Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Komunikasi Global, Sejarah, Pendekatan, dan Komunikasi Global Saat Ini

Pengertian Komunikasi Global, Sejarah, Pendekatan, dan Komunikasi Global Saat Ini


A. Pengertian Komunikasi Global

Komunikasi global adalah kemampuan untuk menyediakan dan mengakses informasi lintas budaya melalui berbicara, mendengarkan, atau membaca dan menulis. Komunikasi global atau komunikasi internasional sebagai satu lapangan studi muncul pada abad ke-20, terutama setelah perang dunia kedua dan memasuki perang dingin. Perkembangan ini semakin pesat terjadi terutama pada tahun 80-an di mana telekomunikasi dan teknologi komunikasi berkembang dengan pesat, munculnya negara-negara maju, dan berkembangnya organisasi-organisasi internasional.

Secara umum, Infrastruktur telekomunikasi adalah struktur fisik yang mendasari jaringan komunikasi yang terbentuk dan merupakan pendukung komunikasi jarak jauh. Suasana yang menyebabkan tumbuhnya kajian komunikasi internasional di antaranya,
1. Adanya konflik, perang dan penggunaan propaganda internasional
2. Perkembangan organisasi-organisasi dan diplomasi internasional
3. Penyebaran ideologi dan penggunaan komunikasi untuk menyebarkan pesan-pesan ideologi
4. Perkembangan teknologi komunikasi yang semakin canggih sebagaimana juga cara kita berkomunikasi dalam komunikasi internal.

B. Sejarah Komunikasi Global
Sejak zaman kerajaan Roma, jaringan komunikasi global telah menjadi kunci dalam kelancaran perdagangan, kampanye militer dan pemerintahan. Jaringan informal seperti penjelajah dan pedagang tercatat sudah ada sejak lebih dari ribuan tahun, terutama yang terjadi di area Arab, India, dan Tiongkok. Rute perdagangan seperti rute trans-Asia dan Jalur Sutra yang menghubungkan Tiongkok, India, Persia, hingga ke Eropa membantu tersebarnya ide dan informasi dari satu benua ke benua lainnya. Ide mengenai agama—Budha, Kristen, Islam—merupakan ide yang dapat tersebar dengan luas melalui bentuk komunikasi informal ini.

Ekspansi komunikasi global dapat dilihat sebagai hasil dari perkembangan kapitalisme di abad ke-19. Kebutuhan untuk informasi yang cepat dan dapat diandalkan sangat lah penting bagi ekspansi perdagangan. Inggris menguasai komunikasi internasional pada abad ke-19 melalui kontrolnya terhadap telegraf dan jaringan kabel, dan Amerika Serikat muncul sebagai penguasa informasi setelah Perang Dunia Kedua. Inggris, yang pada masa itu mendominasi rute perdagangan dunia, memiliki teknologi perkapalan dan telekomunikasi yang paling maju. Pada 1837, Samuel Morse menciptakan telegraf nirkabel, teknologi yang memungkinkan persebaran informasi dengan sangat cepat.

Dengan adanya telegraf, komunikasi antara kantor kolonial di Inggris dengan kantor cabang di India dapat terjadi dalam hitungan menit, pada masa ketika layanan pos memerlukan waktu beberapa hari untuk sampai. Perusahaan asal Inggris mendominasi industri telegraf kabel, yang merupakan jantung dari jaringan informasi internasional, militer, dan propaganda. Setelah Alexander Graham Bell mematenkan teknologi telepon pada 1877, Amerika Serikat menggantikan posisi Inggris dalam dominasi teknologi komunikasi kabel. Telegraf nirkabel tersebut merupakan cikal bakal sistem radio. Pada 1901, Guglielmo Marconi memperlihatkan cara penggunaan pemancar radio nirkabel. Setelah itu, radio menjadi alat telekomunikasi yang lebih disukai karena harga pembuatannya murah serta dapat dijual dan digunakan dalam skala yang besar.

Pada masa itu, spektrum radio dikuasai oleh Amerika Serikat, Inggris, dan Uni Soviet. Ketiga negara ini menggunakan kemampuan radio untuk menjangkau masyarakat luas untuk manajemen opini publik dan propaganda oleh kelompok politik dan pemerintah. Komunikasi internasional pada abad ke-19 mengalami kemajuan berkat pembentukan kantor berita. Industri kantor berita mampu menciptakan koran yang memuat informasi, ide, dan periklanan dalam harga yang murah dan bisa diakses oleh jumlah massa yang lebih besar.

Teknologi percetakan yang tadinya hanya terdapat di Eropa akhirnya tersebar ke benua lainnya, memungkinkan koran dari bahasa non-Eropa untuk terbit. Pada 1870, diterbitkan berbagai media cetak lain dalam negara non-Eropa. Di banyak negara Asia, koran digunakan pemimpin negara untuk membangun rasa nasionalisme. Meskipun kemampuan penyebaran informasi dapat dilakukan oleh banyak negara, Amerika Serikat merupakan negara yang memiliki pengaruh terbesar dalam pembentukan budaya dan media. Internasionalisasi budaya secara massal dimulai melalui industri film, yang didominasi oleh Hollywood.

Industri film berkembang dan dapat memunculkan industri musik serta periklanan. Pada abad ke-20, industri periklanan merupakan industri yang vital bagi komunikasi internasional. Dibantu dengan radio dan TV, periklanan dapat membentuk tren yang dikonsumsi oleh masyarakat di seluruh dunia. Sekarang, kita memiliki sistem komunikasi global komersil yang didominasi oleh beberapa perusahaan transnasional. Sistem komunikasi global yang kita miliki ini dapat mendorong terjadinya berbagai perubahan, seperti globalisasi. Selain itu, dengan menganalisis sistem komunikasi global yang ada, kamu juga bisa mempelajari hubungan ketergantungan yang ada antara negara-negara maju dengan negara berkembang.

C. Pendekatan Komunikasi Global
Dalam komunikasi global tentu terdapat pendekatan yang akan mengkaji lebih dalam mengenai komunikasi global itu sendiri di antaranya,
1. Sebagai Instrumen Persuasif
Komunikasi global merupakan salah satu bentuk instrumen persuasif. Di mana komunikasi global sebagai bagian dari komunikasi internasional yang dapat mempengaruhi pihak lain sebagai contoh komunikasi yang tidak efektif . Sebagaimana tujuan utama dari komunikasi persuasif yakni bertujuan untuk mengubah atau memengaruhi kepercayaan, sikap, dan perilaku seseorang sehingga bertindak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh komunikator. Tentu saja hal ini menjadi salah satu pendekatan dari komunikasi global.

2. Instrumen Modernisasi
Komunikasi global juga dapat menjadi bagian dari instrumen modernisasi. Sebab seiring dengan berkembangnya teknologi serta juga perkembangan zaman. Maka sesuatu yang disebut modernisasi tidak dapat dielakkan datangnya, sebab jika tidak mengikutinya maka kita akan tertinggal oleh arus zaman. Pemanfaatan teknologi juga menunjang semakin efektif dan efisiennya sebuah komunikasi global yang dijalankan.

3. Membuka Peluang Hubungan Internasional
Dalam era yang serba tidak mudah kini, banyak negara yang mencoba menjalin hubungan secara serius dengan banyak negara lain. Hal ini tidak lain merupakan salah satu cara dalam membuka hubungan internasional. Terlebih lagi dalam komunikasi global pendekatan seperti ini umum dilakukan. Dan menjadi upaya untuk bisa menjalin hubungan yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak sebagai proses komunikasi dalam organisasi.

4. Transaksi Resmi
Komunikasi global merupakan sebuah bentuk transaksi resmi yang biasanya melibatkan dua atau lebih negara dengan negara lain. Tentunya hal ini hanya dapat dilakukan melalui sebuah proses yang resmi. Sebab, sebuah negara tidak akan melakukan kegiatan atau tindakan yang di luar jalur dari pemerintahannya. Melalui komunikasi global maka akan diperoleh sebuah jalan untuk bisa membuka peluang kerja sama yang lebih luas dan menguntungkan.

5. Transaksi Tidak Resmi
Pendekatan dalam komunikasi global selanjutnya adalah digunakan dalam transaksi tidak resmi. Di mana komunikasi internasional dan komunikasi organisasi dapat terjadi dengan melibatkan masyarakat dan pemerintah. Dalam hal tentu saja masyarakat memiliki peran sentral yang penting dan krusial dalam rangka mewujudkan komunikasi global yang akan dijalankan, juga komunikasi global sebagai komunikasi internasional juga akan memberikan dampak langsung terhadap masyarakat internasional.

6. Pemerintah Sebagai Pelaku Utama
Dalam komunikasi global, pemerintah memegang peranan sentral. Sebab komunikasi global secara umum dilakukan pemerintah dan menjadi bagian dari cara untuk menjalin hubungan internasional dengan negara lain sebagai proses komunikasi efektif . Pemerintah juga merupakan bahan dari pelaku utama jalannya komunikasi global. Pemerintah membangun koneksi yang luas dan menyeluruh dalam rangka menjalin komunikasi secara global.

7. Berlangsung Antara People to People
Komunikasi global juga dapat berlangsung antara people to people. Di mana banyak orang yang memiliki kemampuan yang baik dalam bahasa asing dapat berkomunikasi bersama. Tentu saja hal ini disebabkan tidak lain karena adanya kesamaan dalam mengerti bahasa yang sama. Terlebih lagi kini hampir semua orang mengerti dan memahami bahasa asing sebagaimana bahasa sehari-hari mereka.

8. Dapat Berlangsung Antara Goverment to Goverment
Komunikasi global secara umum terjadi antara goverment to goverment. Komunikasi ini sudah biasa dan bisa menjadi rutinitas yang banyak dilakukan oleh banyak negara di dunia. Ini merupakan  sebuah bentuk dalam menjalin sosialisasi dan hubungan internasional yang pastinya akan memberikan keuntungan dan juga memberikan kemudahan dalam berbagai aspek dalam kehidupan sebuah bangsa sebagai pola  komunikasi organisasi . Sebagaimana pentingnya hubungan internasional sebuah negara dengan negara lain maka komunikasi internasional juga sama pentingnya.

9. Fenomena Kontemporer
Fenomena kontemporer mengenai komunikasi internasional yang dapat diamati saat ini, adalah bagaimana hubungan antarnegara kini semakin dinamis dengan perkembangan teknologi informasi penyebab terjadinya konflik dalam komunikasi . Banyak masalah antarnegara yang dibahas dalam bingkai komunikasi internasional, yang tidak melulu masalah politik dan keamanan. Masalah-masalah lingkungan hidup, kesejahteraan, kini juga menjadi masalah bersama di antara banyak negara. Semisal masalah terorisme, masalah ini bukan lagi notabene masalah pemerintah atau negara saja, tetapi telah menjadi masalah masyarakat.

10. Pembahasan Berbagai Masalah yang Terjadi di Dunia
Komunikasi global juga menjadi salah satu forum dalam membahas  berbagai masalah yang ada di dunia. Biasanya hal ini dilakukan oleh negara-negara yang berada dalam satu forum. Di dalamnya dibahas mengenai hal yang berkaitan dengan masalah yang menyita perhatian dunia seperti terorisme, pengungsi perang, konflik antar negara dan juga masalah imigran. Terkadang juga dalam forum ini sekaligus memberikan penawaran mengenai solusi yang dapat diambil.

11. Mendinamiskan Hubungan Internasional
Komunikasi global juga dapat berperang sebagai hal yang mendinamiskan hubungan internasional. Tidak jarang bahwa konflik internasional yang timbul kemudian dapat diselesaikan menggunakan metode ini. Dengan cara ini maka komunikasi akan terjalin dengan intensif. Sehingga akan memperkecil peluang terjadinya konflik yang dapat berakibat pada gangguan terhadap keamanan global sebagai bagian dari komunikasi kepemimpinan .

12. Teknik Penguasaan Politik Luar Negeri
Komunikasi global juga merupakan salah satu bentuk dari penguasaan politik luar negeri. Dalam hal ini komunikasi global memegang peranan yang amat penting. Sebab tentunya elemen utama dalam politik luar negara adalah adanya komunikasi global. Dalam hal ini komunikasi global menjadi bahan penting jalannya komunikasi internasional.

13. Mencapai Tujuan Hubungan Internasional
Penggunaan komunikasi global secara umum digunakan untuk bisa mencapai tujuan internasional. Tentunya tujuan merupakan hal positif yang seyogyanya dapat dicapai. Dengan jalinan komunikasi yang baik.

D. Komunikasi Global Saat Ini
Pada saat ini, komunikasi global tidak hanya dapat dilakukan oleh pihak yang berkuasa.  Infrastruktur internet dan komunikasi global sudah lebih komprehensif dibandingkan teknologi di masa lalu. Sebagai khalayak awam, kamu bisa berhubungan dengan individu di belahan dunia lain dalam waktu yang sangat cepat. Jadi, inti dari komunikasi global adalah mengenai proses berbagi pengetahuan, ide, dan kepercayaan, kepada berbagai individu di dunia. Tidak hanya aktor pemerintah, namun perkembangan teknologi komunikasi memungkinkan kamu juga bisa menjadi aktor komunikasi global.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 2. Modernisasi dan Globalisasi (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2. Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.4 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Ujian Nasional Kompetensi Globalisasi dan Dampaknya       
11. Materi Ringkas Globalisasi dan Dampaknya

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Komunikasi Global, Sejarah, Pendekatan, dan Komunikasi Global Saat Ini"