Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Attitude, Karakteristik, dan Perannya

Pengertian Attitude, Karakteristik, dan Perannya


A. Pengertian Attitude

Attitude adalah sikap, perilaku atau tingkah laku seseorang ketika berinteraksi dengan orang lain yang disertai dengan kecenderungan untuk bertindak sesuai dengan sikap tersebut. Attitude juga bisa diartikan sebagai sikap pada aspek afektif yang menentukan seseorang dalam bertindak, karena adanya kemauan atau kerelaan bertindaklah yang menentukan seseorang berbuat sesuai karakter sikap yang dimilikinya.

Attitude merupakan kesiapan mental individu yang mempengaruhi dan juga menentukan kegiatan individu yang bersangkutan dalam merespons obyek atau situasi yang mempunyai arti baginya. Attitude selalu berkenaan dengan suatu objek dan sikap terhadap objek yang disertai dengan perasaan positif maupun negatif.

Attitude Menurut Para Ahli
1. Rakhmat, attitude merupakan suatu kecenderungan untuk bertindak, berpikir, berpersepsi, ide, situasi, nilai dan merasa dalam objek. Sikap bukanlah perilaku akan tetapi sebuah kecenderungan untuk berperilaku dengan cara-cara tertentu terhadap objek sikap.
2. Newcomb dalam Notoatmodjo, attitude merupakan suatu kesiapan atau kesediaan untuk bertindak dan bukan merupakan pelaksanaan motif tertentu. Fungsi sikap belum merupakan tindakan (reaksi terbuka) atau aktivitas, namun merupakan predisposisi perilaku (tindakan) atau reaksi terbuka.
3. Soetarno, attitude adalah suatu pandangan atau perasaan yang diikuti oleh kecenderungan untuk bertindak terhadap obyek tertentu.

B. Karakteristik Attitude
1. Bukan pembawaan sejak lahir, akan tetapi dibentuk sepanjang perkembangan atau perjalanan hidup individu.
2. Tidak tetap atau berubah-ubah, sebab perilaku manusia berubah dan berkembang sesuai dengan kondisi lingkungan.
3. Tidak terbentuk atau berdiri sendiri, namun akibat relasi terhadap individu lain atau karena suatu objek.
4. Attitude dapat berkaitan dengan lebih dari satu objek sekaligus.
5. Attitude terbentuk atas aspek pemikiran, pandangan, segi perasaan dan aspek-aspek yang memiliki motivasi.

C. Peran Attitude
Penilaian attitude individu merupakan hasil dari sikap atau respons terhadap lingkungannya. Attitude ini sangat berkaitan sekali dengan lingkungan dan pekerjaannya yakni sikap atau perilaku seseorang sehari-hari yang bekerja dengan hati nurani.
1. Attitude Mengalahkan Hard Skill
Skill bisa jadi sesuatu yang dapat dipelajari, namun attitude sangat sulit untuk dirubah. Meskipun hal tersebut bukan bawaan dari lahir, namun seseorang dengan sifat dan kepribadian tertentu cukuplah sulit untuk mengalami perubahan yang sangat signifikan.

Biasanya seseorang yang memiliki attitude baik akan mudah beradaptasi dengan baik pada lingkungannya. Oleh karena itu, perusahaan cenderung akan memilih calon karyawan yang memiliki kepribadian terbuka dan juga rendah hati karena dengan itu mereka akan siap dan dapat ditempatkan di mana saja.

2. Attitude Membantu Mengatasi Berbagai Masalah
Dalam dunia kerja, sikap saling menghargai untuk sangat penting, dengan memiliki attitude yang baik maka dapat menciptakan suasana yang nyaman di suatu lingkungan kerja. Hubungan dengan sesama karyawan baik, pun dengan atasan pun juga baik, sehingga segala macam persoalan dapat diatasi dengan baik.

3. Attitude Memungkinkan Pekerja Lebih Kompak
Attitude adalah bagian dari sikap untuk saling menjaga respect sehingga dalam hal ini produktivitas dari perusahaan dapat meningkat dengan optimal.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 3. Interaksi Sosial dalam Dinamika Kehidupan Sosial (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 2. Hubungan Sosial (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas X Bab 2.1 Individu, Kelompok, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Sosiologi Kelas X Bab 2.2 Individu, Kelompok, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
5. Materi Ujian Nasional Kompetensi Interaksi Sosial
6. Materi Ringkas Interaksi Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Pengertian Attitude, Karakteristik, dan Perannya"