap dan kinerja seseorang. Seseorang dapat dikatakan memiliki dedikasi tinggi terhadap pekerjaannya apabila memiliki ciri-ciri perilaku di antaranya,
1. Memiliki Semangat Tinggi
Seseorang yang memiliki sikap dedikasi yang tinggi maka sudah pasti akan berkorban untuk menyelesaikan pekerjaannya. Misalnya saja ketika ada seorang karyawan yang lebih memilih untuk menyelesaikan pekerjaannya dan mengorbankan waktu makan siang. Apa bisa juga ditujukan dari sikap yang rela bekerja lembur untuk memberikan hasil pekerjaan yang sempurna. Dedikasi yang tinggi juga tercermin ketika seseorang mau menghargai hasil kerja teman atau bawahannya.

2. Memiliki Sikap Melayani
Dedikasi bukan hanya untuk pemenuhan aktualisasi diri, tetapi juga untuk menumbuhkan jiwa melayani. Seseorang yang tidak memiliki sifat dedikasi biasanya juga tidak memiliki jiwa untuk melayani. Orang yang memiliki dedikasi tinggi, meskipun ia seorang pimpinan atau atasan maka mereka cenderung tidak memandang posisi tersebut. Karena seseorang yang memiliki jiwa dedikasi tinggi sudah pasti tidak egois dan suka menolong.

3. Memiliki Jiwa Menyenangkan
Seseorang yang memiliki jiwa dedikasi juga memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi dalam pekerjaan. Seberat apa pun tanggung jawab pekerjaan tersebut biasanya mereka tetap memiliki sikap yang menyenangkan dengan harapan agar menciptakan suasana kerja yang nyaman, karena bagi mereka memiliki gaji besar saja tidak cukup tanpa adanya rasa nyaman saat bekerja. Bagi seseorang yang berdedikasi, cenderung akan mencari lingkungan yang membuatnya nyaman bahkan tak jarang menciptakan kenyamanan untuk orang lain.

4. Memiliki Komitmen Tinggi
Ciri lainnya pada seseorang dengan kepribadian yang berdedikasi tinggi yaitu memiliki komitmen tinggi dalam setiap pekerjaannya. Orang seperti ini cenderung untuk tidak suka menunda-nunda pekerjaannya. Seseorang yang berdedikasi juga tidak suka mengeluh atas pekerjaan yang harus diselesaikannya. Itu adalah bentuk komitmen yang harus terus dijaga. Karena sejatinya, seseorang yang berdedikasi merupakan orang yang mencintai pekerjaannya serta akan mengerjakannya sepenuh hati.

C. Contoh Berdedikasi
Dedikasi terlihat dari sikap loyal seseorang dalam memperjuangkan sesuatu yang bukan untuk kepentingan pribadi, tapi untuk kepentingan banyak orang. Berikut beberapa contoh sikap orang yang punya dedikasi di antaranya,
1. Sangat menghargai waktu yang ditunjukkan dengan sikap dan perbuatan selalu tepat waktu ketika janji bertemu dengan orang lain.
2. Selalu berusaha sebaik mungkin dalam melakukan sesuatu, khususnya sesuatu yang bermanfaat bagi kepentingan banyak orang.
3. Tidak mudah berputus asa atau mundur dalam melakukan sesuatu, terutama ketika sesuatu yang dikerjakannya mengalami kendala atau tantangan.
4. Selalu menghargai ide dan kinerja orang lain.
5. Tidak takut salah, orang yang berdedikasi berani mengambil risiko seperti mendapat kesalahan dalam bekerja, tetapi dari kesalahan dia perbaiki untuk lebih baik lagi dalam pekerjaannya.
6. Mau berbagi ilmu kepada sesama tim kerja.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 3. Interaksi Sosial dalam Dinamika Kehidupan Sosial (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 2. Hubungan Sosial (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas X Bab 2.1 Individu, Kelompok, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Sosiologi Kelas X Bab 2.2 Individu, Kelompok, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
5. Materi Ujian Nasional Kompetensi Interaksi Sosial
6. Materi Ringkas Interaksi Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Pengertian Dedikasi, Ciri, dan Contohnya"