Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Australia, Benua Australia, Sejarah, dan Profilnya

Pengertian Australia, Benua Australia, Sejarah, dan Profilnya


A. Pengertian Australia, Benua Australia

Australia (Commonwealth of Australia) adalah sebuah negara di belahan selatan yang terdiri dari daratan utama benua Australia, Pulau Tasmania, dan berbagai pulau kecil di Samudra Hindia, dan Samudra Pasifik. Negara-negara yang bertetangga dengannya adalah Indonesia, Timor Leste, dan Papua Nugini di utara; Kepulauan Solomon, Vanuatu, dan Kaledonia Baru di timur-laut; dan Selandia Baru di tenggara.

Australia berasal dari kata australis yang dalam bahasa Latin berarti selatan. Negara ini dalam ragam percakapan sering disebut sebagai Oz sejak awal abad ke-20. Aussie adalah istilah percakapan bagi "orang/bangsa Australia". Bentuk kata sifat bahasa Belanda Australische digunakan dalam buku berbahasa Belanda di Batavia (Jakarta) pada tahun 1638, yang merujuk pada daratan yang baru saja ditemukan di selatan.

Pada tahun 1606, imigran Eropa yang datang ke Benua Australia adalah orang-orang Belanda. Namun, di akhir abad ke-18, Inggris menduduki benua ini, dan menjadikannya sebagai tempat pembuangan para pelaku kriminal. Pada pertengahan abad ke-19, ditemukan tambang emas di Australia sehingga benua itu pun ramai didatangi para imigran. Sejak itu pula, mereka memperjuangkan kemerdekaan untuk mengatur sendiri Australia, terlepas dari kontrol Inggris. Hingga kini, Australia tergabung dalam Persemakmuran Inggris.
 
B. Sejarah Benua Australia
Australia merupakan benua yang terakhir kali ditemukan di belahan bumi selatan dan merupakan benua yang terkecil. Penemuan benua Australia di dasarkan pada pendapat  yang disampaikan oleh Ptolomeous yang telah menyebut adanya Terra Australis Incognita. Artinya adalah daratan selatan yang belum dikenal. Kemudian, pendapat yang disampaikan oleh Ptolomeous ini direspon oleh seorang pelaut dari Eropa. Pelaut Eropa tersebut sedang berpetualang mencari daratan atau benua di benua selatan tersebut, dan sekaligus penemu benua Australia.

Benua ini ditemukan oleh James Cook. James Cook merupakan seorang laki – laki berkebangsaan Inggris, dan telah menemukan benua Australia pada tahun 1770. Kala itu, James Cook sedang singgah di benua Australia. James Cook yang semula tidak berminat pada benua ini, dia hanya menjadikan benua Australia sebagai tempat pengasingan narapidana dari Inggris. Namun kondisi tersebut berubah. Ketika James Cook menemukan tambang emas pada tahun 1850. Banyak orang – orang Inggris yang mulai berdatangan ke Australia. Mereka bahkan melakukan tindakan kekerasan. Mereka merebut wilayah – wilayah milik penduduk pribumi dengan menggunakan kekerasan.

Kemudian, pada tahun 1844, Abel Tasman merupakan orang Belanda singgah di Pulau Tasmania. Pada saat itu kondisi Australia masih sangat primitif. Namun, memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Kekayaan alam yang luar biasa menjadikan Australia dan Tasmania dijadikan sebagai kerajaan Inggris. Namun, karena orang  - orang Inggris itu pula, kondisi Australia menjadi berubah.

Pada tahun 1901, orang – orang Inggris mulai membentuk pemerintahan sendiri di Australia. Australia sebenarnya merupakan negara yang merdeka, namun tetap mempunyai hubungan yang khusus dengan kerajaan Inggris. Karena memiliki hubungan dengan Inggris. Maka, menempatkan Australia sebagai wilayah kekuasaan kerajaan Inggris. Ratu inggris berperan sebagai kepala negara di Australia. Sedangkan, untuk menjalankan pemerintahan yang ada di Australia dalam kehidupan sehari – hari, maka dipilih seorang perdana menteri. Perdana menteri dipilih melalui pemilu. Kemudian, badan legislatif atau perwakilan rakyat dipegang oleh parlemen.

C. Profil Benua Australia
1. Karakteristik Benua Australia
Benua Australia memiliki karakteristik atau ciri khas yang dapat membedakan dari benua-benua lain yang ada di muka bumi di antaranya,
a. Australia merupakan negara benua, artinya hanya ada satu negara di Benua Australia, yaitu negara Australia.
b. Benua Australia memiliki gugusan terumbu karang terluas di perairan sebelah Timurnya yang dikenal dengan sebutan The Great Barrier Reef.
c. Benua Australia memiliki batuan monolith terbesar, yaitu Ayer’s Rock dengan tinggi 348 m dan panjang 31 Km.
d. Benua Australia sebagian besar wilayahnya berupa kawasan gurun.

2. Luas Wilayah dan Batas Wilayah Benua Australia
Benua Australia yang dinobatkan sebagai benua yang terkecil di dunia. Dikatakan demikian, sebab benua Australia hanya memiliki luas wilayah sekitar 7,7 juta km2, yang membentang dari ujung teluk Carpentaria sampai menuju ke Pulau Tasmania sejauh 3700 Km dan dari pantai barat sampai dengan pantai timur sejauh 3200 Km.

Dengan luas wilayah yang demikian, benua Australia masih dibagi lagi menjadi beberapa negara bagian. Pembagian benua Australia menjadi tujuh bagian dengan ibu kotanya masing – masing (yang nantinya juga akan dijelaskan pada artikel ini). Kemudian, pada tahun 1913, Canbera ditetapkan sebagai ibu kota federal di benua Australia.

Benua Australia ini merupakan sebuah benua, namun juga merupakan negara. Australia ini terletak di sebelah tenggara dari Indonesia. Benua Australia merupakan negara yang maju yang berada sangat jauh dari benua Eropa dan Benua Amerika. Sehingga, secara fisik, benua Australia lebih dekat dengan Asia Tenggara. Secara astronomi, benua Australia berada pada jalur bujur di antara 1130 Bujur Timur (BT) sampai 1550 Bujur Timur (BT) dan berada di garis lintang di antara 100 Lintang Selatan (LS) sampai 430 Lintang Selatan (LS). Secara geografis, batas – batas wilayah yang dimiliki oleh benua Australia, yaitu sebagai berikut.
a. Sebelah Utara berbatasan dengan Indonesia, Timor Leste, laut Arafuru, dan Papua Nugini.
b. Sebelah Timur berbatasan dengan Samudra Pasifik, Laut Koral, Laut Tasman, dan Selandia Baru.
c. Sebelah Selatan berbatasan dengan Samudra Hindia dan Laut Timor.
d. Sebelah Barat berbatasan dengan Samudra Hindia dan Laut Timor.

3. Pembagian Wilayah Benua Australia
Benua Australia dibagi menjadi delapan negara bagian. Hal tersebut disebabkan benua Australia merupakan suatu negara persemakmuran yang dikelompokkan menjadi 6 negara bagian dan 2 teritorial.
Berbeda dengan benua – benua yang lain yang masing-masing dibagi menurut wilayah, kemudian baru negara bagian. Benua Australia tidak demikian. Benua ini hanya memiliki 8 negara bagian, yaitu sebagai berikut.
a. Queensland merupakan suatu negara bagian yang ada di Australia dan terletak di sebelah timur laut benua ini. Batas – batas wilayah untuk Queensland, yaitu sebagai berikut.
a) Sebelah barat berbatasan dengan Australia selatan dan Australia utara.
b) Sebelah utara berbatasan dengan Teluk Carpentaria.
c) Sebelah timur berbatasan dengan Laut Koral.
d) Sebelah selatan berbatasan dengan New South Wales.

b. New South Wales, merupakan salah satu negara bagian Australia yang terletak di sebelah tenggara. Batas – batas wilayah yang dimiliki oleh negara New South Wales, yaitu sebagai berikut.
a) Sebelah utara berbatasan dengan Queensland.
b) Sebelah selatan berbatasan dengan Victoria.
c) Sebelah timur berbatasan dengan Laut Tasmania.

c. Victoria merupakan salah satu negara yang terletak di Australia yang berada di sebelah selatan. Batas – batas wilayah yang dimiliki oleh negara Victoria, yaitu sebagai berikut.
a) Sebelah utara berbatasan dengan New South Wales.
b) Sebelah barat berbatasan langsung dengan selat Tasmania.

d. Tasmania merupakan salah satu negara bagian di Australia yang terdiri dari sebuah pulau yang besar dan terletak di paling ujung benua Australia ini.

e. Australia Selatan merupakan salah satu negara bagian Australia. Batas – batas wilayah yang dimiliki oleh Australia selatan, yaitu sebagai berikut.
a) Sebelah timur berbatasan dengan Queensland, New South Wales, dan Victoria.
b) Sebelah selatan berbatasan dengan Teluk Australia besar.
c) Sebelah utara berbatasan dengan negara bagian Australia utara.
d) Sebelah barat berbatasan dengan Australia barat.

f. Australia Barat merupakan suatu negara bagian yang wilayahnya paling luas. Luas wilayahnya meliputi 1/3 dari luas benua Australia. Australia barat memiliki dua wilayah teritorial, yaitu:
a) Daerah khusus ibu kota Canberra.
b) Australia utara yang beribukota di Darwin.

4. Keadaan Alam
a. Wilayah Barat dan Tengah, wilayah ini terdiri atas pegunungan Mac Donnell dan Pegunungan Musgrave. Selain itu wilayah ini juga berupa gurun, antara lain: Gurun Pasir Besar, Gurun Pasir Victoria, dan Gurun Pasir Gibson.
b. Wilayah Timur, wilayah ini berupa barisan pegunungan yang memanjang dar Tanjung York sampai Tasmania. Kawasan pegunungan ini disebut Eastern Highlands, merupakan rangkaian Pegunungan Alpen Australia. Gunung tertinggi di Australia adalah Gunung Kosciusko (2.228 m).
c. Wilayah Tengah, terdapat pegunungan Plato dan Barisan Pegunungan Timur. Di antara kedua pegunungan tersebut terdapat Lembah Murray-Darling dan dataran rendah. Danau yang ada di wilayah ini, yaitu: Danau Eyre (merupakan danau terbesar di Australia), Danau Carey, Danau Mackay, Danau Disappoinment, dan Danau Amadeus. Di wilayah tengah juga terdapat gurun Pasir Simpson. Wilayah ini memanjang dari Teluk Carpentaria sampai ke pantai selatan.

Di Benua Australia terdapat karang terbesar di dunia yaitu Karang Penghalang Besar (Great Barrier Reef) adalah kumpulan terumbu karang terbesar dunia yang terdiri dari kurang lebih 3.000 karang dan 900 pulau, yang membentang sepanjang 2.600 Km. Karang ini berlokasi di Laut Koral, lepas pantai Queensland di timur laut Australia. Sebagian besar wilayah karang ini termasuk bagian yang dilindungi oleh Taman Laut Karang Penghalang Besar (Great Barrier Reef Marine Park).

5. Penduduk
Sebagian besar penduduk Australia adalah pendatang dari Inggris. Penduduk asli Australia adalah suku Aborigin (Negro Australia), dengan senjata tradisionalnya Boomerang. Daerah-daerah yang ditempati suku Aborigin disebut Aborigin Reservation. Penduduk Australia sebagian besar beragama Kristen Protestas dan Kristen Katholik, sebagian lagi beragama Islam dan Budha.

6. Pemerintahan
Australia diberi kemerdekaan Inggris pada tanggal 1 Januari 1901. Nama resmi negara Australia adalah Commonwealth of Australia. Australia adalah negara persemakmuran Inggris. Negara persemakmuran adalah perserikatan antarnegara-negara bekas jajahan Inggris yang masih mengakui Inggris sebagai kepala negaranya.

Kepala negara Australia adalah Gubernur Jenderal. Kepala Pemerintahan adalah Perdana Menteri. Australia adalah negara Federal. Negara federal adalah gabungan beberapa negara bagian. Ibu kota Australia adalah Canberra. Australia terdiri atas enam negara bagian dan dua wilayah teritorium. Tiap negara bagian dikepalai oleh Gubernur Jenderal.

7. Bahasa
Hampir tiga per empat orang Australia menetap di kota-kota metropolitan dan kawasan pesisir. Pantai adalah bagian integral identitas Australia. The Lembah Barossa adalah kawasan pengolahan anggur di Australia Selatan. Kurang dari 15% orang Australia tinggal di perkampungan.

Meskipun Australia tidak memiliki bahasa resmi, bahasa Inggris begitu membudaya dan ia menjadi bahasa de facto nasional. Bahasa Inggris Australia adalah varietas utama bahasa dengan aksen dan kosakata yang berbeda. Tata bahasa dan cara pengucapan adalah sama seperti Bahasa Inggris Britania dengan beberapa perkecualian yang cukup terkenal. Menurut sensus 2006, bahasa Inggris adalah satu-satunya bahasa lisan di negara ini untuk hampir 79% populasi.

Bahasa lisan kedua adalah bahasa Italia (1,6%), bahasa Yunani (1,3%), dan bahasa Kanton (1,2%); sebuah proporsi yang meyakinkan bahwa kaum migran generasi pertama dan kedua mampu bicara dalam dua bahasa. Sebuah penelitian dari tahun 2010-2011 oleh Indeks Pembangunan Dini Australia menemukan bahwa bahasa lisan yang paling lazim bagi kanak-kanak selain bahasa Inggris adalah bahasa Arab, diikuti oleh bahasa Vietnam, bahasa Yunani, bahasa Cina, dan bahasa Hindi.

Kira-kira 200 sampai 300 bahasa asli Australia diduga masih bertahan pada saat orang Eropa pertama melakukan kontak dengan Aborigin, kini hanya 70 bahasa yang masih lestari. Sebagian besar darinya hanya dituturkan oleh orang tua; hanya 18 bahasa asli Australia yang masih dituturkan oleh semua kelompok umur. Pada Sensus 2006, 52.000 orang asli Australia, mewakili 12% penduduk asli, dilaporkan bahwa mereka menggunakan bahasa asli di rumah. Australia memiliki bahasa isyarat yang dikenal sebagai Auslan, yang menjadi bahasa utama kira-kira 5.500 tunarungu.

8. Agama
Australia tidak memiliki agama resmi. Menurut sensus 2006, 64% orang Australia mengaku sebagai Kristen, termasuk 26%-nya sebagai Katolik Roma dan 19%-nya sebagai Komuni Anglikan. Kira-kira 19% populasi menyatakan diri sebagai “ireligius” (termasuk humanisme, ateisme, agnostisisme, dan rasionalisme), yang merupakan kelompok yang paling cepat berkembang dari tahun 2001 sampai 2006, dan lebih dari 12% tidak menjawab (jawabannya opsional) atau tidak memberikan tanggapan yang memenuhi syarat penafsiran.

Agama terbesar yang bukan Kristen di Australia adalah Buddha(2,1%), diikuti oleh Islam (1,7%), Hindu (0,8%), dan Yahudi (0,5%). Semuanya, kurang dari 6% orang Australia yang menyatakan diri bukan penganut Kristen. Kehadiran mingguan pada tahun 2004 adalah sekira 1,5 juta umat: kira-kira 7,5% populasi. Di Australia, Agama tidak memainkan peran sentral dalam kehidupan banyak orang.

9. Iklim
Berbagai jenis iklim yang terdapat di Australia disebabkan pengaruh faktor garis lintang wilayah, arus samudera, jarak dari pantai, keadaan suhu dan angin, serta bentang alam. Berdasarkan garis lintangnya. Australia mempunyai iklim yang bervariasi antara bagian utara dan bagian selatan.

Bagian utara beriklim tropis dengan suhu udara rata-rata 21 derajat C sampai 27 derajat C, sedangkan bagian selatan beriklim subtropis dan iklim sedang dengan suhu sekitar 5 derajat C pada musim dingin, dengan rata-rata suhu tahunan berkisar antara 16 derajat C dan 21 derajat C.

Di wilayah bagian tengah udaranya lebih kering dan berupa gurun pasir serta curah hujannya sedikit. Curah hujan yang paling banyak terjadi adalah di bagian timur dan utara. Bagian selatan Victoria dan Tasmania mempunyai iklim laut dengan suhu udara yang sejuk dan hujan turun pada musim dingin. Di hulu lembah sungai Murray serta barat daya Australia terdapat iklim mediterania yang panas dan kering pada musim panas, tetapi sejuk dan basah pada musim dingin.

10. Bentang Alam
Secara umum bentang alam Australia dapat dibagi menjadi tiga bagian di antaranya,
a. Plato Barat
Plato-plato di daerah ini terdiri atas gurun, termasuk gurun pasir besar di bagian utara dan gurun besar Victoria di bagian selatan. Beberapa batuan yang ada di daerah ini termasuk salah satu batuan tertua di dunia dan mengandung endapan mineral yang penting seperti bijih besi, intan dan nikel.

b. Dataran Rendah Pedalaman
Daerah ini terdiri dari The Great Artesian Basin, suatu lembah yang tertutup endapan yang terkenal dengan cadangan air tanahnya yang sangat banyak membentang dari Teluk Carpentaria di utara sampai Teluk Spencer dan Tanjung Nelson di pantai selatan Australia. Di daerah ini terdapat danau Eyre yang merupakan titik terendah di Australia.

c. Daerah Pegunungan Timur (The Great Dividing Range)
Pegunungan yang membujur sepanjang pantai timur ini dinamakan dividing range karena pegunungan ini membentuk batas pemisah air (watershed) antara daerah aliran sungai yang mengalir ke timur dengan daerah aliran sungai yang mengalir ke barat. Sejajar dengan pantai timur laut Australia terdapat terumbu karang di laut koral (The Great Barrier Reef) yang memanjang searah dengan garis Pantai Wueensland.

11. Gunung dan Pegunungan
Wilayah gurun mendominasi daratan Benua Australia, luasnya ± 1.492.000 km² meliputi Gurun Pasir Besar, Gurun Victoria Besar, Gurun Tanami, Gurun Gibson, Gurun Shimpson, dan Gurun Stewart. Gurun-gurun tersebut pada umumnya merupakan plato, hanya di bagian tengah yang berupa gurun dataran rendah.

Pegunungan di Benua Australia terdapat di bagian Timur dengan bentuk memanjang sejajar pantai sejauh ± 4.000 Km. Rangkaian pegunungan tersebut dikenal dengan sebutan Pegunungan Pemisah Besar (The Great Dividing Ringe). Jalur pegunungan tersebut berawal dari Semenanjung York di Utara (wilayah negara bagian Queensland) dan memanjang sejajar Pantai Timur serta berakhir di kawasan Pantai Selatan (negara bagian Victoria), mencakup Pegunungan Biru (Blue Mountains) di sebelah Barat Sydney dan Pegunungan Salju (Snowy Mountains) yang terletak di sepanjang perbatasan negara bagian New South Wales dan Victoria. Puncak tertinggi Australia berada di sebelah Tenggara, yaitu di Gunung Kosciusko (2.230 m) yang termasuk rangkaian Pegunungan Salju.

12. Dataran Tinggi dan Dataran Rendah
Dataran tinggi Australia terdapat di Plato Barat. Kawasan tersebut dahulu adalah kawasan pegunungan yang telah tererosi selama jutaan tahun. Kawasan plato Barat Australia mencakup Plato Hammersley, Plato Kimberley, dan Plato Tanah Arnhem, termasuk juga wilayah pegunungan dan perbukitan rendah, seperti Pegunungan Mac Donnell, Pegunungan Musgrave, Perbukitan Throssell, dan Perbukitan Robertson. Di kawasan plato Barat ini terdapat ketampakan alam berupa batu cadas raksasa yang disebutAyer’s Rock atau Uluru. Di kawasan plato Barat inilah terletak gurun-gurun Australia yang terkenal, seperti Gurun Victoria Besar, Gurun Pasir Besar, Gurun Gibson, dan Gurun Tanami.

Dataran rendah Australia terdapat di bagian tengah dan Selatan, tepatnya di sebelah Utara Teluk Australia Besar yang disebut dengan Dataran Nurlabor (Nurlabor Plain), di kawasan Danau Eyre, dan di Lembah Sungai Darling di New South Wales. Kawasan dataran rendah tersebut merupakan kawasan air bawah tanah yang membentang sejauh 2.000 Km dari Utara ke Selatan dan 1.600 km dari Timur ke Barat. Cekungan tersebut terletak di bawah dataran tengah dan mencakup tiga perempat Queensland, seperempat New South Wales, sepertiga Australia Selatan, dan seperdelapan Daerah Khusus Utara. Air bawah tanah itu dapat dipompa ke luar sebagai air artesis untuk menghidupi domba dan ternak.

13. Sungai dan Danau
Sungai di Australia dapat dibedakan atas sungai yang bersifat permanen dan bersifat periodik. Beberapa sungai yang terdapat di kawasan Plato Barat, yaitu Sungai Ord, Gascoyne, dan Murchison yang semuanya mengalir ke Barat atau Utara. Di sebelah Utara terdapat Cekungan Carpentaria. Di sebelah Selatan Cekungan Carpentaria ada Cekungan Danau Eyre yang sangat luas. Di kawasan ini pada umumnya terdapat sungai periodik yang hanya mengalir pada musim hujan.

Sungai-sungai tersebut mengalir ke danau-danau besar di daerah pedalaman dan tidak pernah sampai ke laut. Salah satu danau besar di kawasan ini adalah Danau Eyre yang merupakan suatu cekungan. Di sebelah Selatan Cekungan Danau Eyre dijumpai Lembah Sungai Murray-Darling yang dialiri oleh kedua sungai terbesar di Australia, yakni Sungai Murray (2.520 km) dan Sungai Darling (3.750 km).

14. Hasil Utama
a. Pertambangan
Hasil tambang Australia adalah emas, nikel, batu bara, tembaga, besi, minyak bumi, gas alam, dan timbal.
a) Emas dihasilkan di New South Wales, Kalgoorlie, dan Australia Barat.
b) Timbal dihasilkan di kota Broken Hill, kawasan paling barat New South Wales, dan Mount Isa
c) Tembaga dihasilkan di Mount Lyell, dekat Queenstown.
d) Bijih besi dihasilkan di Whyalla di Pegunungan Midleback dan kawasan Pilbara
e) Nikel dihasilkan di Kambalda
f) Gas alam dan Minyak bumi di hasilkan di Queensland, Australia Barat, Victoria, dan Pulau Barrow
g) Batubara dihasilkan di hampir semua negara bagian kecuali Victoria

b. Peternakan, hasil peternakan berupa wol, daging biri-biri, susu, dan daging sapi. Australia merupakan penghasil wol terbesar di dunia. Biri-biri dan domba banyak dipelihara di Victoria dan New South Wales. Sapi perah diternakkan di Victoria. Sapi pedaging banyak diternakkan di Australia Timur, Northern Territory, dan Kimberley.
c. Pertanian, hasil pertanian yang utama adalah gandum. Gandum banyak di tanam di Victoria dan New South Wales. Australia merupakan penghasil gandum ketiga terbesar di dunia. Hasil lain dari pertanian adalah jagung, anggur, buah-buahan, dan sayur-sayuran.
d. Industri, industri Australia adalah barang kimia, kapal laut, alat-alat listrik, dan mesin.

15. Flora Dan Fauna
Kebanyakan tanaman dan hewan Australia hanya dijumpai di Australia. Untuk jenis tanaman, pohon kayu eukaliptus merupakan jenis tanaman yang paling banyak ditemui di Australia. Tidak kurang dari 569 jenis pohon eukaliptus dan 772 jenis pohon akasia tersebar di berbagai kondisi iklim dan tempat di Australia. Mallee adalah kawasan hutan yang terdiri atas pohon-pohon eukaliptus rendah dan berdahan banyak serta dijumpai di dekat padang pasir.

Fauna khas Australia dapat digolongkan atas hewan marsupial dan monotrem. Hewan marsupial adalah hewan berkantung. Contohnya adalah koala dan kanguru. Adapun monotrem adalah jenis hewan-hewan yang bertelur, tetapi menyusui anaknya seperti hewan mamalia. Contohnya adalah platypus. Selain itu, kawasan gurun Australia juga menyimpan potensi fauna sejenis reptil berupa ular dan biawak yang hidup di kawasan gurun, bahkan Australia tercatat memiliki berbagai jenis biawak dan ular terbanyak di dunia.

16. Kondisi Sosial
Meskipun Australia merupakan negara yang amat luas, tetapi tidak banyak daerah yang cocok untuk daerah hunian. Daerah-daerah yang paling sesuai untuk hunian adalah daerah pantai yang iklimnya nyaman dan curah hujannya cukup. Daerah pantai Australia sebelah Utara tidak dihuni oleh banyak penduduk karena iklim tropisnya sangat kering, sedangkan daerah pedalaman dan daerah pantai Barat Australia terlalu gersang. Dengan luas tanah 7.682.300 km², rata-rata kepadatan penduduk di Australia hanya sekitar 2 orang/km².

Kebanyakan orang Australia, yakni lebih dari 85% tinggal di kota kecil dan kota besar. Kota-kota tersebut pada umumnya terletak di tepi pantai. Manusia sudah menghuni Australia sejak lama. Penduduk asli Australia disebut orang Aborigin. Dalam bahasa Latin, kata ‘aborigine’ mempunyai arti ‘dari awal mula’. Umumnya, orang percaya bahwa mereka telah tinggal di Australia setidaknya selama 60.000 tahun. Saat ini keberadaan orang Aborigin menjadi minoritas karena banyaknya pendatang dari Eropa, Asia, dan lain-lain.

17. Ekonomi
Tambang Emas Super di Kalgoorlie, tambang terbuka paling besar di Australia.  Australia menganut sistem ekonomi pasar dengan PDB per kapita yang tinggi dan angka kemiskinan yang rendah. Dolar Australia adalah satuan mata uang negara ini, termasuk pula Pulau Natal, Kepulauan Cocos (Keeling), dan Pulau Norfolk, juga negara-negara kepulauan Pasifik yang merdeka, yakni Kiribati, Nauru, dan Tuvalu. Setelah penggabungan Australian Stock Exchange dan Sydney Futures Exchange pada tahun 2006, kini Bursa Efek Australia menjadi bursa saham terbesar ke-9 di dunia.

Menempati peringkat ketiga dalam Indeks Kebebasan Ekonomi (2010), Australia adalah ekonomi terbesar ke-13 di dunia dan memiliki PDB per kapita terbesar ke-9 di dunia; lebih tinggi daripada Britania Raya, Jerman, Perancis, Kanada, Jepang, dan Amerika Serikat. Negara ini menduduki peringkat kedua dalam hal Indeks Pembangunan Manusia PBB Tahun 2010 dan menduduki peringkat pertama dalam hal Indeks Kemakmuran yang diterbitkan oleh Legatum pada Tahun 2008.

Semua kota besar di Australia tidak lagi menjadi objek survey kelayak-hunian komparatif dunia, oleh karena telah melampaui syarat-syarat yang ditentukan; Melbourne mencapai tempat kedua dalam kriteria kota yang paling layak huni di dunia pada tahun 2008 menurut The Economist’, diikuti oleh Perth (ke-4), Adelaide (ke-7), dan Sydney (ke-9) Keseluruhan utang pemerintah di Australia adalah sebesar $ 190 miliar. Harga rumah di Australia adalah di antara yang termahal, sedangkan beberapa level utang rumah tangga adalah di antara yang terbesar di dunia.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 2. Modernisasi dan Globalisasi (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2. Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.4 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Ujian Nasional Kompetensi Globalisasi dan Dampaknya       
11. Materi Ringkas Globalisasi dan Dampaknya

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Australia, Benua Australia, Sejarah, dan Profilnya"