Pengertian Industri Hulu, Ciri, Tujuan, Manfaat, dan Contohnya

Pengertian Industri Hulu
Industri Hulu
A. Pengertian Industri Hulu
Berdasarkan proses produksinya industri dibedakan menjadi industri hulu dan hilir. Industri hulu dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah industri yang memproduksi bahan baku dan bahan penolong (besi, baja lembaran, dan sebagainya). Dengan kata lain, industri hulu adalah industri yang kegiatannya hanya mengolah bahan- bahan mentah menjadi bahan setengah jadi. Industri hulu ini memiliki sifat hanya menyediakan bahan baku yang dibutuhkan oleh industri lain. Apabila dikaitkan dengan jenis industri berdasarkan letak bahan baku, maka industri hulu ini sama dengan industri manufaktur yang merupakan salah satu jenis industri non ekstraktif.

B. Ciri Industri Hulu
Industri hulu memiliki beberapa ciri di antaranya,
1. Sifatnya tidak padat karya
2. Industri ini kegiatan utamanya hanya menyediakan bahan baku industri lain

C. Tujuan Industri Hulu
Tujuan utama industri hulu adalah menyediakan bahan baku bagi industri- industri yang lain. Adapun tujuan dari industri hulu lebih rinci di antaranya,
1. Menyediakan bahan baku bagi industri- industri yang lain
2. Mengolah kekayaan alam menjadi berbagai barang setengah jadi
3. Membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat
4. Menambah keuntungan.

D. Manfaat Industri Hulu
1. Menambah devisa negara
2. Memajukan potensi pengusaha dalam negeri
3. Menambah keuntungan negara
4. Membuka lapangan pekerjaan
5. Mengurangi jumlah pengangguran
6. Ikut mendorong pertumbuhan ekonomi 

E. Contoh Industri Hulu
1. Industri kayu lapis, salah satu contoh industri-industri hulu yang keberadaannya cukup banyak  adalah industri kayu lapis. Industri kayu lapis merupakan industri pengolahan dari kayu pohon  yang didapat dari jenis-jenis hutan kemudian dipotong- potong menjadi kayu. Hasil dari industri ini bisa digunakan oleh industri lain, seperti pembuatan mebel, alat- alat rumah tangga dan bahan- bahan lain dari kayu yang nantinya siap dipakai.
2. Industri pemintalan kapas, merupakan industri yang mengolah kapas menjadi benang, hasil industri ini kemudian menjadi bahan baku untuk membuat kain. Industri pemintalan kapas juga jumlahnya banyak mengingat kebutuhan akan kain juga banyak.
3. Industri pengolahan logam, Industri pengolahan logam ini merupakan salah satu jenis industri hulu juga. Industri pengolahan logam akan mengolah dari bahan mentah yang berupa logam yang ada di dalam bumi, menjadi lembaran- lembaran logam sebelum nantinya akan dibuat barang- barang lain yang siap pakai.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Industri Hulu, Ciri, Tujuan, Manfaat, dan Contohnya"