Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Administrasi Bisnis, Ciri, dan Ruang Lingkupnya

Pengertian Administrasi Bisnis, Ciri, dan Ruang Lingkupnya


A. Pengertian Administrasi Bisnis (Administrasi Niaga)

Administrasi bisnis (administrasi niaga) adalah proses pengelolaan perusahaan atau organisasi guna menjaga kestabilan dan perkembangannya. Tujuan dari administrasi bisnis adalah untuk memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya. Administrasi bisnis lebih mengutamakan efisiensi ekonomi dibandingkan prosedur yang berlaku. Manfaat dari administrasi bisnis hanya untuk kepentingan perseorangan dan kelompok tertentu.  

Administrasi Bisnis (Administrasi Niaga) Menurut Para Ahli
1. Prof. Dr. Mr. S. Prajudi admosudidjo, administrasi bisnis adalah suatu organisasi niaga secara keseluruhan dan mengejar tercapainya tujuan-tujuan yang bersifat bisnis objektif, dan Administrasi Niaga tersebut dijalankan oleh setiap manager dalam suatu organisasi niaga.
2. Sukarno dan Ibrahim Lubis, administrasi bisnis/ niaga adalah kegiatan dibidang produksi, transportasi, asuransi perbankan, dan lain-lain, di bidang perusahaan swasta.
3. Sheldo dan Urwik, administrasi niaga adalah industri yang berkaitan dengan penetapan kebijakan perusahaan, koordinasi produksi, keuangan dan distribusi, penentuan arah organisasi dan kontrol tertinggi eksekutif.
4. Y. Wayong, administrasi bisnis adalah keseluruhan kegiatan mulai dari produksi barang dan jasa sampai tibanya barang dan jasa tersebut ditangan konsumen.

B. Ciri Administrasi Bisnis (Administrasi Niaga)

Terdapat beberapa ciri administrasi bisnis secara umum di antaranya,
1. Terdiri Dari Dua Orang atau Lebih. Aktivitas administrasi bisnis pada umumnya dikelola oleh beberapa orang, tergantung skala bisnisnya. Perusahaan atau badan usaha tingkat menengah akan membutuhkan tenaga administrator lebih banyak dibandingkan dengan perusahaan kecil. Selain itu, tenaga administrator juga harus memiliki kemampuan sesuai dengan ruang lingkup kerja administrasi bisnis. Dengan begitu, maka sistem administrasi dapat berjalan dengan baik dan teratur.
2. Terjadi Kerjasama. Administrasi bisnis/ niaga membutuhkan kerjasama yang baik dengan pihak-pihak terkait. Kerjasama tersebut harus dilandasi oleh kesadaran bahwa masing-masing pihak saling membutuhkan dalam upaya mencapai tujuan bersama. Kerjasama yang solid dapat meningkatkan kinerja dan hasil yang maksimal. Agar kerjasama menjadi solid maka dibutuhkan komunikasi yang baik dalam menyusun administrasi bisnis.
3. Terdapat Proses dan Usaha. Administrasi bisnis dapat terjadi jika ada proses usaha di dalamnya. Proses usaha tersebut akan menghasilkan data-data yang harus dihimpun dan dikelola. Selain berhubungan dengan data, proses bisnis juga melibatkan hal-hal lainnya, misalnya keperluan surat niaga, data karyawan, agenda, dan lain-lain. Itulah sebabnya mengapa administrasi bisnis sangat besar peranannya dalam operasional sebuah bisnis.
4. Adanya Bimbingan dan Pengawasan. Semua jenis usaha memiliki struktur organisasi, mulai dari tingkat bawah hingga tingkat atas. Pimpinan usaha erat hubungannya dengan administrasi bisnis karena setiap kegiatan administrasi harus diketahui dan disetujui oleh pimpinan. Koordinasi yang baik antara bagian administrasi dengan pimpinan akan menciptakan kondisi internal perusahaan yang sehat. Dan pada akhirnya kinerja perusahaan akan berjalan sebagaimana mestinya.
5. Mempunyai Tujuan. Aktivitas administrasi bisnis bertujuan untuk mencapai tujuan yang jelas. Dengan begitu, maka dibutuhkan prasarana dan tenaga kerja yang kompeten untuk mengisi bagian administrasi suatu perusahaan.

C. Ruang Lingkup Administrasi Bisnis (Administrasi Niaga)
Ruang lingkup administrasi bisnis menurut Prayudi Atmosudidjo di antaranya,
1. Organisasi
2. Manajemen
3. Tata usaha
4. Sejarah administrasi
5. Ensiklopedia administrasi
6. Filsafat administrasi

Sementara menurut Drs. Soekarno, yang termasuk dalam ruang lingkup administrasi niaga di antaranya,
1. Administrasi perusahaan
2. Administrasi non perusahaan

Yang termasuk dalam ruang lingkup administrasi niaga menurut The Liang Gie di antaranya,
1. Administrasi penjualan
2. Administrasi periklanan
3. Administrasi kepasaran
4. Administrasi keproduksian
5. Administrasi perbankan
6. Administrasi perhotelan
7. Administrasi pengangkutan

Menurut Sondang P. Siagan, yang termasuk dalam ruang lingkup administrasi niaga di antaranya,
1. Manajemen
2. Manajemen produksi
3. Industrial relation
4. Bussines education
5. Traffic management
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial (KTSP)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.4 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.5 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
11. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.6 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
12. Materi Ujian Nasional Kompetensi Perubahan Sosial             
13. Materi Ringkas Perubahan Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Administrasi Bisnis, Ciri, dan Ruang Lingkupnya"