Pengertian Samudra Atlantik, Karakteristik, dan Profilnya

Pengertian Samudra Atlantik
Samudra Atlantik

A. Pengertian Samudra Atlantik
Samudra Atlantik adalah samudra terbesar kedua di dunia, meliputi sekitar 1/5 permukaan Bumi. Kata Atlantik berasal dari mitologi Yunani yang berarti Laut Atlas. Samudra ini berbentuk huruf S, memanjang dari belahan bumi utara ke belahan bumi selatan, terbagi dua oleh garis khatulistiwa menjadi Atlantik Utara dan Atlantik Selatan, dibatasi oleh Amerika Utara dan Amerika Selatan di bagian barat samudra serta Eropa dan Afrika di bagian timur samudra.

Samudra Atlantik berhubungan dengan Samudra Pasifik, di bagian utara bumi melalui Samudra Arktik dan di bagian selatan bumi melalui Lintasan Drake. Hubungan buatan manusia antara Samudra Atlantik dengan Samudra Pasifik dibuat melalui Terusan Panama. Batas antara Samudra Atlantik dengan Samudera Hindia di bagian timur, dibatasi pada garis 20° Bujur Timur. Batas antara Samudra Atlantik dengan Samudra Arktik adalah garis dari Greenland ke Svalbard di sebelah utara Norwegia.

Mencakupi sekitar 20% permukaan Bumi, Samudra Atlantik berada di urutan kedua terbesar dalam segi ukurannya setelah Samudra Pasifik. Bersama dengan lautan di sekitarnya ia mempunyai luas sebesar 106.450.000 km²; jika lautan di sekitarnya tidak dihitung, luasnya 82.362.000 km². Jumlah wilayah yang mengalir ke Samudra Atlantik lebih besar empat kali daripada Samudra Pasifik maupun Samudra Hindia. Volume Samudra Atlantik dengan lautan sekitarnya adalah 354.700.000 km³ dan tanpanya adalah 323.600.000 km³.

Kedalaman rata-rata Samudra Atlantik, dengan lautan di sekitarnya adalah 3.332 m (10.932 kaki); tanpanya adalah 3.926 m (12.877 kaki). Kedalaman terbesar, 8.605 m (28.232 kaki), berada di Palung Puerto Riko. Lebar Samudra Atlantik beragam, dari 2.848 km (1.769 mil) di antara Brasil dan Liberia hingga sekitar 4.830 km (3.000 mil) antara Amerika Serikat dan sebelah utara Afrika.

Samudra Atlantik mempunyai pesisir pantai yang tak beraturan (ireguler) yang dibatasi berbagai teluk dan lautan, termasuk Laut Karibia, Teluk Meksiko, Teluk St. Lawrence, Laut Mediterania, Laut Hitam, Laut Utara, Laut Baltik, dan Laut Norwegia-Greenland. Pulau-pulau di Samudra Atlantik termasuk Svalbard, Greenland, Islandia, Rockall, Britania Raya, Irlandia, Fernando de Noronha, Azores, Kepulauan Madeira, Kepulauan Canary, Tanjung Verde, Bermuda, Hindia Barat, Ascension, St. Helena, Tristan da Cunha, Kepulauan Falkland, dan Georgia Selatan dan Kepulauan Sandwich Selatan.

The Vikings, Portugis, dan Spanyol adalah yang paling terkenal di antara penjelajah awal. Setelah Columbus, eksplorasi Eropa cepat dipercepat, dan banyak rute perdagangan baru didirikan. Akibatnya, Atlantik dan tetap menjadi arteri utama antara Eropa dan Amerika (dikenal sebagai perdagangan transatlantik). Eksplorasi ilmiah termasuk ekspedisi Challenger, ekspedisi Meteor Jerman, Lamont-Doherty Columbia University Earth Observatory dan Angkatan Laut Amerika Serikat Kantor Hidrografi.

B. Karakteristik Samudera Atlantik
1. Bentuknya meliuk yang mirip dengan huruf S. Karakteristik atau fakta unik yang dimiliki samudera Atlantik salah satu adalah bentuknya yang meliuk sehingga menyerupai huruf S. oleh karena ini pula samudera Atlantik mempunyai pesisir pantai yang tidak beraturan yang hanya dibatasi dengan berbagai teluk dan lautan.
2. Sering terjadi badai tropis. Badai tropis ini berkembang di sekitar kawasan pesisir pantai di Afrika dekat Tanjung Verd, dan kemudian bergerak ke arah barat menuju ke Laut Karibia (ini terjadi pada bulan Mei- Desember).
3. Sering terjadi angin ribut. Angin ribut biasa terjadi di Atlantik Utara pada musim dingin di utara yang menyebabkan perlintasan samudera terasa lebih sulit dan juga berbahaya.
4. Sebagian besar wilayahnya berada di wilayah garis bujur barat.

C. Profil Samudera Atlantik
1. Letak Samudera Atlantik
Samudera Atlantik merupakan kumpulan air yang terdapat di antara Afrika, Eropa, Samudra Selatan dan juga Benua Amerika. Secara Astronomis samudera Atlantik ini berada di koordinat geografi 0.00 U dan 25.00 B. Batasan antara samudera Atlantik dengan samudera Hindia di sebelah timur, dibatasi pada titik 20 derajat Bujur Timur (BT).

Dan batas antara Samudera Atlantik dengan Samudera Arktik adalah garis dari wilayah Greenland ke Svalbard yang berada di sebelah utara Norwegia. Samudera Atlantik merupakan samudera yang unik karena samudera ini mempunyai pesisir pantai yang tidak beraturan yang mana pesisir pantai ini dibatasi oleh berbagai teluk dan juga lautan. Beberapa laut yang membatasi samudera Atlantik di antaranya,
a. Laut Karibia
b. Teluk Meksiko
c. Teluk St. Lawrence
d. Laut Mediterania
e. Laut Hitam
f. Laut Utara
g. Laut Baltik
h. Laut Norwegia- Greenland

Beberapa negara dan wilayah- wilayahnya memiliki garis pantai pada samudera Atlantik di antaranya,
Benua Afrika
a. Afrika Selatan
b. Aljazair
c. Angola
d. Benin
e. Gabon
f. Gambia
g. Ghana
h. Guinea
i. Guinea- Bissau
j. Guinea Khatulistiwa
k. Kamerun
l. Liberia
m. Libya
n. Maroko
o. Mauritania
p. Mesir
q. Namibia
r. Nigeria
s. Pantai Gading
t. Republik Demokratik Kongo
u. Republik Kongo
v. Sao Tome dan Principe
w. Senegal
x. Sierra Leone
y. Tanjung Verde
z. Togo
aa. Tunisia

Benua Amerika
a. Amerika Serikat
b. Argentina
c. Bahama
d. Barbados
e. Belize
f. Brazil
g. Dominika
h. Grenada
i. Guyana
j. Haiti
k. Honduras
l. Jamaika
m. Kanada
n. Kolombia
o. Kosta Rika
p. Kuba
q. Meksiko
r. Nicaragua
s. Panama
t. Republik Domikina
u. Saint Lucia
v. Saint Vincent dan Grenadine
w. Suriname
x. Trinidad dan Tobago
y. Uruguay
z. Venezuela

Benua Asia
a. Georgia
b. Israel
c. Lebanon
d. Siprus
e. Suriah
f. Turki

Benua Eropa
a. Albania
b. Belanda
c. Belgia
d. Bosnia
e. Herzegovina
f. Bulgaria
g. Inggris
h. Denmark
i. Estonia
j. Finlandia
k. Irlandia
l. Islandia
m. Italia
n. Jerman
o. Latvia
p. Lituania
q. Kroasia
r. Malta
s. Monako
t. Montenegro
u. Norwegia
v. Prancis
w. Polandia
x. Portugis
y. Romania
z. Rusia
aa. Slovenia
bb. Spanyol
cc. Swedia
dd. Ukraina
ee. Yunani

2. Iklim di Samudra Atlantik
Iklim dipengaruhi oleh suhu permukaan air dan arus air dan angin. Karena kapasitas retensi besar laut panas, iklim maritim lebih moderat dan memiliki variasi musiman kurang ekstrem dari pedalaman iklim. Pengendapan dapat didekati dari data cuaca pesisir dan suhu udara dari suhu air. Lautan adalah sumber utama dari kelembaban atmosfer yang diperoleh melalui penguapan. Zona iklim bervariasi dengan lintang, peregangan zona paling hangat di Atlantik utara khatulistiwa.

Zona terdingin di lintang tinggi, dengan daerah terdingin sesuai dengan area yang tercakup es laut. Arus laut mempengaruhi iklim dengan pengangkutan air hangat dan dingin ke daerah lain. Angin yang didinginkan atau hangat saat bertiup selama ini arus pengaruh lahan yang berdekatan.

Gulf Stream dan perpanjangan utara menuju Eropa, Atlantik Utara Drift, misalnya, menghangatkan suasana Kepulauan Inggris dan Eropa barat laut, dan arus air dingin berkontribusi kabut tebal di lepas pantai timur Kanada (Grand Banks daerah Newfoundland) dan pantai Afrika barat laut. Secara umum, angin transportasi air dan udara di atas lahan. Badai berkembang di bagian selatan Samudra Atlantik Utara.

3. Keadaan Alam di Samudra Atlantik
Fitur utama dari batimetri (topografi bawah) adalah pegunungan kapal selam disebut Mid-Atlantic Ridge. Hal ini meluas dari Islandia di utara sampai sekitar 58 ° Lintang Selatan, mencapai lebar maksimum sekitar 1.600 kilometer (990 mi ). Sebuah lembah Keretakan juga terbentang sepanjang punggungan atas sebagian besar panjangnya. Kedalaman air pada puncak punggungan kurang dari 2.700 meter (8.900 kaki) di kebanyakan tempat, bagian bawah punggungan tiga kali kenaikan dalam dan tentu saja beberapa puncak di atas pulau air dan bentuk . Samudra Atlantik Selatan memiliki punggung kapal selam tambahan, Ridge Walvis.

The Mid-Atlantic Ridge memisahkan Samudra Atlantik menjadi dua lembah besar dengan kedalaman dari 3,700-5,500 meter (12,100-18,000 ft). Transverse pegunungan berjalan antara benua dan Mid-Atlantic Ridge membagi dasar laut ke banyak cekungan. Beberapa cekungan besar adalah Blake, Guyana, Amerika Utara, Cape Verde, dan cekungan Canary di Atlantik Utara. Di Selatan Atlantik cekungan terbesar adalah cekungan Angola, Tanjung, Argentina, dan Brasil.

Palung yang ditemukan di samudera Atlantik di antaranya,
a. Puerto Rico Trench, di Atlantik Utara, adalah palung terdalam di 8.605 meter (28.232 ft)
b. Laurentian Abyss ditemukan di lepas pantai timur Kanada
c. South Sandwich Trench mencapai kedalaman 8.428 meter (27.651 kaki)
d. Romanche Palung terletak di dekat khatulistiwa dan mencapai kedalaman sekitar 7454 meter (24.455 kaki).

Dataran yang ada di Samudra Atlantik
Dari Oktober hingga Juni, permukaan biasanya ditutupi dengan es laut di Laut Labrador, Selat Denmark, dan Laut Baltik. Sebuah pilin air hangat searah jarum jam menempati Atlantik utara, dan pilin air hangat berlawanan arah jarum jam muncul di Atlantik selatan. The Mid-Atlantic Ridge, sebuah centerline utara-selatan kasar untuk seluruh cekungan Atlantik, pertama kali ditemukan oleh Ekspedisi Challenger mendominasi dasar laut. Ini dibentuk oleh gunung-gunung berapi yang juga membentuk dasar laut dan pulau-pulau. Atlantik memiliki pantai yang tidak beraturan indentasi oleh banyak teluk, dan laut. Ini termasuk Laut Norwegia, Laut Baltik, Laut Utara, Laut Labrador, Laut Hitam, Teluk Saint Lawrence, Teluk Fundy, Teluk Maine, Laut Mediterania, Teluk Meksiko, dan Laut Karibia.

Kepulauan yang termasuk ke dalam kawasan samudera atlantik adalah Greenland, Islandia, Kepulauan Faroe, Inggris (termasuk pulau-pulau sekitarnya), Irlandia, Rockall, Newfoundland, Sable Island, Azores, Madeira, Bermuda, Canary Islands, Karibia, Cape Verde, São Tomé dan Príncipe, Provinsi Annobon, St Pulau peter., Fernando de Noronha, Rocas Atoll, Ascension Island, Saint Helena, Kepulauan dari Trindad, Tristan da Cunha, Pulau Gough (Juga dikenal sebagai Diego Alvarez), Kepulauan Falkland, Tierra del Fuego, pulau Georgia Selatan, Kepulauan Sandwich Selatan , dan Pulau Bouvet.

Sumber Daya Alam di samudra Atlantik
Atlantik pelabuhan ladang minyak dan gas, ikan, mamalia laut (anjing laut dan paus), pasir dan kerikil kerikil, tempat deposito, nodul polimetalik, dan batu mulia.

4. Kehidupan Makhluk Hidup atau Organisme di Samudera Atlantik
Kata Atlantik berasal dari mitologi Yunani yang berarti “Laut Atlas“. Dinamakan demikian karena Laut Atlantik merupakan salah satu samudera terbesar dan terkaya baik dari flora, fauna, maupun mitologinya. Samudra Atlantik adalah samudera terbesar kedua di dunia, meliputi sekitar 1/5 permukaan Bumi. Hingga kini masih banyak kekayaannya yang masih belum terungkap. Berikut adalah 5 hewan dasar Samudera Atlantik yang menjadi pemandangan baru di dasar samudera Atlantik.
a. Pretty Weird in Pink (Mahluk Indah Berwarna Pink), hewan ini merupakan varietas cacing laut berwarna pink, mereka sering meninggalkan jejak berbentuk spiral di atas pasir, di dasar Laut Atlantik bagian Utara.
b. Star of the Show (Bintang Pertunjukan), hewan ini adalah bintang laut, yang juga dikenal sebagai bintang laut keranjang atau Gorgonocephalus, mereka menangkap udang-udang kecil dengan menggunakan tangannya yang banyak dan berbelit-belit.
c. Ridge Runner (Pelari Gunung Terjal), timun laut (Peniagone porcella) mencari makanannya di dasar laut namun memiliki kemampuan untuk berenang . hewan ini ditemukan di antara perbukitan dan lembah di pegunungan Laut Atlantik Tengah.
d. Visible Cucumber (Timun Laut Transparan), organ bagian dalam dari timun laut ini (Peniagone diaphana) dapat dilihat dari luar atau dengan kata lain hewan ini memiliki lapisan kulit tubuh yang transparan. Spesies ini pertama kali ditemukan tahun 1882.
e. Glowworm of the Deep (Kunang-kunang Dasar Laut), cacing skala (Polynoid polychaete) adalah satu dari banyak hewan bioluminescent (mahluk bercahaya) yang ada di dasar lautan. Cacing ini bercahaya di kegelapan.

5. Mitos dan Rahasia Samudra Atlantik
a. Benua Atlantis dan Peradabannya
Benua Atlantis, Mitos tentang benua Atlantis memang sangat menarik sekali terutama bagi para penjelajah dan peneliti (ilmuwan) ataupun para pakar dari berbagai bidang. Misteri peradaban Atlantis bermula dari seorang filsafat Yunani kuno bernama Plato (427 – 347 SM) dalam buku Critias dan Timaeus. Atlantis berasal dari bahasa Sanskrit Atala, yang berarti surga atau menara. Plato menegaskan bahwa wilayah Atlantis pada saat itu merupakan pusat dari peradaban dunia dalam bentuk budaya, kekayaan alam, ilmu/teknologi, dan lain-lainnya. Garis besar kisah pada buku tersebut bahwa Ada sebuah daratan raksasa di atas Samudera Atlantik arah barat Laut Tengah yang sangat jauh, yang bangga dengan peradabannya yang menakjubkan. Ia menghasilkan emas dan perak yang tak terhitung banyaknya. Istana dikelilingi oleh tembok emas dan dipagari oleh dinding perak cemerlang dan megah.

Benua Atlantis yang digambarkan oleh Plato adalah suatu dunia tropis, yang punya banyak hutan, sungai, dan pohon buah-buahan. Teori Plato menerangkan bahwa kemudian Atlantis hilang akibat letusan gunung berapi yang secara bersamaan meletus. Pada masa itu sebagian besar bagian dunia masih diliput oleh lapisan-lapisan es (era Pleistocene). Dengan meletusnya berpuluh-puluh gunung berapi secara bersamaan yang sebagian besar terletak di wilayah Indonesia (dulu) itu, maka tenggelamlah sebagian benua dan diliput oleh air asal dari es yang mencair. Di antaranya letusan gunung Meru di India Selatan dan gunung Sumeru di Jawa Timur. Lalu letusan gunung berapi di Sumatera. kemudian letusan yang paling dahsyat adalah gunung Krakatau (Krakatoa) yang memecah bagian Sumatera dan Jawa dan lain-lainnya serta membentuk selat dataran Sunda.

Konotasi Atlantis tidak harus mengacu kepada Samudera Atlantik. Tetapi berdasarkan lingkungan kesejarahan dan geografis, para ahli akhirnya berkonsentrasi mencari Atlantis di sekitar Laut Tengah, antara Libia dan Turki yang dikenal sebagai Asia pada waktu itu. Sebelum seorang Profesor yang bernama Santos berargumen bahwa Atlantis adalah Sundaland (Indonesia), pendapat yang paling banyak diterima adalah bahwa negeri itu ada di tengah-tengah Samudera Atlantis sendiri, yaitu di Kepulauan Azores milik Portugal yang berada 1.500 Km sebelah barat pantai Portugal. Namun tidak ada bukti arkeologis yang mengukuhkan pendapat ini. Profesor Santos sendiri melakukan penelitian selama 30 tahun tentang peradaban benua Atlantis, ia menghasilkan buku Atlantis, The Lost Continent Finally Found, The Definitifve Localization of Plato‘s Lost Civilization (2005).

b. Segitiga Bermuda
Segitiga Bermuda adalah sebuah wilayah lautan di Samudra Atlantik seluas 1,5 juta mil2 atau 4 juta km2 yang membentuk garis segitiga antara Bermuda, wilayah teritorial Britania Raya sebagai titik di sebelah utara, Puerto Riko, teritorial Amerika Serikat sebagai titik di sebelah selatan dan Miami, negara bagian Florida, Amerika Serikat sebagai titik di sebelah barat.

Segitiga Bermuda sering disebut juga dengan Segitiga Setan, Limbo of the lost, The twilight zone, Hoodoo Sea, Devil’s Triangle. Kawasan berbentuk segitiga di samudra Atlantis yang dibatasi oleh Bermuda, Puerto Rico dan Fort Lauderdale-Florida ini, sebelum tahun 1964 mempunyai julukan-julukan yang terkenal ini, tetapi karena adanya laporan-laporan aneh yang terjadi di situ atau di dekatnya yang tercatat selama berabad-abad. Pada kenyataannya, banyak yang mengatakan bahwa Christopher Columbus adalah salah satu saksi keanehan Segitiga Bermuda ini.

Ketika kapalnya, Nina, Pinta dan Santa Maria berlayar melintasi kawasan itu pada tahun 1492, dilaporkan bahwa kompas Columbus bergerak kacau dan bahwa mereka melihat cahaya aneh di angkasa, dalam catatan yang dibuat Columbus, ketidaktepatan kompasnya dikiranya tidak lebih dari ketidakcocokan antara arah utara yang sebenarnya dan arah utara magnetik. Sedangkan mengenai cahaya di langit, Columbus menulis, dia melihat nyala api yang besar sekali, yang akhirnya jatuh ke laut – kemungkinan sebuah meteor. Sekali lagi dia melihat cahaya di angkasa pada tanggal 11 Oktober. Ini adalah sehari sebelum pendaratannya yang sangat terkenal itu. Cahaya itu berkelebat di dekat Cakrawala, di mana benua yang hilang itu berada.

Kejadian bersejarah lain yang sampai sekarang masih ada tentang segitiga Bermuda adalah penemuan kembali Mary Celeste, kapal layan ini ditemukan telah ditinggalkan di tengah laut pada tahun 1892, kira-kira 400 mil di luar jalurnya dari New York menuju ke Genoa, tak ada tanda-tanda keberadaan 10 orang awaknya atau apa yang terjadi pada mereka, karena sekocinya juga hilang, kemungkinan besar mereka meninggalkan Mary Celeste karena amukan badai yang mereka perkirakan tidak akan dapat ditahan oleh kapal itu, tetapi apa yang semakin membuat segitiga Bermuda ini bertambah misterius adalah karena kapal itu tidak berada di dekat segitiga Bermuda, tetapi ditemukan di lepas pantai Portugal.

Legenda segitiga Bermuda ini sebenarnya dimulai pada tanggal 5 Desember 1945, dengan hilangnya penerbangan 19 yang sangat terkenal itu, lima pesawat pembom hilang dalam misi latihan rutin, demikian juga tim penyelamat yang mencari mereka yang terdiri dari enam pesawat terbang dengan 27 awak, hilang tanpa jejak, tidak ditemukan serpihan penerbangan 19 itu.

Ada kurang lebih 200 kecelakaan besar dan aneh yang menambah kemisteriusan kawasan itu, seorang penulis bernama V. Gaddis pada tahun 1964 menjuluki kawasan itu dengan Segitiga Bermuda, dalam sebuah artikel di majalah fiksi, Argosy. Masyarakat begitu tertarik pada phenomena ini dan lebih dipacu lagi oleh buku best seller tulisan Charles Berlitz yang juga berjudul Segitiga Bermuda. Banyak orang masih penasaran dan terus mencari petunjuk-petunjuk baru, untuk membuktikan adanya Atlantis dan Segitiga bermuda ini.

c. Merupakan samudera yang menghubungkan dunia lama (Eropa) dengan dunia baru (Amerika)
Samudera Atlantik merupakan samudera yang sangat penting. Samudera inilah yang menghubungkan dua dunia atau tempat yang sangat penting di dunia. Dua benua terkemuka di dunia, yakni Eropa dan juga Amerika. Samudera Atlantik juga sangat berperan dalam sejarah pelayaran dunia.
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Samudra Atlantik, Karakteristik, dan Profilnya"