Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Benua Amerika dan Profilnya

Pengertian Benua Amerika dan Profilnya


A. Pengertian Benua Amerika

Benua Amerika adalah sebuah benua di dunia yang merujuk kepada wilayah daratan di antara Samudra Pasifik dan Samudra Atlantik. Benua Amerika adalah benua terbesar ke 2 di dunia setelah Benua Asia .Luas wilayahnya ± 42.292.000 Km². Benua ini umumnya dibagi menjadi 3 yaitu Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Istilah ini juga merujuk kepada wilayah Karibia, pulau-pulau sekitar Laut Karibia, dan Greenland (namun bukan Islandia).

Wilayah Amerika Tengah merupakan daratan sempit memanjang yang menghubungkan antara Amerika Utara dan Amerika Selatan. Secara astronomis, Benua Amerika terletak antara 83° LU - 55° LS dan 170° BT - 35° BB. Secara geografis letak Benua Amerika sebelah Barat berbatasan dengan Samudera Pasifik dan Laut Bering, sebelah timur berbatasan dengan Samudera Atlantik dan Laut Karibia, sebelah utara berbatasan dengan Laut Es dan Selat Davis, dan sebelah selatan berbatasan dengan Laut Kutub Selatan. Nama Amerika diambil dari nama pertama orang Eropa yang menjelajahi benua ini yaitu "Amerigo Vespucci."

B. Profil Benua Amerika
1. Letak dan Luas Benua Amerika
Secara astronomis Benua Amerika terletak antara 72oLU – 59oLS dan 163oBB – 360oBB. Amerika adalah benua terbesar sesudah Asia. Luasnya ±42.575.526 km2, dengan batas-batas geografis di antaranya,
a. Sebelah utara : Samudra Arktik
b. Sebelah timur : Samudra Atlantik
c. Sebelah selatan : Selat Drake
d. Sebelah barat : Samudra Pasifik

Wilayah Benua Amerika, terbagi atas tiga wilayah di antaranya,
a. Wilayah Amerika Utara
Terbentang dari Kutub Utara ke selatan sampai dengan Jazirah Florida dan dari Samudra Pasifik ke timur sampai Samudra Atlantik, mencakup bagian utara Meksiko, Teluk Meksiko, daratan Amerika Serikat, Kanada, dan Kepulauan Arktik. Luas wilayah Amerika Utara ±24.500.000 km².

b. Wilayah Amerika Tengah
Meliputi suatu wilayah Kepulauan Karibia di Samudra Atlantik dan daratan Amerika Tengah, (mencakup seluruh Meksiko). Luas wilayah Amerika Tengah ±253.926 km².

c. Wilayah Amerika Selatan
Terbentang dari Terusan Panama sampai dengan Semenanjung Horn di selatan di wilayah Argentina. Wilayahnya meliputi yaitu Argentina, Brasil, Bolivia, Chili, Columbia, Ekuador, Guyana, Paraguay, Peru, Suriname, Uruguay, Venezuela, serta Guyana Prancis dan Kepulauan Falkland. Luas wilayah Amerika Selatan ±17.821.601 km².

2. Ciri Benua Amerika
Ciri-ciri khusus Benua Amerika ditinjau dari karakteristik geografis di antaranya,
a. Air terjun Niagara sebagai air terjun yang terkenal di dunia. Air terjun ini terletak di perbatasan antara Kanada dan Amerika Serikat. Luas air terjun ini mencapai 250.000 mil persegi. Bahkan, air terjun ini mampu menampung air hingga mencapai 250.000 kaki kubik per jam.
b. Hollywood yang terletak di Amerika Serikat merupakan pusat industri film yang paling terkenal dan menjadi impian bagi setiap aktor dan aktris di dunia.
c. Pusat industri komputer.
d. Mata uang yang digunakan yaitu uang dolar. Mata uang ini digunakan sebagai mata uang internasional.
e. Negara Brasil merupakan negara yang mampu menghasilkan kopi terbesar di dunia.
f. Lembah Amazon menjadi lembah yang paling besar di dunia.
g. Padang pasir Atacania yang terletak di Cili merupakan padang pasir yang paling kering di dunia.

3. Negara di Benua Amerika
Negara-negara di Benua Amerika di antaranya,
a. Negara Amerika Utara
a) Kanada
b) Amerika Serikat
c) Meksiko

b. Negara Amerika Tengah
a) Guatemala
b) Puerto Rico
c) Belize
d) Christopher Nevis
e) San Salvador
f) Antiqua dan Bermuda
g) Honduras
h) Guadeloupe
i) Nicaragua
j) Dominika
k) Costarica
l) Martinique
m) Panama
n) Lucia
o) Kuba
p) Vincent
q) Bahama
r) Barbados
s) Jamaika
t) Greneda
u) Haiti
v) Trinidad dan Tobago
w) Dominika

c. Negara Amerika Selatan
a) Argentina
b) Paraguay
c) Bolivia
d) Peru
e) Brazil
f) Suriname
g) Chili
h) Uruguay
i) Ekuador
j) Venezuela
k) Guyana
l) Columbia

4. Kenampakan Alam
Kenampakan alam yang dimiliki oleh benua Amerika, sangat beragam. Secara geologis benua Amerika terbagi menjadi dua bagian.
a. Bagian barat atau pantai Pasifik merupakan rangkaian pegunungan muda sirkum Pasifik, yaitu pegunungan batu yang terletak di utara dan Cordilleras los andes di selatan.
b. Bagian pantai timur benua Amerika dapat dijumpai kelompok pegunungan tua.

Benua Amerika memiliki pegunungan, daratan tinggi, daratan rendah, dan sungai. Pegunungan Rocky dan Pegunungan Andes menjadi pegunungan utama yang ada di benua Amerika. Di Alaska, puncak tertinggi dari pegunungan berada di dekat pantai. Bahkan, sepertiga dari wilayah Amerika Utara ditutupi oleh pegunungan. Di antara pegunungan-pegunungan tersebut terdapat puncak tertinggi di antaranya,
a. Gunung Aconcagua dengan ketinggian 6960 m di atas permukaan air laut. Gunung ini terletak di negara Argentina.
b. Gunung Bonete dengan ketinggian 6870 m di atas permukaan air laut. Gunung ini terletak di negara Bolivia.
c. Gunung Tupungato dengan ketinggian 6800 m di atas permukaan air laut. Gunung ini terletak di negara Argentina.
d. Gunung Mercedario dengan ketinggian 6770 m di atas permukaan air laut. Gunung ini terletak di negara Argentina.
e. Gunung Huan Carau dengan ketinggian 6723 m di atas permukaan air laut. Gunung ini terletak di negara Peru.

Di antara pegunungan Rocky dan Andes tersebut, terdapat lembah yang dinamakan The Great Basin, Danau Garam Besar, Sungai Colorado, dan Grand Canyon. Pegunungan lain yang berada di Amerika, yaitu pegunungan Sierra Madre Barat dan Pegunungan Sierra Madre Timur, yang terletak di Mexico. Lembah pegunungan tersebut merupakan wilayah bayangan hujan. Puncak tertinggi di benua Amerika yaitu Gunung Aconcagua dengan ketinggian 6960 m, di atas permukaan air laut.

Selain memiliki pegunungan yang utama, benua Amerika juga memiliki sungai utama, yaitu sungai Missisipi, sungai Ohio, dan sungai Missouri yang terletak di Amerika Utara. Selain sungai tersebut, masih terdapat sungai yang lain, yaitu sungai Arkansas dan sungai Red River atau sungai merah. Di Amerika Selatan terdapat sungai Parana, sungai Colorado, sungai Rio Grande dan sungai Amazon. Sungai Amazon merupakan sungai yang terluas di dunia dan terletak di Brazil.

Bagian utara dari benua Amerika terdiri dari pulau-pulau Canadian Shield yang bergeser menuju teluk Hudson. Daerah tersebut merupakan dataran rendah. Sedangkan di sebelah timur Amerika berbatasan dengan dataran tinggi Labrador yang dibatasi oleh sungai St. Lawrence.

Amerika bagian tengah dipisahkan oleh Laut Karibia. Sedangkan, sebelah timurnya banyak pulau – pulau yang ikut bergabung dengan Kepulauan Hindia Barat. Di sebelah selatan, terdapat kepulauan Antila Besar dan kepulauan Antila Kecil. Kemudian, di sebelah utara terdapat negara Kuba dan ada gugusan pulau karang Bahama.

Lebih lanjut, pada bagian Amerika bagian selatan terdapat pegunungan Cordileras de Los Andes. Bagian utara dari pegunungan Cordileras de Los Andes memiliki tiga buah cabang. Cabang-cabang tersebut, yaitu Coldilera Barat, Coldilera Tengah, dan Coldilera Timur. Ketiga Coldilera tersebut dipisahkan oleh lembah sungai Magdalena dan Cauca.

Di sebelah utara (Amerika bagian tengah) ini terdapat dataran tinggi Gulana dan sebelah tenggara terbentang dataran tinggi Brasillia. Lebih lanjut, bentangan alam berupa dataran tinggi utama di antaranya,
a. Dataran tinggi Colorado yang terletak di Amerika Utara.
b. Dataran tinggi Meksiko yang terletak di Amerika Tengah.
c. Dataran tinggi Guyana.
d. Dataran tinggi Brazilia.

Dataran tinggi yang terletak di Amerika bagian utara dinamakan dengan the Great Plains. Sedangkan dataran rendah yang terletak di Amerika bagian utara dinamakan dengan The Interior Plain.  Daerah tersebut merupakan tempat yang digunakan untuk areal pertanian gandum, jagung, kapas, dan peternakan.

Dataran rendah seperti lembah sungai Amazon, ke arah selatan, berhubungan dengan sungai Parana. Kemudian, di sebelah timur pegunungan Andes terdapat dataran tinggi Patagonia. Sedangkan, di ujung selatan terdapat pulau Tanah Api dan Pulau Falkland. Selain itu, benua Amerika juga memiliki beberapa danau, yaitu danau Great Slave, danau Superior, danau Michigan, danau Huron, danau Winipeg, dan danau Eire.

Lebih lanjut, pendapat  lain menyatakan benua Amerika juga memiliki beberapa plato atau dataran tinggi. Plato tersebut terletak di antara pantai barat dan timur di benua Amerika. Plato-plato yang terdapat di benua Amerika ini cukup luas di antaranya,
a. Plato Colorado dan Plato Yukon yang terdapat di Amerika Utara.
b. Plato British Colombia, Plato Brasil, dan Plato Meksiko yang terletak di Amerika Selatan dan Amerika Tengah.

Penjelasan di atas menunjukkan kenampakan alam yang dimiliki oleh benua Amerika. Pembahasan selanjutnya, akan memberikan penjelasan tentang iklim, flora, dan fauna yang hidup dan berkembang di benua Amerika.

5. Iklim Benua Amerika
Ditinjau dari letak lintangnya, yaitu 590 Lintang Utara (LU) sampai 720 Lintang Selatan (LS), mengakibatkan benua Amerika memiliki variasi iklim yang lengkap. Mulai dari iklim tropis sampai pada iklim kutub. Benua Amerika, ketika memasuki musim panas bertiup angin kering yang panas dari Teluk Mexico menuju utara. Kemudian, pada musim dingin, bertiup angin basah dari utara yang disertai dengan topan salju.

Angin barat bertiup di pantai barat Amerika Serikat dan Chili selatan. Angin barat yang melewati pegunungan Andes turun menuju Patagonia. Angin ini merupakan angin kering yang memunculkan guru dan prairie atau Sabana-Stepa. Selanjutnya, daerah pantai barat memiliki iklim sub-tropis. Angin pasat tenggara dan angin pasat timur laut dari Atlantik menurunkan curah hujan di sepanjang tahun. Sedangkan, di Amazon beriklim tropis yang basah. Amerika Utara dan Kanada memiliki iklim kutub. Kemudian, di Argentina memiliki iklim sedang, namun kering. Hal tersebut disebabkan letak Argentina yang berada di daerah bayangan hujan.

Lebih lanjut, iklim yang ada di benua Amerika dapat dijelaskan menjadi beberapa iklim di antaranya,
a. Iklim kutub atau dingin yang banyak mempengaruhi wilayah paling utara dari benua Amerika.
b. Iklim sedang atau sub-tropis yang banyak mempengaruhi wilayah sebelah selatan iklim kutub. Selain itu, juga terdapat di daerah muara sungai Missisippi dan di sekitar tanjung Kennedy yang terletak di Florida.
c. Iklim tropis yang dapat dijumpai di Amerika tengah dan sebagian lagi di Amerika Selatan.
d. Iklim semi gurun dan gurun yang dapat ditemui di daerah bayangan hujan atau daerah – daerah yang terletak di balik pegunungan.
e. Iklim kontinental atau iklim darat yang terdapat di sekitar danau-danau besar. Tepatnya di bagian timur Amerika Serikat sampai perbatasan Kanada.
f. Iklim laut yang berada di sepanjang utara pantai Samudra Pasifik, pantai barat Kanada, Amerika Serikat, dan Cili.
g. Iklim stepa merupakan iklim yang dapat ditemui di sebelah timur pegunungan Rocky sampai menuju Kanasa dan di dataran tinggi Brasil yang terletak di Amerika Selatan.
h. Iklim kering yang dapat ditemui di Amerika serikat bagian barat, tepatnya di gurun Mojave dan pantai Cili yang terletak di Amerika Selatan. Selain, kedua wilayah tersebut, juga dapat ditemui di Pegunungan Rocky bagian barat.

6. Flora dan Fauna Benua Amerika
a. Flora Benua Amerika
Sama halnya dengan benua yang lain. Flora yang tumbuh di benua Amerika dibedakan berdasarkan iklim yang berkembang di benua tersebut. Daerah yang mengalami iklim kutub, tumbuh sejenis tumbuhan cemara dan tumbuhan kutub yang lain. sedangkan di bagian tengah yang memiliki iklim sub-tropis tumbuh hutan sub-tropis dan buah-buahan, sayuran, dan macam-macam bunga.

Tanaman daerah tropis yang memiliki hutan hujan tropis, banyak tumbuh di daerah Colombia, Venezuela, Equador, dan Brasil. Sedangkan, di bagian selatan memiliki iklim sedang tumbuh tanaman sub – tropis. Tanaman-tanaman tersebut yaitu cemara, hikori, sprace, artemisia, sequdea, firdouglas, juniperus, ciprus, dan bakau.

Benua Amerika juga memiliki hutan. Banyak terdapat hutan berdaun jarum, terutama yang terletak di Kanada pantai barat Amerika Serikat dan Argentina di bagian selatan. Kemudian, hutan hujan tropis yang dapat ditemui di Amerika Latin. Tepatnya di Pegunungan Oksidental yang terletak di Meksiko, Ledok Amazon, Guyana, dan Kolombia. Sepanjang sungai Amazon yang merupakan kawasan hutan hujan tropis yang terlebat di dunia dinamakan dengan Selva.

Lebih lanjut, benua Amerika juga memiliki sabana. Sabana terletak di bagian utara dan selatan. Terutama di dataran tinggi Guyana, Brasil dan Ledok Orinoko. Sabana yang banyak tumbuh di daerah dataran tinggi di Brasil ini dinamakan dengan Ilano atau Campo. Kemudian, padang rumput atau juga disebut dengan prairi. Padang rumput ini terdapat di Amerika Utara yang membentang di bagian tengah.

Sedangkan tumbuhan gurun dan semi gurun juga terdapat di daerah bayangan hujan, antara lain plato yang terletak di antara Pegunungan Rocky dan Sierra Nevada dan Gurun Basin, Mojave, Sonora, dan Chihuahua yang ada di Meksiko. Jenis tumbuhan seperti lumut dan rumput kecil juga terdapat di bagian paling utara benua Amerika dan selatan benua Amerika.

b. Fauna Benua Amerika
Fauna yang  berkembang biak di benua Amerika ini sangat kompleks. Kekompleksan dari fauna ini dibagi ke dalam dua wilayah di antaranya,
a) Fauna kawasan Nearktik. Fauna ini meliputi Amerika utara hingga sampai perbatasan barat Meksiko.
b) Fauna kawasan Neotropik. Fauna ini meliputi seluruh kawasan yang ada di Amerika Latin. Di daerah sini banyak terdapat ikan Piranha, Belut Listrik, dan Llama.

Di belahan wilayah benua Amerika yang memiliki iklim kutub, hidup hewan sejenis pinguin, anjing laut, beruang kutub, dan ikan paus. Sedangkan, daerah di Amerika yang memiliki iklim tundra, terdapat hewan rusa, caribou, dan rusa kutub.

Kemudian, di daerah gurun, hewan yang hidup di sana, kebanyakan hewan melata dan serangga, terutama yang sejenis ular. Fauna yang hidup di daerah yang berumput, antara lain bison, kalkun, katak berekor, kancil, dan rusa tutul. Sedangkan, didaerah padang rumput, dapat ditemui beruang hitam, rusa, serigala, dan rubah.

7. Keadaan Penduduk Benua Eropa
Penduduk yang mendiami wilayah Amerika dapat dikatakan majemuk. Hal tersebut disebabkan terdapat orang-orang dari segala bangsa yang hidup di Amerika. Pada tahun 2006, jumlah penduduk yang menempati wilayah benua Amerika berjumlah 581.449.000 jiwa. Meskipun demikian, penduduk asli benua Amerika, yaitu suku Indian. Pada saat ini terdapat beberapa suku Indian di antaranya,
a. Suku Indian Murni
b. Suku Indian Meztizos
c. Suku Indian Zambo
d. Suku Indian Mulatoz

Suku Indian merupakan percampuran antara orang kulit putih dengan ras lain, baik dari Afrika maupun Asia. Selain, suku Ondian, penduduk asli benua Amerika yaitu orang Eskimo.

Pertumbuhan penduduk di benua Amerika, rata-rata mencapai 0,5% per tahun. Sedangkan, pertumbuhan penduduk di Amerika Latin dan Kepulauan Karibia sekitar 1,7% per tahun. Pendapat lain menyatakan bahwa penduduk yang mendiami wilayah benua Amerika, dibedakan menjadi tiga jenis penduduk di antaranya,
a. Penduduk asli. Merupakan suku bangsa asli yang hidup di wilayah Amerika Serikat, Amerika tengah bagian timur, dan Amerika Latin. Suku bangsa ini yaitu suku Indian. Selain suku Indian, juga terdapat suku Eskimo. Suku Eskimo ini hidup di daerah kutub. Orang Eskimo terkenal dengan rumahnya yang antik. Rumahnya tersebut terbuat dari es yang disebut dengan Iglo. Kedua suku tersebut, baik suku Indian maupun Suku Eskimo merupakan penduduk minoritas di benua Amerika.

b. Penduduk pendatang. Penduduk pendatang ini terdiri dari
a) Orang-orang Eropa, yang terdiri dari Inggris, Prancis, Spanyol, Belanda, dan Portugis.
b) Orang-orang Asia, yang terdiri dari Cina, Jepang, dan Melayu.
c) Orang-orang Afrika, yang terdiri dari orang-orang Negro yang terkenal dengan sebutan Black American.

c. Penduduk campuran. Penduduk campuran ini, antara lain
a) Ras Mulato merupakan percampuran antara kulit putih dan kulit hitam.
b) Ras Mestizo merupakan percampuran antara kulit putih dan Indian.
c) Ras Zambo merupakan percampuran antara Indian dan Negro.

Kepadatan penduduk di benua Amerika ini rata-rata 18,34 jiwa/ km2. Sedangkan , pemusatan penduduk, terdapat di Amerika Utara dan Amerika Tengah, sebesar 75% dari jumlah keseluruhan penduduk di benua Amerika. Lebih lanjut, sekitar 75% dari keseluruhan jumlah penduduk di benua Amerika, bermukim di daerah perkotaan.

8. Kegiatan Ekonomi Benua Amerika
Kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh penduduk benua Amerika di dominasi oleh jasa dan industri. Sedangkan, kegiatan pertanian hanya dilakukan oleh sebagian kecil dari penduduk di Amerika, sekitar 5% saja. Meskipun, pengelolaan pertanian hanya dilakukan oleh sebagian kecil dari penduduk Amerika, namun lahan yang tersedia cukup luas dan dapat dikelola dengan baik. Jenis tanaman dalam kegiatan pertanian, antara lain gandum, jagung, kapas, barley, sayuran, dan buah-buahan.

Kegiatan industri yang dilakukan penduduk Amerika berada di sekitar danau Besar, Chicago, Detroit, Toronto, Montreal, Pittsburgh, dan Quebec. Wilayah-wilayah tersebut merupakan kota industri yang utama di Amerika Utara.

Selanjutnya, kegiatan peternakan. Daerah yang digunakan untuk peternakan penduduk Amerika berada di padang rumput atau lereng Pegunungan Rocky. Hasil peternakan berupa susu, daging, wol, keju, dan mentega. Sedangkan, kegiatan peternakan, berada di wilayah pantai utara, danau besar, Laut Karibia, dan Samudra Atlantik. Kegiatan pertambangan banyak ditemukan di Amerika Latin. Barang tambang yang dihasilkan yaitu minyak bumi, batu bara, timah, bijih besi, nikel, uranium, dan tembaga.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 2. Modernisasi dan Globalisasi (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2. Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.4 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Ujian Nasional Kompetensi Globalisasi dan Dampaknya       
11. Materi Ringkas Globalisasi dan Dampaknya

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Benua Amerika dan Profilnya"