Pengertian Dunia

Table of Contents
Pengertian Dunia
Dunia

Bagaimana Konsep Dunia?

Dunia dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah bumi dengan segala sesuatu yang terdapat di atasnya; planet tempat kita hidup; alam kehidupan. Demikian dunia adalah nama umum yang digunakan untuk menyebut keseluruhan peradaban manusia, pengalaman manusia, sejarah, atau kondisi manusia secara umum di seluruh Bumi, atau mengenai segala sesuatu yang terdapat di atasnya.

Dalam konteks filosofi, dunia bisa merujuk pada keseluruhan fisik alam semesta, atau sebuah konsep ontologi. Dalam konteks teologi, dunia biasanya mengacu pada materi atau profan duniawi, lawan dari samawi atau langit, bersifat spiritual, transenden atau sakral. Akhir dunia mengacu pada skenario akhir dari sejarah manusia, sering kali dijelaskan dalam konteks agama.

Sejarah dunia umumnya mencakup perkembangan geopolitik sejak lima ribu tahun yang lalu, dari peradaban pertama hingga saat ini. Populasi dunia adalah jumlah semua penduduk manusia yang menghuni Bumi. Ekonomi dunia adalah perekonomian seluruh masyarakat dunia, terutama dalam konteks globalisasi. Populasi dunia saat ini berjumlah sekitar 7 miliar, yang terbagi menjadi 206 negara berdaulat dan wilayah lainnya.

Pengertian Dunia menurut Para Ahli

1. Ali Isa Othman, dunia sebagai,
a. Segala hal kongkret yang tertentu.
b. Kenikmatan yang diperoleh manusia dari hal-hal yang kongkret.
c. Pengelolaan yang dilakukan manusia terhadap hal kongkret tersebut untuk dinikmatinya.

2. Hasan Muarif Ambary, dunia sebagai
a. Kehidupan dunia hanya merupakan mainan dan senda gurau.
b. Kehidupan dunia jika dibandingkan dengan kehidupan akhirat hanyalah sedikit.
c. Kehidupan dunia ibarat air hujan yang turun dari langit lalu suburlah tumbuh-tumbuhan di muka bumi, padahal tumbuh-tumbuhan itu lalu menjadi kering dan musnah karena angin.
d. Bahwa dunia dan segala isinya adalah salah satu rintangan yang bisa menghalangi seseorang untuk mendekatkan diri pada Allah.

3. Abdullah dan al-Makmun al-Suhrawardy memberikan pengertian dunia sebagai
a. Dunia adalah sebuah penjara bagi orang beriman, dan surga bagi orang kafir.
b. Dunia adalah penyihir yang lebih besar dari pada Harut dan Marut, dan kamu hendaknya menghindarinya.
c. Terkutuklah dunia ini dan terkutuklah semua yang ada di dunia ini, kecuali mengingat Allah dan itu yang akan menolong kamu.

4. Harun Nasution menerangkan pandangan al-Kindi dalam memberikan pengertian dunia, yaitu:
Manusia harus meninggalkan atau melepaskan dirinya dari sifat binatang yang ada pada tubuh manusia, melepaskan sifat-sifat tersebut adalah harus bersifat zahid, jika roh telah dapat meninggalkan keinginan-keinginan badan, bersih dari noda kematerialan dan senantiasa bersifat kritis memikirkan tentang hakikat wujud dia akan menjadi suci dan ketika itu akan dapat menangkap gambaran segala hakikat.

5. Hammudah Abdalati memberikan pengertian dunia sebagai,
Ciptaan Allah dan Dia menjaganya untuk tujuan yang penuh arti secara historis diciptakan dunia ini dengan kehendak-Nya sendiri. Allah berkehendak pula agar hasil ciptaan itu patuh kepada hukum-hukumnya. Semua itu tidak diciptakan dengan kebetulan belaka.

6. Al-Ghazali memberikan pengertian dunia sebagai,
Dunia ini kampung bagi orang yang tiada mempunyai kampung dan harta bagi yang tidak mempunyai harta. Dan untuk dunia, dikumpulkan oleh orang yang tiada berakal. Kepada dunia bermusuh-musuhan orang yang tiada berilmu. Kepada dunia, berdengki orang yang tiada memahami agama. Dan untuk dunia berusaha orang yang tidak mempunyai keyakinan.

7. Syekh Abdul Qadir Al-Jilani memberikan pengertian dunia sebagai,
Dunia adalah hijab (tabir) yang utama dalam hati manusia. Selama hijab itu menjadi sumber ingatan manusia, maka kekallah manusia dalam keterpencilannya dengan Allah, meskipun dia terus beramal. Ia jauh dari Allah karena amal lainnya diganggu oleh ingatan yang bermacam-macam selain Allah yang selalu datang setiap kali dia beramal.

8. Alamah Sayyid Abdullah Haddad menerangkan pandangan Ibrahim bin Adham memberikan pengertian dunia sebagai,
Bahwa kesenangan duniawi, kelezatan, serta pengumbaran syahwat nafsu di dalamnya semuanya itu mengundang kepayahan, bahaya, kerisauan dan kesedihan. Makin besar kesenangan duniawi maka makin besar pula kesedihan sehingga manusia akan mengalami penderitaan. Sebaliknya makin sedikit kesenangan duniawi maka makin sedikit pula kesedihan sehingga manusia akan mengalami kedamaian hati.

9. Amin Syukur menerangkan pandangan para Zahid dalam memberikan pengertian dunia sebagai,
a. Hasan al-Basri mengatakan bahwa dunia adalah rumah amal. Barang siapa menggelutinya atas dasar senang dan cinta kepadanya akan celaka dan Allah akan menghanyutkan baginya, kemudian dunia menyerahkan kepada sesuatu yang tidak mampu bersabar dan menanggung siksa.
b. Rabiah al-Adawiyah menganggap dunia sebagai hijab antara dirinya dengan Tuhan. Dia mencintai-Nya dan menjauhi dunia semata-mata karena ingin tersingkapnya hijab itu sehingga bisa mencapai makrifat kepadanya.
c. Ibn Ataillah mengatakan bahwa dunia sebagai tempat segala sesuatu yang rusak, sebagai sumber kekotoran hati agar seseorang mau zuhud daripadanya. Dengan zuhud seseorang dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas amalnya.
d. Alwi al-Haddad mengatakan bahwa dunia adalah sesuatu yang terkutuk kecuali yang ditujukan guna mencapai keridhoan Allah swt. Siapa saja yang mengambilnya lebih dari keperluannya seperti orang yang mengambil kebinasaan. Buah makrifat seperti ini secara batiniah meninggalkan kecenderungan kepada dunia dan secara lahiriah meninggalkan perbuatan yang memenuhi kecenderungan hawa nafsu.
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment