Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Spasial dan Cirinya

Pengertian Spasial dan Cirinya


A. Pengertian Spasial

Spasial dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah berkenaan dengan ruang atau tempat. Spasial dalam hal ini merupakan istilah yang sering digunakan dalam mengenalkan pengindaraan jauh. Secara umum definisi spasial berkaitan pada ruang-ruang dalam ilmu kebumian.

Dalam geografi ada istilah data spasial yang dikenal juga sebagai data geospasial atau informasi letak geografis, itu adalah data atau informasi yang mengidentifikasi lokasi geografis kenampakan dan batas di Bumi, seperti kenampakan alami atau buatan, lautan, dan banyak lagi.

Data spasial biasanya disimpan sebagai koordinat dan topologi, dan merupakan data yang dapat dipetakan. Data spasial sering diakses, dimanipulasi atau dianalisis melalui komponen Sistem Informasi Geografis (SIG).

Resolusi Spasial Menurut Para Ahli
1. Science Direct, resolusi spasial adalah ukuran objek terkecil yang dapat diselesaikan oleh sensor, atau area tanah yang dicitrakan untuk bidang pandang sesaat (IFOV) dari arti sensor, atau dimensi linier pada tanah yang diwakili oleh setiap piksel.
2. Microscopyu, dalam hal gambar digital, resolusi spasial mengacu pada jumlah piksel yang digunakan dalam konstruksi gambar. Gambar yang memiliki resolusi spasial lebih tinggi disusun dengan jumlah piksel yang lebih besar daripada resolusi spasial yang lebih rendah.
3. Mollecular Expression, resolusi spasial adalah istilah yang mengacu pada jumlah piksel yang digunakan dalam konstruksi gambar digital. Gambar yang memiliki resolusi spasial lebih tinggi disusun dengan jumlah piksel yang lebih besar daripada resolusi spasial yang lebih rendah.

B. Ciri Spasial
1. Bentuk, bentuk yaitu konfigurasi umum atau kerangka suatu objek. Contohnya adalah gedung sekolah pada umumnya berbentuk U, L, terkadang melingkar. Gunung api bentuknya cembung.
2. Ukuran, ukuran yaitu atribut objek yang berupa jarak, luas, tinggi, volume, dan kelerengan (kemiringan). Contohnya adalah rumah lebih kecil dari gedung, pabrik, sekolah.
3. Pola, pola yaitu hubungan susunan keruangan dari suatu objek. Contohnya adalah sawah polanya teratur, pemukiman teratur.
4. Tekstur, tekstur yaitu frekuensi perubahan rona pada citra fotografi. Tekstur sering dinyatakan dengan kasar, halus, teratur, seragam. Contohnya adalah makam teksturnya lebih halus dibanding dengan pemukiman. Padi dengan jagung lebih halus padi.
5. Bayangan, bayangan bisa digunakan untuk menafsirkan objek, menunjukkan arah angin, arah hadap foto, jika bukan barat-timur. Contohnya adalah cerobong asap pabrik akan lebih jelas kalau ada bayangannya, menara, lereng terjal, dan lain sebagainya.
6. Situs, situs yaitu keadaan dalam arti lingkungan yang melatar belakangi adanya objek tersebut. Contohnya adalah Surabaya berada di delta Brantas. Persawahan banyak terdapat di dataran rendah.
7. Asosiasi, asosiasi yaitu keterkaitan antara objek yang satu dengan objek yang lain. Contohnya adalah padi adanya pematang sawah dan gubuk, padang rumput adanya binatang ternak.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 2. Modernisasi dan Globalisasi (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2. Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.4 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Ujian Nasional Kompetensi Globalisasi dan Dampaknya       
11. Materi Ringkas Globalisasi dan Dampaknya

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Spasial dan Cirinya"