Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Sarana dan Prasarana, Fungsi, Perbedaan, dan Contohnya

Pengertian Sarana dan Prasarana, Fungsi, Perbedaan, dan Contohnya


A. Pengertian Sarana dan Prasarana

Sarana dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah segala sesuatu yang dapat dipakai sebagai alat dalam mencapai maksud atau tujuan. Sarana berhubungan langsung dan menjadi penunjang utama dalam suatu aktivitas. Sarana dapat berbentuk benda bergerak dan tidak bergerak dan umumnya berbentuk kecil dan bisa dipindah-pindah.

Sementara prasarana adalah segala sesuatu yang merupakan penunjang utama terselenggaranya suatu proses (usaha, pembangunan, proyek, dan sebagainya). Prasarana merupakan segala sesuatu yang menunjang secara langsung atau tidak langsung segala jenis sarana. Umumnya prasarana dimiliki dan dibangun oleh pemerintah dalam bentuk benda tidak bergerak.

Demikian sarana dan prasarana merupakan dua hal yang saling menunjang antara yang satu dengan yang lainnya. Sarana dan prasarana adalah dua kata yang sama-sama digunakan untuk menyebut suatu hal yang penting sebagai alat penunjang keberhasilan. Contoh sarana pada sebuah sekolah antara lain papan tulis, rak, dokumen, dan lain-lain. Sarana tersebut sangat penting dan diperlukan pada suatu proses atau tujuan. Prasarana berbeda dengan sarana, sebagai contohnya adalah gedung sekolah, lapangan, perpustakaan, dan masih banyak lagi.

Sarana dan Prasarana Menurut Para Ahli
Moenir (1992-119), sarana adalah segala jenis peralatan, perlengkapan kerja dan fasilitas yang berfungsi sebagai alat utama atau pembantu dalam pelaksanaan pekerjaan, dan juga dalam rangka kepentingan yang sedang berhubungan dengan organisasi kerja. Sementara prasarana adalah peralatan pembantu atau juga peralatan utama, dan kedua alat tersebut berfungsi untuk mewujudkan suatu tujuan yang ingin di capai.

B. Fungsi Sarana dan Prasarana
Fungsi sarana dan prasarana memiliki bentuk yang berbeda-beda sesuai dengan ruang lingkupnya masing-masing, akan tetapi memiliki tujuan yang sama.
1. Mempercepat Proses Pekerjaan, sarana dan prasarana untuk mempercepat pekerjaan dapat dilihat dengan mudah di areal perkantoran. Sarana dan prasarana seperti komputer, bahkan fasilitas gedung yang dilengkapi toilet serta kantin, akan memudahkan karyawan untuk melakukan pekerjaannya dengan efisien.
2. Meningkatkan Produktivitas Barang atau Jasa, sarana dan prasarana untuk meningkatkan produktivitas dapat dilihat di areal pabrik. Segala mesin serta fasilitas yang ada di dalam sebuah pabrik akan menunjang tenaga kerja untuk menyelesaikan pekerjaannya dengan cepat, hasil yang maksimal, dan dalam waktu yang singkat.
3. Hasil yang Berkualitas, untuk menunjang tujuan berupa hasil yang berkualitas, sarana dan prasarana yang disediakan haruslah memiliki fungsi yang sesuai dengan kebutuhan. Misalnya saja, sarana dan prasarana pendidikan di sekolah haruslah sesuai dengan kebutuhan belajar mengajar dengan menyediakan alat seperti proyektor.
4. Menimbulkan Rasa Nyaman, sarana dan prasarana yang disediakan juga memiliki tujuan untuk membuat rasa nyaman dan aman bagi penggunanya. Misalnya saja, sarana dan prasarana di areal perpustakaan dilengkapi dengan meja, kursi, pencahayaan dan alat pendingin udara, sehingga sangat cocok untuk kegiatan membaca dalam waktu yang lama.
5. Menimbulkan Rasa Puas, sarana dan prasarana juga diciptakan untuk memberikan rasa puas kepada penggunanya, misalnya sarana dan prasarana di bioskop. Sarana dan prasarana seperti kursi berlengan yang empuk, pendingin udara, sound system, layar super besar, dan ruangan yang gelap dibuat dengan tujuan memanjakan pengunjung agar dapat menikmati sebuah film dengan maksimal.

C. Perbedaan Sarana dan Prasarana
1. Bentuk, pada umumnya, prasarana memiliki bentuk yang lebih besar sehingga susah atau tidak bisa dipindahkan. Sedangkan, sarana merupakan benda yang dapat dengan mudah dipindahkan karena memiliki bentuk yang lebih kecil. Prasarana juga memiliki sifat menetap di suatu tempat sedangkan sarana dapat dibawa dengan mudah.
2. Kepemilikan, secara umum, sarana dapat dimiliki secara individu, swasta, dan pemerintah. Sedangkan, prasarana pada umumnya dimiliki suatu badan institusi seperti pemerintah dan swasta
3. Fungsi, sarana memiliki fungsi utama dari sebuah aktivitas tertentu. Sedangkan prasarana pada umumnya memiliki fungsi sebagai penunjang.
4. Pembiayaan Pengadaan, pembiayaan pengadaan sarana lebih kecil sehingga bisa dilakukan oleh pihak tertentu yang mengadakan suatu kegiatan. Sedangkan, pembiayaan untuk pengadaan prasarana jauh lebih tinggi. Sehingga, pembiayaan sepenuhnya berasal dari suatu institusi tertentu seperti pemerintah.

D. Contoh Sarana dan Prasarana
1. Sekolah, contoh sarana misalnya alat tulis, bahan peraga, alat praktikum, alat olahraga, komputer dan sebagainya. Sedangkan contoh prasarana misalnya ruang kelas, ruang guru, lapangan olahraga, ruang praktik dan sebagainya.
2. Rumah Sakit, contoh sarana misalnya alat-alat operasi, alat kesehatan, obat-obatan, ambulance dan sebagainya. Contoh prasarana misalnya gedung rumah sakit
3. Kantor, contoh sarana misalnya seperangkat peralatan mesin seperti komputer, mesin foto copy, printer, scaner, proyektor, mesin ketik, dan lain-lain. meja, kursi, dan papan tulis. Contoh prasarana misalnya gedung kantor, gudang dan sebagainya.
4. Hotel, contoh sarana misalnya tempat tidur, lemari, peralatan mandi, peralatan spa, bus pariwisata. Contoh prasarana misalnya gedung Lobi, kamar hotel, kolam renang, penerangan, lapangan golf dan sebagainya.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial (KTSP)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.4 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.5 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
11. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.6 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
12. Materi Ujian Nasional Kompetensi Perubahan Sosial             
13. Materi Ringkas Perubahan Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Sarana dan Prasarana, Fungsi, Perbedaan, dan Contohnya"