Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Administrasi Pembangunan, Ruang Lingkup, Tujuan, dan Fungsinya

Pengertian Administrasi Pembangunan, Ruang Lingkup, Tujuan, dan Fungsinya


A. Pengertian Administrasi Pembangunan

Administrasi pembangunan merupakan proses pengendalian usaha (administrasi) oleh negara (pemerintah) untuk merealisasikan pertumbuhan yang direncanakan ke arah suatu keadaan yang dianggap lebih baik dan kemajuan di dalam berbagai aspek kehidupan bangsa.

Administrasi Pembangunan Menurut Para Ahli
1. Kristadi, administrasi pembangunan adalah administrasi negara yang mampu mendorong ke arah proses perubahan serta juga pembaharuan serta penyesuaian dan juga merupakan pendukung dari suatu perencanaan.
2. Sondang P Siagian, administrasi pembangunan adalah suatu usaha atau juga rangkaian usaha pertumbuhan dan perubahan terencana yang dilakukan dengan secara sadar oleh suatu bangsa, negara serta pemerintah menuju modernitas dalam rangka pembinaan bangsa (nation-building).
3. Bintoro Tjokroamidjojo, administrasi pembangunan adalah suatu proses pengendalian usaha (administrasi) oleh negara/ pemerintah untuk dapat mewujudkan pertumbuhan yang direncanakan ke arah suatu keadaan yang dianggap itu lebih baik dan kemajuan di dalam berbagai aspek kehidupan bangsa.
4. Edward W. Weidner, administrasi pembangunan yakni menggambarkan sebagai suatu pengembangan yang administratif dan administrasi dalam program pengembangan.
5. Paul Meadows, administrasi pembangunan merupakan suatu kegiatan atau aktivitas mengatur masyarakat di bidang ekonomi dan perubahan sosial dalam hal menetapkan kebijakan publik.

B. Ruang Lingkup Administrasi Pembangunan
Terdapat dua fungsi administrasi pembangunan di antaranya Pembangunan Administrasi dan Administrasi di bidang Pembangunan. Keduanya saling berhubungan dan saling melengkapi dalam proses pembuatan kebijakan. Demikian, terdapat dua poin penting yang harus dibedakan, yaitu Administrasi Bagi Pembangunan dan Pembangunan di Bidang Administrasi.
1. Administrasi Bagi Pembangunan, bahwa kegiatan administrasi dilakukan dari dan untuk pembangunan. Dalam pelaksanaan umumnya menggunakan pendekatan manajemen karena akan berhubungan dengan manajemen pembangunan, yang mencakup di antaranya,
a. Perencanaan Pembangunan
b. Pengerahan Sumber Daya
c. Penganggaran

2. Pembangunan Administrasi, berkaitan dengan pembaharuan administrasi sebagai tindak lanjut dari pembangunan administrasi, adalah adanya perubahan birokrasi dengan unsur di antaranya,
a. Birokrasi harus bisa mendorong partisipasi masyarakat.
b. Birokrasi seharusnya tidak berpihak kepada yang kuat, namun lebih berorientasi kepada yang kurang berdaya.
c. Birokrasi berperan dalam mengarahkan dan memberdayakan masyarakat.
d. Birokrasi seharusnya terbuka dan bertanggungjawab.

C. Tujuan dan Fungsi Administrasi Pembangunan
Terdapat empat fungsi utama dari administrasi pembangunan menurut Bintoro Tjokroamidjojo di antaranya,
1. Kepemimpinan Administratif
a. Kepemimpinan Inovatif
b. Administrator Pembangunan

2. Pendayagunaan Kelembagaan. Organisasi-organisasi pemerintah diupayakan untuk melaksanakan dan meningkatkan pembangunan.
3. Pendayagunaan Kepegawaian
a. Pengadaan
b. Pembinaan
c. Pendidikan dan Latihan

4. Pendayagunaan Ketatalaksanaan. Bila dikaitkan dengan organisasi tentu berhubungan dengan masalah organisasi, tata pelaksanaan, prosedur dan tata kerja.

Dalam penyelenggaraan proses pembangunan dibutuhkan adanya suatu administrasi perencanaan dan pelaksanaan pembangunan yang meliputi di antaranya,
1. Administrasi perencanaan, merujuk pada perencanaan program pembangunan. Seperti kemampuan mekanisme analisis, pembentukan kebijakan pembangunan, sistem perencanaan dan penganggaran.
2. Administrasi pembiayaan pembangunan. Semisal penyaluran biaya untuk keperluan segala macam kegiatan atau aktivitas pembangunan yang sifatnya itu berbeda.
3. Administrasi program. Di mana administrasi yang menjalankan program dan proyek pembangunan, termasuk tata cara koordinasinya.
4. Administrasi sistem pengawasan. Administrasi yang melakukan sistem pengawasan serta pengendalian, pengawasan atasan langsung fungsional.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial (KTSP)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.4 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.5 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
11. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.6 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
12. Materi Ujian Nasional Kompetensi Perubahan Sosial             
13. Materi Ringkas Perubahan Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Administrasi Pembangunan, Ruang Lingkup, Tujuan, dan Fungsinya"