Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Rekreasi, Tujuan, Faktor, Ciri, Jenis, dan Manfaatnya

Pengertian Rekreasi, Tujuan, Faktor, Ciri, Jenis, dan Manfaatnya


A. Pengertian Rekreasi

Rekreasi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah penyegaran kembali badan dan pikiran. Istilah rekreasi dari bahasa Latin, re-creare yang secara harfiah berarti 'membuat ulang', adalah kegiatan yang dilakukan untuk penyegaran kembali jasmani dan rohani seseorang. Rekreasi adalah sebuah aktivitas yang dilakukan seseorang di samping bekerja. Kegiatan yang umum dilakukan untuk rekreasi adalah pariwisata, olahraga, bermain, dan hobi. Kegiatan rekreasi umumnya dilakukan pada akhir pekan.
 
Rekreasi merupakan aktivitas yang dilakukan oleh orang-orang secara sengaja sebagai kesenangan atau untuk kepuasan, umumnya dalam waktu senggang. Rekreasi memiliki banyak bentuk aktivitas tergantung pada pilihan individual. Beberapa rekreasi bersifat pasif seperti menonton televisi atau aktif seperti olahraga. Kegiatan rekreasi dapat pula memenuhi salah satu pengertian “penggunaan berharga dari waktu luang”. Rekreasi berfungsi memperbaharui ulang kondisi fisik dan jiwa, sehingga rekreasi tidak berarti hanya membuang-buang waktu atau membunuh waktu.

Sejak tahun 1940-an, rekreasi telah menjadi unsur penting dalam kehidupan modern. Pendapatan, kondisi pekerjaan dan perkembangan transportasi yang semakin baik telah memberi orang lebih banyak uang, waktu dan pergerakan yang lebih tinggi untuk melakukan rekreasi. Pada saat ini, rekreasi telah menjadi industri besar. Rekreasi umumnya berdampak pada rasa senang tingkat kesehatan fisik dan mental manusia. Rumah sakit pun sering mengadakan aktivitas rekreasi terapi untuk pasien.

Rekreasi Menurut Para Ahli
1. Jay B. Nash, aktivitas rekreasi adalah pelengkap dari kerja, oleh karena itu rekreasi adalah kebutuhan semua orang. Dengan demikian, penekanan dari aktivitas rekreasi adalah dalam nuansa “menciptakan kembali” (recreation) orang tersebut, ada upaya revitalisasi jiwa dan tubuh yang terwujud karena ‘menjauh’ dari kegiatan rutin dan kondisi yang menekan dalam kehidupan sehari-hari.
2. Grasia, rekreasi merupakan suatu aktivitas yang mengistirahatkan seseorang dari pekerjaan dan memberikannya suatu pemulihan serta perubahan saat kembali melakukan pekerjaannya.
3. Kaplan, rekreasi merupakan suatu aktivitas yang dilakukan secara ringan pada waktu luang secara suka rela sebagai akibat dari pemulihan kerja berat yang telah dilakukan
4. Kraus, rekreasi merupakan aktivitas atau pengalaman yang biasanya diperoleh atau dilakukan pada waktu senggang.
5. Krippendorf, rekreasi merupakan kegiatan yang dibutuhkan oleh setiap manusia dengan melakukan perjalanan ke suatu tempat. Rekreasi merupakan kegiatan yang digunakan untuk mengisi waktu luang dengan tujuan tertentu, di antaranya penyegaran sikap dan mental, kepuasan dan kesenangan yang saat memulihkan kekuatan fisik atau mental seseorang.
6. Mary Helen, rekreasi bukanlah suatu peristiwa gerakan tetapi peristiwa emosi dan melupakan aktivitas pada waktu senggang dan membuat orang menjadi senang untuk mengembalikan tenaga baik fisik maupun mental.

B. Tujuan Rekreasi
1. Menciptakan dan membina hubungan manusia
2. Mempertahankan kelestarian alam
3. Mempertahankan nilai-nilai budaya
4. Pengisi waktu luang yang ada
5. Memupuk kreativitas
6. Mendapatkan pengalaman baru
7. Meningkatkan rasa percaya diri
8. Mengembangkan bakat
9. Memupuk sistem pada kehidupan
10. Mewujudkan warga negara yang baik
11. Pelepas lelah, kebosanan juga kepenatan usai beraktivitas atau bekerja
12. Imbalan subsisten activity (kegiatan pengganti atau pelengkap)
13. Sebagai pemenuhan fungsi sosial (fungsi sosial yang dilakukan untuk kegiatan berkelompok serta rekreasi aktif)

C. Faktor yang Mempengaruhi Rekreasi
1. Faktor sosial ekonomi, rekreasi masyarakat dengan kelompok sosial tertentu (kalangan elite) akan berbeda dengan rekreasi masyarakat pada umumnya karena perbedaan fasilitas yang dimilikinya.
2. Faktor jenis kelamin, usia juga keluarga, kegiatan rekreasi yang dilakukan dan tempat rekreasi yang dikunjungi oleh remaja putri dan remaja putra begitu pun dengan kegiatan rekreasi orang dewasa.
3. Faktor ketersediaan waktu luang, waktu luang dalam menyelenggarakan rekreasi ibu rumah tangga akan berbeda dengan wanita pekerja.
4. Faktor pranata, faktor ini berhubungan dengan pencapaian, besaran dana yang dimiliki dan perubahan sikap terhadap rekreasi.
5. Faktor perubahan teknologi, berhubungan dengan muncul rekreasi-rekreasi baru dan kemudahan dalam pencapaian dengan fasilitas rekreasi dengan teknologi yang tinggi dan terbaru.

D. Ciri Rekreasi
1. Bersifat mental, fisik dan emosional
2. Tidak memiliki bentuk atau macam tertentu
3. Dapat menimbulkan rasa gembira, puas dan senang bagi para pelaku
4. Dilaksanakan dalam waktu yang senggang
5. Tentunya bebas dari paksaan
6. Dibutuhkan secara universal dan tidak dibatasi oleh lapisan tertentu
7. Bersifat fleksibel, tidak dibatasi oleh tempat dan juga dapat dilakukan oleh perseorangan atau sekelompok orang.
8. Didorong oleh kegiatan menentukan bentuk rekreasi.

E. Jenis Rekreasi
1. Pariwisata, merupakan suatu perjalanan yang dilakukan untuk liburan dan rekreasi dan juga persiapan yang dilakukan untuk aktivitas ini. Wisatawan biasanya melakukan perjalanan paling tidak sejauh 50 mil (80 km) dari rumahnya untuk tujuan rekreasi, hal tersebut didefinisikan oleh organisasi pariwisata dunia.
2. Olahraga, merupakan aktivitas yang dilakukan oleh tubuh manusia baik itu secara fisik, mental serta rohani. Berdasarkan jenisnya olahraga terbagi menjadi dua yaitu olahraga tradisional dan modern.
3. Permainan, merupakan aktivitas bersenang-senang yang dilakukan untuk mengisi waktu luang dengan melakukan olahraga ringan yang dapat dilakukan secara individu maupun berkelompok. Ada permainan yang dibatasi oleh umur dan ada pula permainan yang tidak dibatasi oleh umur atau dapat dimainkan oleh segala kalangan usia.
4. Hobi, merupakan rekreasi yang dilakukan dalam waktu luang untuk menenangkan pikiran.

F. Manfaat Rekreasi
1. Sarana sosialisasi
2. Menjadikan anak lebih mandiri
3. Mempererat  dan memperbaiki hubungan dalam keluarga
4. Mempererat hubungan pertemanan
5. Membuat kenangan indah bersama orang tercinta
6. Melepas ketegangan dan stres
7. Sekaligus melakukan olahraga
8. Membuat waktu yang berkualitas
9. Sarana edukasi
10. Membuat umur menjadi lebih panjang
11. Menambah intelektual
12. Menjaga sel otak
13. Meningkatkan kepuasan hidup
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial (KTSP)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.4 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.5 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
11. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.6 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
12. Materi Ujian Nasional Kompetensi Perubahan Sosial             
13. Materi Ringkas Perubahan Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Rekreasi, Tujuan, Faktor, Ciri, Jenis, dan Manfaatnya"