Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Globalisasi Budaya, Ciri, Penyebab, Bentuk, Dampak, Usaha Menanggulangi Dampak Negatifnya

Pengertian Globalisasi Budaya, Ciri, Penyebab, Bentuk, Dampak, Usaha Menanggulangi Dampak Negatifnya


A. Pengertian Globalisasi Budaya

Globalisasi budaya adalah penyebaran gagasan, makna, dan nilai ke seluruh dunia dengan cara tertentu untuk memperluas dan mempererat hubungan sosial. Globalisasi budaya ditandai dengan mulai masuknya budaya lain ke suatu negara berupa, pakaian, gaya hidup, selera, dan lain-lain yang dapat mengubah kebiasaan hidup masyarakat.

Globalisasi budaya mendorong konsumsi budaya bersama yang dibantu oleh Internet, media budaya masyarakat, dan perjalanan luar negeri. Konsumsi budaya bersama turut meningkatkan pertukaran barang dan kolonisasi yang menyebarkan budaya ke seluruh dunia. Penyebaran budaya memungkinkan seseorang terlibat dalam hubungan sosial lintas negara dan kawasan.

Penciptaan dan perluasan hubungan sosial seperti ini tidak terlihat di tingkat material. Globalisasi budaya melibatkan pembentukan norma dan pengetahuan bersama yang sesuai dengan identitas budaya mereka, baik individu atau kelompok. Globalisasi budaya terus meningkatkan keterkaitan penduduk dan kebudayaan di dunia.

Globalisasi Budaya Menurut para Ahli
1. Agung Feriyanto, globalisasi budaya adalah sebuah proses sosial dan interaksi sosial untuk mengintegrasikan seluruh bangsa yang ada di dunia dalam sebuah sistem yang luas. sistem tersebut menyangkut dengan berbagai negara dan melewati batas-batas negara tersebut.
2. Barker, Pengertian globalisasi budaya adalah suatu koneksi global di beberapa bidang dia ntaranya bidang budaya, sosial, ekonomi, dan politik. Bidang yang ada akan mengarah kepada negara tertentu yang ada di dunia, bahkan dapat terjadi sebuah perpaduan dalam penerapannya. Perubahan ini secara tidak sadar akan merasuk ke dalam diri seseorang.

B. Ciri Globalisasi Budaya
1. Semakin banyak terjadinya imigrasi dari suatu negara satu ke negara lainnya
2. Persaingan bebas dalam bidang ekonomi
3. Berkembangnya mode yang dapat dikatakan cukup berskala global, seperti pakaian, film dan lain-lain
4. Penyebaran suatu prinsip multi dari kebudayaan tersebut (multikulturalism), dan juga dapat mudahkan akses atau jalan suatu individu terhadap kebudayaan lain di luar kebudayaannya
5. Berkembangnya turisme dan pariwisata
6. Bertambah banyaknya satu persatu event-event yang sifatnya berskala global, contohnya saja Piala Dunia FIFA. Sehingga, memudahkan proses persebaran budaya agar semakin cepat

C. Penyebab Globalisasi Budaya
1. Masuknya budaya asing ke Indonesia
2. Media yang semakin terbuka dan terjangkau sehingga masyarakat dapat menerima berbagai macam informasi tentang peradaban baru yang datang dari seluruh penjuru dunia

D. Bentuk Globalisasi Budaya
1. Pertukaran Budaya
Pertukaran budaya merupakan salah satu bentuk globalisasi budaya. Ketika terdapat pertukaran ini maka dari negara satu dapat belajar budaya dari negara lain. Hal tersebut sesuai dengan keinginan masing-masing negara untuk saling mempelajari budaya.

Ketika sudah terjadi kerja sama untuk mempelajari dua budaya yang berbeda maka akan terjalin hubungan sosial yang baik. Hal ini apabila terus berlanjut jangan sampai negara lain lebih mengetahui budaya yang kita miliki, sehingga kita kehilangan jati diri.

2. Pertunjukkan Budaya Internasional
Kegiatan ini banyak dilakukan, di beberapa negara yang memiliki ketertarikan dengan budaya yang ada di dunia. Terdapat beberapa universitas di luar negeri baik bagian dalam atau luar negeri mengadakan acara show budaya-budaya dunia. Pertunjukkan ini akan membuat seseorang yang melihat akan tertarik untuk mempelajari budaya yang ada.

3. Pameran Internasional
Pameran seni yang taraf internasional dapat menjadi salah satu bentuk pengenalan budaya Indonesia ke luar negeri. Apabila terus berlanjut akan membuat seseorang terpengaruh oleh budaya lain. Ketika membuat seni lukis dan tertarik dengan arah seni Eropa, maka orang akan cenderung membuat karya yang identik dengan Eropa. Hal terebut juga terjadi pada seseorang yang tertarik dengan budaya Indonesia, maka akan membuat karya yang berkaitan dengan Indonesia.

E. Dampak Globalisasi Budaya
1. Dapat dengan mudah melakukan pertukaran budaya
Cepatnya pertukaran budaya dipengaruhi oleh pengetahuan yang dimiliki masyarakat. Banyak fasilitas untuk melakukan kegiatan ini. Hal ini akan lebih mudah dilakukan ketika ingin melaksanakan pertukaran budaya. Pertukaran budaya akan membuat semakin luas pemahaman seseorang tentang budaya yang ada di berbagai negara. Ketika hal ini sudah terjadi maka dapat dikatakan globalisasi budaya sebagai sarana pengenalan budaya dari dalam negeri ke luar negeri.

2. Terdapat pembaruan dari suatu kesenian
Pengaruh dari globalisasi budaya membuat seseorang akan terpengaruh dengan budaya lain. Pengaruh tersebut kadang tidak terasa secara langsung namun seiring berkembangnya pemikiran seseorang maka akan menyesuaikan dengan hal-hal yang baru. Dapat kita lihat perkembangan yang ada di lingkungan kita, baik dari cara berbicara, bergaul, kesenian, dan lain-lain. Kesenian musik saat ini sudah banyak perkembangan dengan segala perpaduan yang luar biasa. Perpaduan yang sangat tampak ialah perpaduan musik daerah, religi, dan modern. Hal ini menjadi perpaduan yang luar biasa. Perpaduan ini dapat dinikmati oleh siapa pun, bahkan sekarang anak-anak muda sedang tertarik melakukan kolaborasi dengan musik tradisional.

3. Munculnya sikap individualis
Sikap individualis ini juga merupakan pengaruh budaya luar. Ketika terdapat globalisasi budaya maka masyarakat akan mengetahui cara hidup masyarakat di luar negeri. Kita tahu budaya barat berbeda dengan budaya timur, sikap individualisme ini lebih condong pada budaya barat. Apabila diterapkan di budaya timur kurang cocok dan menandakan adanya pergeseran budaya. Ketika hal ini terjadi dan dibiarkan dikhawatirkan antar sesama masyarakat tidak memiliki rasa kebersamaan. Apabila sudah tidak merasakan kebersamaan maka akan mudah terjadi perpecahan.

4. Hilangnya nilai-nilai budaya lokal
Globalisasi budaya tanpa adanya penyaringan budaya, maka akan merusak budaya yang ada. Budaya luar yang terus menggerus maka kita harus mampu memilih dan memilah mana yang paling tepat untuk bangsa kita. Kita sering mendengar ambil sisi baiknya dan tinggalkan sisi buruknya. Hal tersebut dapat menjadi patokan dalam mempelajari budaya lain dengan adanya globalisasi budaya ini.

5. Rusaknya moral masyarakat
Masyarakat yang mendambakan kebebasan sebebas-bebasnya dan mengikuti budaya lain akan membuat moral masyarakat rusak. Hal ini merupakan sesuatu yang sangat memprihatinkan. Keprihatinan ini harus menjadi perhatian khusus agar moral bangsa Indonesia tetap terjaga. Segala jenis etika, sopan santun, cara bertindak, cara berbicara, dan lain-lain merupakan hal yang wajib dipertahankan.

F. Usaha Menanggulangi Dampak Negatif Globalisasi Budaya
1. Mengenali dan mengembangkan nilai seni budaya Indonesia.
2. Menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air dan rasa cinta terhadap kebudayaan dalam negeri.
3. Dilakukan adanya seleksi bagi budaya asing yang ingin masuk ke Indonesia.
4. Memperkuat dan mempertegas jati diri bangsa (identitas nasional) dan memantapkan serta mengembangkan budaya nasional.
5. Memelihara dan mengembangkan budaya nasional bangsanya sendiri sebagai jati diri bangsa dengan salah satu cara yaitu mengirimkan misi kebudayaan dan kesenian dari suatu daerah ke keluar negeri.
6. Melestarikan adat istiadat dan budaya daerah.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 2. Modernisasi dan Globalisasi (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2. Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.4 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Ujian Nasional Kompetensi Globalisasi dan Dampaknya       
11. Materi Ringkas Globalisasi dan Dampaknya

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Pengertian Globalisasi Budaya, Ciri, Penyebab, Bentuk, Dampak, Usaha Menanggulangi Dampak Negatifnya"