Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Afirmasi, Manfaat, Cara, dan Contohnya

Pengertian Afirmasi, Manfaat, Cara, dan Contohnya


A. Pengertian Afirmasi

Afirmasi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah penetapan yang positif; penegasan; peneguhan. Secara sederhana, arti afirmasi adalah suatu bentuk penegasan terhadap diri sendiri terkait hal-hal yang bersifat positif. Melalui kata-kata positif tersebut, nantinya otak secara tidak langsung akan terdoktrin sehingga sudut pandang diri kita sendiri juga akan berubah.

Afirmasi dapat mengubah sudut pandang seseorang dalam menyikapi kehidupan dan lingkungan di sekitarnya. Alhasil, afirmasi pun akan membuat pikiran kita lebih positif. Afirmasi memiliki banyak manfaat untuk diri sendiri, serta ada cara tersendiri untuk menggunakan afirmasi, agar hasilnya lebih positif di dalam diri sendiri.

B. Manfaat Afirmasi
Afirmasi tidak seperti quotes yang berisi kata-kata bijak untuk semua orang. Afirmasi berasal dari diri sendiri dan hanya ditujukan pada diri sendiri agar dapat melihat semua hal dari sudut pandang positif. Afirmasi memiliki banyak manfaat bagi diri sendiri, terutama jika suntikan penegasan-penegasan positif ini dilakukan secara rutin. Adapun beberapa manfaat afirmasi di antaranya,
1. Menumbuhkan Kepercayaan Diri
Memberikan afirmasi positif kepada diri sendiri sangat berpotensi untuk meningkatkan rasa percaya diri. Misalnya, berilah afirmasi positif pada diri sendiri bahwa Anda bukanlah pribadi yang lemah, kreatif dan bisa mengerjakan apa pun dengan mudah. Secara tidak langsung diri kita pun akan semakin percaya diri dalam menghadapi setiap tantangan yang ada.

2. Meningkatkan Kesehatan Tubuh
Kebahagiaan merupakan salah satu vitamin manjur untuk membuat tubuh tetap sehat dan bersemangat. Kebahagiaan ini sebenarnya merupakan sesuatu hal yang sederhana namun tidak semua orang menyadari kehadirannya. Dengan memberikan afirmasi positif pada diri sendiri akan membuat Anda lebih bergembira. Oleh karena itu, tubuh juga terhindar dari beragam penyakit.

Salah satu bentuk manfaat lain dari afirmasi yaitu ketika seseorang menderita sebuah penyakit. Penyakit tidak akan hilang hanya dengan meratapinya. Akan tetapi, kita harus bisa melawannya dengan memberikan banyak supply kata-kata positif.

3. Menjauhkan dari Depresi
Selain kesehatan tubuh, kesehatan jiwa juga sangat penting untuk dijaga. Bahkan, pikiran yang tidak sehat akan membuat tubuh juga menjadi lemas. Untuk itu, cobalah menyemangati diri sendiri dengan beragam kata-kata positif. Katakan pada diri sendiri bahwa semua kebutuhan sudah terpenuhi, semua tugas sudah terselesaikan atau bentuk afirmasi positif lainnya.

4. Memberikan Kenyamanan Diri
Terlalu banyak hal yang dipikirkan akan membuat kehidupan menjadi tidak nyaman, termasuk kenyamanan diri sendiri. Tapi, dengan adanya afirmasi positif maka rasa nyaman pada diri sendiri akan meningkat. Seseorang hanya perlu meyakini bahwa segala bentuk keinginan pasti bisa diraih. Jika saat ini masih belum tercapai, maka berusahalah lagi esok hari.

5. Membuat Diri Lebih Bahagia
Dengan afirmasi positif terhadap diri sendiri bahwa segala upaya yang dilakukan akan membuahkan hasil positif, maka seseorang akan menjadi lebih bahagia. Dan tentu saja kata-kata dalam afirmasi harus dilandasi dengan kepercayaan bahwa seseorang dapat meraih hal-hal yang diinginkan sehingga menjadi kenyataan.

C. Cara Menggunakan Afirmasi
Afirmasi positif harus dikatakan secara rutin dan setiap hari, apalagi saat diri merasa sedih, banyak pikiran dan gelisah. Berikut cara menggunakan afirmasi agar lebih efektif dan membuat lebih tenang serta bahagia di antaranya,
1. Gunakan Saya atau Namamu Saat Afirmasi
Berbeda dengan kutipan yang ditujukan untuk banyak orang. Afirmasi digunakan untuk menyemangati diri sendiri, agar lebih tenang dan bahagia. Sehingga saat mengucapkan afirmasi positif, gunakan kata “saya”, “aku” atau sebut nama kamu sendiri. Hal ini bisa membantumu lebih semangat dan kuat untuk mengubah diri menjadi lebih positif.

2. Gunakan Kata Positif
Untuk membuat pikiran negatif berubah menjadi pikiran positif, kamu juga harus menggunakan kata positif saat melakukan afirmasi. Hindari penggunaan kata “jangan” atau “tidak” pada saat melakukan afirmasi. Karena dua kata tersebut termasuk kata yang negatif, walaupun kalimatmu memiliki maksud positif.

3. Gunakan Emosi Positif
Ada beberapa macam emosi yang terdapat dalam diri seseorang. Saat mengucapkan afirmasi, gunakan emosi positif yaitu bahagia, semangat, suka dan lain sebagainya. Hindari menggunakan emosi negatif seperti sedih, marah, cemburu, kecewa dan lain sebagainya.

4. Gunakan Kata Sekarang
Saat afirmasi positif, gunakan kata sekarang dan hindari kata “nanti” atau “akan”. Karena kata “sekarang” bisa membuatmu menjadi lebih semangat, dan membuat otak berpikir seolah-olah hidupmu sudah bahagia. Hal ini bisa membuatmu lebih positif dalam bertindak.

5. Menulis di Kertas Catatan
Untuk membuatmu lebih bersemangat, tulislah kata-kata afirmasi di dalam sebuah kertas catatan, yang bisa dibaca setiap kali kamu akan melakukan aktivitas, seperti di layar komputer, pintu kulkas, cermin dan lain-lain.

D. Contoh Kata-kata Afirmasi
Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa arti afirmasi adalah suatu dukungan atau dorongan emosional dari dalam diri seseorang sehingga melakukan tindakan tertentu. Berikut beberapa contoh afirmasi di antaranya,
1. “Saya pasti bisa mendapatkan nilai terbaik jika belajar dengan giat”
2. “Saya tidak perlu minder karena saya pintar, kreatif, dan menarik”
3. “Saya tidak perlu khawatir karena ketidakmampuan hanya ada di dalam pikiran”
4. “Saya adalah orang yang kuat dan sehat”
5. “Saya dapat menjadi orang penting di perusahaan ini, karena kemampuan saya sangat dibutuhkan”
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 3. Interaksi Sosial dalam Dinamika Kehidupan Sosial (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 2. Hubungan Sosial (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas X Bab 2.1 Individu, Kelompok, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Sosiologi Kelas X Bab 2.2 Individu, Kelompok, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
5. Materi Ujian Nasional Kompetensi Interaksi Sosial
6. Materi Ringkas Interaksi Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Pengertian Afirmasi, Manfaat, Cara, dan Contohnya"