Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Asia, Benua Asia, Ciri, Pembagian Wilayah, dan Gambaran Lengkapnya

Pengertian Asia, Benua Asia, Ciri, Pembagian Wilayah, dan Gambaran Lengkapnya


A. Pengertian Asia, Benua Asia

Asia adalah benua terbesar di bumi yang berbatasan dengan Pegunungan Ural dan Kaukasus serta Samudra Arktika, Pasifik, dan Hindia. Benua ini mencakup 8,7% dari total luas permukaan bumi dan terdiri dari 30% dari luas daratannya. Dengan sekitar 4,3 miliar orang, terdapat 60% dari populasi manusia dunia saat ini. Secara astronomi letak benua Asia berada di antara 11 LS – 80 LU dan 26 BT – 170 BB. Para ahli geografi telah menyatakan bahwa Benua Asia berbatasan langsung dengan Benua Eropa dan Benua Australia serta berada di antara samudra Hindia, Pasifik dan Arktik.

Asal usul nama “Asian” Itu sendiri berasal dari bangsa Yunani yang menggunakannya untuk menunjuk tanah yang terletak di sebelah timur negara mereka. Dipercayai bahwa nama itu berasal dari kata Asyur asu, yang berarti “timur”. Kata Asia ini digunakan dari dulu oleh para penjelajah Barat mencapai Asia Selatan dan Timur di awal zaman modern, mereka memperluas label itu ke seluruh dunia. Karakteristik benua Asia sangat khas berdasarkan beberapa pertimbangan meliputi geografi, lingkungan, sumber daya dan manusianya menjadikan Benua ini berbeda dengan Benua lainnya

B. Ciri Benua Asia
1. Benua Paling Luas di Dunia
Benua Asia adalah Benua paling luas di dunia. Total wilayah Asia dari Wilayah Asia Utara sampai Papua, tetapi tidak termasuk pulau New Guinea luasnya sekitar 44.614.000 km persegi. Kalau dihitung kira-kira sepertiga luas daratan bumi. Pulau-pulau tersebut termasuk Taiwan, Jepang dan Indonesia, Sakhalin dan pulau-pulau lain di Asia Rusia, Sri Lanka , Siprus , dan banyak pulau kecil lainnya  bersama-sama membentuk luasan sekitar 3.210.000 km persegi atau 7 persen dari total luas Benua Asia. Berdasarkan letak geografisnya karakteristik Benua Asia dibagi menjadi beberapa wilayah seperti Asia Utara, Asia Tengah, Asia Barat, Asia Timur, Asia Selatan dan Asia Tenggara.

2. Benua dengan Populasi Terbanyak di Dunia
Selain mempunyai daratan yang sangat luas, Benua Asian juga merupakan benua terpadat di dunia dengan populasi penduduknya sekitar 4,436 Milyar, kalau dihitung sekitar 60 persen dari total populasi dunia. Akan tetapi, populasi di Asia cenderung tidak merata disebabkan karena faktor iklim. Ada konsentrasi populasi di Asia barat serta konsentrasi besar di anak benua India dan bagian timur Cina. Sedangkan, wilayah yang luas di Asia Tengah dan Utara dengan iklimnya yang produktivitas pertanian kecil bisa dibilang masih sedikit penduduknya.

3. Benua yang Paling Tinggi di Dunia
Benua Asia merupakan Benua paling tinggi di dunia karena memiliki kontur wilayah yang tidak rata dikelilingi oleh pegunungan seperti Tibet dan Himalaya. Benua Asia memiliki Puncak tertinggi di dunia yang terdapat pada pegunungan Himalaya dengan puncak Everest. Gunung Everest memiliki puncak dengan ketinggian 29.035 kaki (8.850 meter) di atas permukaan laut.

4. Benua yang Memiliki Dataran Tertinggi di Dunia
Benua Asia memiliki dataran tinggi paling tinggi didunia yang terletak di Dataran tinggi Tibet, Mongolia. Dikenal sebagai “Rooftop of the World,” dataran tinggi ini meliputi area sekitar setengah ukuran Amerika Serikat yang berdekatan dan rata-rata lebih dari 5.000 meter (16.400 kaki) di atas permukaan laut. Selain itu, Benua Asia terdapat dataran tinggi lainnya seperti Dataran tinggi Delau, dataran tinggi Assam di India dan masih banyak lagi.

5. Benua yang Memiliki Titik Terendah di Daratan
Titik terendah di daratan adalah permukaan Laut Mati di Yordania yang diukur pada pertengahan 2010 sekitar 1.410 kaki (430 meter) di bawah permukaan laut.

6. Terdapat Banyak Gurun Pasir
Karakteristik Benua Asia memiliki banyak sekali gurun pasir. Contohnya seperti gurun Gobi yang berada di wilayah Mongolia dan China, luasnya sekitar 1,3 juta km persegi. Selain Gurun Gobi, ada beberapa Gurun lainnya seperti Gurun pasar Arabia, Gurun pasir Turkistan,  Gurun Thar, Gurun Taklamakan, Gurun Ordos dan masih banyak lagi.

7. Asia Tempat Lahirnya Agama Besar
Asia adalah tempat kelahiran semua agama besar dunia seperti Islam, Budha, Hindu, Yahudi dan banyak agama kecil. Dari beberapa agama di atas, hanya Kristen yang berkembang di luar Asia. Agama Buddha memiliki dampak yang lebih besar di luar tempat kelahirannya di India, pengaruh agama ini lazim terdapat dalam aspek kepercayaan di Cina, Korea Selatan, Jepang, negara-negara Asia Tenggara, dan Sri Lanka. Agama Islam telah menyebar dari Arab ke timur ke Asia Selatan dan Tenggara. Sedangkan Agama Hindu penyebarannya terbatas hanya di wilayah India.

8. Memiliki Penduduk  dengan Ras Mongoloid
Pengelompokan suatu penduduk mengenai ciri fisiknya disebut ras. Ciri khas Ras benua Asia terdapat Ras Mongoloid yang tidak ada di Benua lainnya. Ras Mongoloid tidak berkulit hitam maupun berkulit putih, Ras ini berkulit sedang dan mempunyai rambut berwarna hitam. Untuk orang Asia Timur seperti Jepang dan China dicirikan bertubuh pendek, kulit putih oriental dan berambut hitam. Sedangkan orang Asia Tenggara biasanya memiliki tinggi sedang, berkulit sawo matang dan berambut hitam.

C. Pembagian Wilayah Benua Asia
Sebagaimana telah disebutkan, Asia dapat dianggap sebagai suatu bagian dari benua Eurasia yang lebih besar. Asia sendiri sering dibagi-bagi menjadi beberapa wilayah di antaranya,
1. Asia Tengah
a. Rusia
b. Uzbekistan, Tajikistan, Turkmenistan, Kirgizstan, Kazakstan
c. Georgia dan wilayah yang dipertentangkan Abkhazia dan Ossetia Selatan
d. Armenia, Azerbaijan, dan wilayah yang dipertentangkan Nagorno-Karabakh

2. Asia Timur
Asia Timur disebut juga Timur Jauh, karena orang Eropa melihat letak geografisnya sangat jauh dari Eropa.
a. Kepulauan Samudra Pasifik, dan Jepang
b. Semenanjung Korea: Korea Utara dan Korea Selatan
c. Republik Rakyat Tiongkok, daerah administratif khusus Hongkong dan Makau, dan wilayah yang dipertentangkan Tibet dan Taiwan
d. Mongolia

3. Asia Tenggara
Daerah ini mencakup Semenanjung Malaka, Indochina dan kepulauan-kepulauan di Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Negara-negara yang termasuk daerah ini di antaranya,
a. Di daratan Asia Tenggara: Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja, dan Vietnam.
b. Di Kepulauan Asia Tenggara: Malaysia, Filipina, Singapura, Indonesia, Brunei dan Timor-Leste.

Malaysia dibagi menjadi dua bagian oleh Laut Tiongkok Selatan, dan daratan, daratan pertama di Semenanjung Malaka, dan yang kedua ada di Pulau Kalimantan. Dengan ini mempunyai bagian daratan dan bagian kepulauan.
a. Kepulauan Malaysia Timur terdapat pada Pulau Kalimantan. Terdiri dari dua negara bagian Sabah dan Serawak.
b. Kepulauan Malaysia Barat terdapat pada sebelah selatan Thailand. Terdiri dari Selangor, Negeri Sembilan, Kelantan, Johor, Perak, Pahang, dan lain-lain

Pulau Papua di bagian barat yang menjadi milik Indonesia dimasukkan ke Asia Tenggara karena Politik

4. Asia Selatan
a. Negara-negara Himalaya: India (julukan untuk negara India adalah Anak benua Asia atau Asia muka), Pakistan, Nepal, Bhutan dan Bangladesh
b. Negara-negara Samudera Hindia: Sri Lanka dan Maladewa
c. Afganistan dan Iran

5. Asia Barat
Sering dipanggil dengan nama Timur Tengah meski istilah ini juga kadang digunakan untuk merujuk kepada negara-negara di Afrika Utara.
a. Laut Tengah: negara pulau Siprus
b. Levant atau Timur Dekat: Suriah, Yordania, Lebanon dan Irak
c. Jazirah Arab: Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain, Qatar, Oman, Yaman dan kadang juga Kuwait
d. Semenanjung Sinai: Mesir
e. Israel dan Palestina

D. Gambaran Lengkap Benua Asia
Wilayah Benua Asia meliputi daratan luas bagian dari Eurasia tanpa Eropa. Asia merupakan benua terbesar, terkait dengan luas wilayah maupun jumlah penduduknya. Wilayah Asia terbagi menjadi lima, yakni Asia Barat, Asia Timur, Asia Tengah, Asia Tenggara, dan Asia Selatan. Setiap wilayah mempunyai karakteristik fisik yang berbeda.
1. Letak dan Luas Benua Asia
Asia adalah benua terluas. Luasnya mencapai 33% dari seluruh daratan di muka bumi, yakni 44.444.100 km2. Benua Asia berada di bagian timur bumi, dan hampir semua wilayahnya berada di belahan bumi bagian utara (kecuali sebagian wilayah Indonesia). Secara astronomis, Asia terletak antara 77o45’ LU sampai dengan 1o15’ LS dan 26o04’BT sampai dengan 169o40’ BB. Berikut ini batas-batas geografis Asia.
a. Sebelah utara : Samudra Arktik dan Selat Bering.
b. Sebelah selatan : Samudra Hindia.
c. Sebelah barat : Pegunungan Ural (batas dengan Eropa), Laut Kaspia, Pegunungan Kaukasus, Laut Hitam, Laut Tengah, dan Laut Merah.
d. Sebelah timur : Samudra Pasifik.

2. Bentang alam Benua Asia
Topografi wilayah Asia sangat beragam, meliputi jajaran pegunungan tinggi bercampur dengan dataran rendah, dataran tinggi, lembah, serta dataran aluvial. Di bagian tengah Asia terdapat suatu deretan pegunungan tertinggi di dunia (±4.000 m), yaitu meliputi Pegunungan Himalaya, Karakoram, dan Kun Lun, yang melingkupi dataran tinggi Tibet.

Oleh sebab itu, Tibet dijuluki “atap dunia”. Di Pegunungan Himalaya yakni di perbatasan Nepal dan Tibet bisa dijumpai Mount Everest (±8.848 m), adalah titik tertinggi di Asia sekaligus di muka bumi. Semakin ke timur dan tenggara relief Asia semakin melandai, di mana kemudian bisa dijumpai gurun luas, yakni Gurun Gobi. Gurun tersebut membentang di wilayah China dan Mongolia.

Ke arah barat bisa dijumpai plato-plato. Di tepi barat Asia ini membujur Pegunungan Ural dari utara hingga selatan, menjadi batas alam wilayah benua Asia dan Eropa. Beberapa pegunungan lain yaitu Hindu Kush, Tian Shan, Pamirs, Altai, Zagros, Da Hinggan, Sulaiman, Arakan Yoma, dan Kaukasus.

Dataran rendah di Asia berada di sekitar aliran sungai-sungai besar. Sungai-sungai penting di Asia antara lain Sungai Yangtze, Tigris dan Eufrat, Ganga, Huang Ho, Irawadi, dan Mekong. Di muara sungai banyak terbentuk delta sungai yang umumnya subur. Misalnya Delta Sungai Ganga. Cekungan yang terkenal yaitu Laut Kaspia, Danau Aral, Danau Baikal dan Danau Balkash. Titik terendahnya ada di Laut Mati (±395 m di bawah permukaan laut), di kawasan Israel-Yordania.

3. Iklim Benua Asia
Luasnya wilayah Asia, memunculkan karakter iklim yang cukup bervariasi. Variasi iklim juga dipengaruhi faktor lain, seperti topografi yang beragam serta posisi daratan terhadap laut. Dilihat dari ciri-ciri iklimnya, wilayah Asia bisa dikelompokkan menjadi Asia bermusim, kering, dingin, dan Asia tinggi.
a. Asia bermusim (iklim tropis, subtropis, dan musim)
Asia bermusim terdiri dari kawasan Asia Selatan, Asia Tenggara, dan Asia Timur. Iklim di wilayah ini dipengaruhi oleh luasnya lautan, deretan pegunungan, dan sistem angin musim. Wilayah ini mempunyai curah hujan cukup tinggi. Temperatur tahunan di ekuator mencapai ±20oC, sedangkan curah hujan ±2.030 mm per tahun. Di daerah lintang utara, temperatur tahunan pada musim panas mencapai ±27oC dan pada musim dingin ±10oC. Curah hujan mencapai ±1.270 mm per tahun.

b. Asia kering (iklim gurun dan kontinental)
Asia kering, terdiri dari sebagian Asia Timur bagian barat, Asia Tengah (termasuk Rusia bagian Asia), dan Asia Barat. Curah hujan di wilayah ini bervariasi dari ±25 mm per tahun (di wilayah Gurun Gobi) sampai ±250 mm per tahun (di wilayah Asia Tengah).

c. Asia dingin (iklim arktik dan subarktik)
Ciri-ciri iklim arktik dan subarktik yaitu musim dingin berlangsung panjang, sedangkan musim panas sangat singkat. Akibatnya di wilayah tersebut banyak dijumpai vegetasi tundra. Asia dingin dengan ciri iklim tersebut meliputi sebagian besar wilayah Rusia di Asia bagian utara. Iklim di wilayah ini dipengaruhi oleh adanya udara kutub.

d. Asia tinggi (iklim pegunungan)
Asia tinggi, meliputi wilayah Asia yang berada di suatu dataran tinggi (Tibet dan sebagian Mongolia). Iklim di wilayah ini yaitu iklim pegunungan.

4. Keadaan Sosial budaya Benua Asia
Jumlah penduduk Asia pada pertengahan 2007 mencapai 4 milyar jiwa lebih. Asia adalah benua dengan penduduk terpadat, lebih dari 60% populasi dunia berada di Asia. Negara dengan populasi tertinggi adalah Cina. Asia memiliki banyak ragam etnis dan sebagian besar tergolong ras Mongoloid (Cina, Jepang, Mongol, Tibet, dan lain-lain). Etnis terbanyak adalah Cina dan Jepang. Etnis lain adalah Melayu (Asia Tenggara), Dravida (Asia Selatan), dan kulit putih (Asia Barat). Lebih dari 60% penduduk dunia tinggal di wilayah Asia.
a. Agama utama di Asia
ialah Hindu, Islam, dan Buddha. Hindu terutama dianut oleh masyarakat India. Islam merupakan agama utama masyarakat Asia Tenggara dan Barat. Buddha banyak dianut oleh masyarakat Myanmar, Thailand, Sri Lanka, Laos, Kamboja, dan Cina. Beberapa agama lain yaitu Shinto (Jepang), Katolik Roma (Filipina), dan Protestan.

b. Bahasa yang dipergunakan di Asia
antara lain bahasa China, Hindi, Arab, Rusia, Melayu, dan beberapa bahasa lain. Beberapa bahasa di Asia dipengaruhi bahasa asing akibat pendudukan bangsa asing, seperti Inggris, Spanyol, dan Portugal.
 
c. Perekonomian Benua Asia
Sebagian besar negara di wilayah Asia masih tergolong negara berkembang. Perekonomian Asia didominasi oleh suatu kegiatan pertanian, kecuali Israel. Hasil pertanian/perkebunan utama di Asia, antara lain padi, kelapa sawit, karet, kopi, teh, rempah-rempah, sayuran, dan buah-buahan.

Pertambangan di wilayah Asia sangat potensial. Hasil tambang utama, antara lain minyak dan gas bumi, timah, dan batu bara. Pertambangan minyak bumi terutama dihasilkan di wilayah Timur tengah, Indonesia, dan Brunei Darusallam. Walau belum merata, industri di Asia sudah berkembang pesat. Beberapa negara perintis industri yang berhasil yaitu Cina, Jepang, Taiwan, Korea Selatan, dan Singapura, yang dijuluki negara industri baru.

d. Penduduk
Di Asia terdapat Negara dengan penduduk terpadat di dunia, yaitu Republik Rakyat Cina (RRC) 1302.000.000 Jiwa dan di India 1.033.000.000 Jiwa.

5. Negara Terbesar dan Terkecil
Negara Terbesar adalah Asiatik Rusia (1.3119.582 km2 dan Negara dengan wilayah terkecil adalah Maldives di Samudra Hindia (300 km2).

6. Puncak Pegunungan Tertinggi
a. Mount Everest, di Nepal/Cina, Tinggi 8.848 m
b. Godwin Austen, di India, tinggi 8.611 m
c. Kanchenjunga, di India /Nepal tinggi 8.586 m
d. Lhotse, di Cina/Nepal, tinggi 8.516 m
e. Makalu, di Cina/Nepal, tinggi 8.563 m
f. Cho Oyu, di Cina/Nepal, tinggi 8.201 m

7. Sungai Terpanjang
a. Yangtze di Cina Panjang 5.520 Km
b. Ob-Irtysh di Kazakhstan/Rusia Panjang 5.200 Km
c. Mekhong di Cina/Laos/Vietnam Panjang  5.186 Km
d. Hwang Ho di Cina Panjang 4.672 Km
e. Heilong Hiang-Amor di Cina/Rusia Panjang 4.509 Km
f. Yenisey-Angaea-Selenga di Rusia Panjang 4.124 Km
g. Indus di Pakistan Panjang 3.186 Km

8. Danau Terluas
a. Laut Kaspia Luas 371.000 Km2
b. Laut Aral Luas 33.640 Km2
c. Danau Baikal di Russia Luas 30.500 Km2
d. Danau Tonle Sab di Kamboja Luas 2.850 Km

9. Gurun Pasir Terluas
a. Gurun Arabia Luas 2.300.000 km2
b. Gurun Gobi di Cina/Mongolia luas 1.166.000 km2
c. Gurun Kyzylkum di Uzbekistan luas 300.000 km2

10. Puncak Tertinggi dan Titik Terendah Daratan
Puncak tertinggi daratan Asia adalah daratan Mount Everest (8.848m/dpl), sedangkan titik terendah daratan adalah dasar laut mati di Israel/Jordan (400m/dpl).

11. Tempat Terbasah dan Terkering
Tempat terbasah dengan curah hujan tertinggi di Mawsynram India (Rata-rata 11.872 mm/tahun). Tempat Terkering dengan curah hujan terendah di kota Aden Yaman (Rata-rata 46 mm/tahun).

12. Temperatur Ekstrem
Temperatur tinggi pernah terjadi di kota Tirat Zevi Israrel suhu mencapai 53,90C pada 21 Juni 1942. Temperatur terendah pernah terjadi di Oymyajon Russia -67,70C pada 6 Februari 1933

13. Flora dan Fauna
a. Flora
Persebaran Flora di Benua Asia sangat dipengaruhi iklim di kawasannya. Hutan Hujan tropis terdapat di daerah tropis, Seperti di Asia Tenggara dan Asia Selatan.

b. Fauna
Fauna yang diternakan, seperti sapi, kerbau, kuda, domba, dan unta. Di daerah kutub terdapat fauna liar, seperti rusa, beruang kutub, singa laut, dan rubah.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga 

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 2. Modernisasi dan Globalisasi (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2. Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.4 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Ujian Nasional Kompetensi Globalisasi dan Dampaknya       
11. Materi Ringkas Globalisasi dan Dampaknya

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Asia, Benua Asia, Ciri, Pembagian Wilayah, dan Gambaran Lengkapnya"