Pengertian Globalisasi Politik, Faktor, dan Dampaknya

Pengertian Globalisasi Politik
Globalisasi Politik

A. Pengertian Globalisasi Politik
Globalisasi politik adalah proses masuknya suatu pola atau nilai-nilai yang diterima secara menyeluruh karena membawa pembaharuan yang bersifat positif pada bidang politik, di antaranya kerja sama politik antar Negara dan terbentuknya organisasi internasional multilateral. Globalisasi politik disebut juga global governance.

B. Faktor Pendorong Globalisasi Politik
1. Munculnya Mekanisme Pemerintahan Internasional dan Regional
2. Munculnya Organisasi Antarpemerintahan dan Organisasi Non-pernerintah Internasional
3. Bubarnya Uni Soviet tahun 1991 dan terjadi peristiwa Jatuhnya Komunisme Model Soviet

C. Dampak Globalisasi Politik
1. Dampak Positif Globalisasi Politik
Adanya globalisasi tentu berpengaruh pada berbagai sektor kehidupan, termasuk di bidang politik. Secara konsep, politik menuntun manusia pada ketertiban dunia, fokus pada pembuatan undang-undang sebagai acuan pemecahan masalah, keamanan dan ketertiban dalam sistem dunia. Berikut beberapa pengaruh positif globalisasi politik di antaranya,
a. Semakin Diakuinya Hak Asasi Manusia
Setiap manusia yang terlahir di dunia memiliki hak asasi. Hal tersebut dianggap sebagai sebuah anugerah dan harus dihormati oleh seluruh manusia di berbagai negara. Artinya, hak asasi memiliki diakui secara global, termasuk hak asasi politik.
b. Terbentuknya Sistem Politik
Sistem politik digunakan untuk mencapai kebaikan bersama. Artinya, sistem ini sengaja dibuat untuk menciptakan tujuan bersama di berbagai bidang. Indonesia juga memiliki sistem politiknya sendiri. Dalam pembentukannya, rakyat Indonesia berhak membentuk sistem politik yang mereka terapkan.
c. Tercipta Hubungan Diplomatik Antar Negara
Hubungan ini diciptakan untuk menjalin kerja sama antar negara, baik di bidang politik, ekonomi, budaya, hingga aspek kenegaraan lainnya. Hubungan diplomatik makin meningkat dibarengi dengan tingginya arus globalisasi.

2. Dampak Negatif Globalisasi Politik
a. Ideologi asing makin mudah masuk ke sebuah negara
b. Negara makin kehilangan identitas
c. Nasionalisme makin luntur
d. Kebebasan makin tak terbatas
e. Menghalalkan berbagai cara berpolitik
f. Konflik antar negara makin meningkat
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Globalisasi Politik, Faktor, dan Dampaknya"