Pengertian Orientasi dan Jenisnya

Pengertian Orientasi dan Jenisnya
Orientasi

A. Pengertian Orientasi
Orientasi dalam Kamu Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah peninjauan untuk menentukan sikap (arah, tempat, dan sebagainya) yang tepat dan benar; pandangan yang mendasari pikiran, perhatian atau kecenderungan. Sementara secara umum orientasi diartikan sebagai suatu proses seseorang untuk menangkap atau mengerti keadaan sekitarnya dan ia dapat melokalisir dirinya dalam hubungan dengan sekitarnya tersebut.

Orientasi dapat dipahami sebagai suatu pandangan yang bersifat berputar, sehingga membentuk ruang lingkup yang berpengaruh terhadap orang-orang sekitar. Sederhananya, orientasi adalah suatu proses atau upaya seseorang dalam menangkap atau mengerti keadaan di sekitarnya. Orientasi sendiri dibagi menjadi beberapa jenis seperti orientasi personal (perorangan), orientasi temporal (waktu), dan orientasi spasial (tempat).

B. Jenis Orientasi
1. Orientasi Personal (Orientasi Perorangan), yaitu kemampuan individu untuk mengemukakan identitas diri sendiri dan orang lain di sekitarnya.
2. Orientasi Temporal (Orientasi Waktu), yaitu kemampuan individu untuk mengetahui hubungan masa, waktu, hari, tanggal, bulan, musim, atau tahun, baik sekarang, yang lampau, ataupun yang akan datang.
3. Orientasi Spasial (Orientasi Tempat), yaitu kemampuan individu untuk mengetahui batasan ruang atau lokasi yang ditempati serta hubungannya dengan ruang atau lokasi lain.
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Orientasi dan Jenisnya"