Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Tepat Waktu, Urgensi, dan Caranya

Pengertian Tepat Waktu, Urgensi, dan Caranya

A. Pengertian Tepat Waktu

Tepat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah tidak ada selisih sedikit pun; tidak kurang dan tidak lebih; persis. Sementara waktu adalah seluruh rangkaian saat ketika proses, perbuatan, atau keadaan berada atau berlangsung. Demikian tepat waktu diartikan sebagai persis dengan suatu keadaan atau peristiwa berlangsung.

Kebalikan dari tepat waktu adalah telat atau terlambat. Sudah menjadi rahasia umum bahwa telat dan tidak tepat waktu adalah hal yang biasa sekali terjadi dalam kehidupan di sekitar kita. Karena menjadi semacam kebiasaan, urusan tepat waktu menjadi hal yang agak sedikit sulit untuk diperbaiki. Padahal, tepat waktu merupakan kebiasaan kecil yang memiliki pengaruh cukup besar. Apalagi jika kita sudah memasuki dunia kerja.

B. Urgensi Tepat Waktu
Berikut beberapa alasan tepat waktu merupakan hal yang penting dalam kehidupan keseharian kita di antaranya,
1. Melatih diri untuk punya target dan menepatinya, tepat waktu akan melatih kita secara tidak langsung untuk punya target dan berusaha menepati target tersebut.
2. Disiplin menjadikanmu orang yang dapat dipercaya, orang yang tepat waktu adalah orang yang mampu mendisiplinkan dirinya sendiri. Sifat disiplin ini adalah hal yang membuat kamu dianggap dapat dipercaya.
3. Menunjukkan dedikasi yang tidak main-main, orang yang tepat waktu tanda bahwa dia berdedikasi terhadap apa pun yang dia kerjakan. Dedikasi ini menjadi nilai plus tersendiri di mata klien bisnis, atau atasan di kantor.
4. Karena waktu adalah hal yang berharga, tepat waktu tanda kamu menghargainya, ada istilah "waktu adalah uang". Karena memang sebegitu berharganya sebuah waktu. Kita tidak bisa mengulang apa yang sudah terlewat. Jadi, tepat waktu merupakan salah satu bentuk perwujudan bahwa kita sangat menghargai waktu yang kita miliki.
5. Kebiasaan ini akan mengantarkanmu pada kesuksesan, hidup ini selalu berpacu dengan waktu. Mampu menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya akan mengantarkan kita pada kesuksesan yang kita ingin capai.

Pentingnya tepat waktu bagi seorang wirausaha di antaranya,
1. Tepat waktu adalah organisasi, keseluruhan kegiatan diarahkan untuk mencapai suatu tujuan. Berhasil tidaknya perjuangan hidup yang hendak dicapai oleh setiap orang terdapat dalam kesempatan yang relatif pendek. Perilaku tepat waktu merupakan landasan untuk membuat konsep dan gagasan.
2. Tepat waktu adalah kekuasaan, waktu yang dihadapi seseorang pada saat sekarang akan menentukan kejadian- kejadian pada masa yang akan datang. Menguasai waktu untuk sekarang akan menentukan pula waktu selanjutnya. Dengan hasil yang diperoleh seseorang sekarang, akan dapat menguasai waktu-waktu yang akan datang.
3. Tepat waktu adalah nilai uang, waktu yang diberikan seseorang untuk dapat menghasilkan sesuatu harus dapat dinilai dengan uang.
4. Tepat waktu adalah ukuran, adalah menentukan berapa lama harus bekerja untuk menghasilkan sesuatu dan berapa lama waktu yang terabaikan yang dapat menimbulkan kerugian.

C. Cara Tepat Waktu
Tepat waktu merupakan hal yang harus selalu diusahakan dan dilatih agar menjadi sebuah kebiasaan, berikut ini terdapat beberapa kebiasaan yang dimiliki oleh mereka yang terbiasa tepat waktu di antaranya,
1. Mereka tahu berapa waktu yang biasa dibutuhkan untuk melakukan sesuatu, agar bisa mudah dipetakan, hal ini penting untuk mengatur strategi. Agar kita bisa memetakan tiap aktivitas itu mulai dari jam 12 malam dini hari hingga jam 12 malam esok.
2. Mereka menyediakan waktu lebih dari jumlah waktu yang biasa dibutuhkan untuk melakukan sesuatu, agar mereka tidak terburu-buru sehingga jadi kepepet saat mengerjakan sesuatu, ada baiknya berikan waktu lebih dari perkiraan waktu yang dibutuhkan.
3. Mereka bawa santai saja bila harus menunggu, tidak perlu terlalu baper dipermasalahkan, terkadang, yang membuat kita sengaja datang terlambat itu, karena kita sudah tahu bahwa yang lainnya itu bakal terlambat. Bagi mereka yang senantiasa tepat waktu, sebetulnya tidak apa bila harus menunggu daripada terlambat.
4. Mereka bangun pagi-pagi banget, itu jelas harus. HARUS. Tidak bisa tidak. Cepat bangun pagi. Logikanya, lebih cepat sesuatu dimulai, maka normalnya lebih segera pula sesuatu itu diselesaikan. Karena ada banyak waktu.
5. Mereka tidurnya berkualitas, sehingga siangnya jadi semangat dan bugar, tidak mudah mengantuk. Bisa jadi bangun pagi itu sulit, kalau tidur malamnya tidak berkualitas. Maka dari itu, mereka berusaha membuat tidur mereka berkualitas, supaya mudah bangun pagi, dan badan pun terasa bugar.
6. Mereka tidak menunda-nunda pekerjaan. Menunda-nunda pekerjaan itu pantang. Mereka paham, apa yang sudah dimulai, harus diselesaikan. Pun yang bisa dikerjakan hari, maka kerjakan hari ini, tidak usah menunggu besok.
7. Mereka tidak terburu-buru, bila keenam poin di atas sudah benar-benar dilakukan, maka normalnya mereka jadi tidak terburu-buru. Asal memang menurut hemat perencanaannya, semua masih dalam ‘kendali’. Di kepala mereka senantiasa tergambar peta sekarang posisinya sedang berada di mana, ‘sumber daya’ (waktu) yang ia miliki kini ada berapa untuk melakukan suatu aktivitas.
8. Mereka tidak segan-segan menyiapkan peralatan pendukung bila memang diperlukan, agar bisa optimal manajemen waktunya, tidak menutup kemungkinan berarti mereka memiliki peralatan lebih. Peralatan tersebut mungkin dianggap sepele oleh orang lain, termasuk oleh kita, namun sejatinya itu hal krusial.
9. Mereka paham, bahwa terlambat itu termasuk dosa, haram hukumnya, kalau memang tidak ada halangan syar’i. Mereka paham bahwa menetapi janji itu wajib hukumnya. Sedangkan keterlambatan, itu termasuk maksiat.

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial (KTSP)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.4 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.5 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
11. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.6 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
12. Materi Ujian Nasional Kompetensi Perubahan Sosial             
13. Materi Ringkas Perubahan Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Tepat Waktu, Urgensi, dan Caranya"