Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Olahraga, Tujuan, Manfaat, dan Macam Cabangnya

Pengertian Olahraga, Tujuan, Manfaat, dan Macam Cabangnya


A. Pengertian Olahraga
Olahraga dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah gerak badan untuk menguatkan dan menyehatkan tubuh (seperti sepak bola, berenang, lempar lembing). Olahraga adalah aktivitas untuk melatih tubuh/jasmani seseorang, maupun mental (misalkan catur). Olahraga dapat dilakukan secara individual maupun beregu.

Pendapat lain juga mengatakan pengertian olahraga ini merupakan suatu bentuk aktivitas fisik yang dilakukan dengan secara terencana serta terstruktur yang mana di dalam pelaksanaannya itu melibatkan gerakan tubuh dengan secara berulang-ulang untuk dapat meningkatkan kebugaran jasmani dan rohani.

Olahraga Menurut Para Ahli
1. Hans Tandra, olahraga merupakan gerakan tubuh yang teratur dan sesuai irama dengan tujuan untuk memperbaiki kebugaran tubuh. Ia juga berpendapat bahwa aktivitas ini berguna meningkatkan imunitas tubuh supaya terjaga kesehatannya.
2. Cholik Mutoir, olahraga adalah suatu kegiatan fisik yang dikerjakan secara sistematik dalam rangka membantu perkembangan potensi jasmaniah dan rohaniah.
3. Kathryn Marsden, olahraga merupakan suatu kegiatan atau aktivitas yang dapat mengurangi stres serta sangat mudah dilakukan oleh manusia dengan biaya yang murah.
4. Suryanto Rukmono, olahraga ini merupakan suatu kegiatan atau aktivitas melatih tubuh manusia supaya lebih sehat serta kuat, baik itu jasmani dan rohani.
5. Seno Gumira Ajidarma, olahraga merupakan suatu kegiatan atau aktivitas yang menyehatkan tubuh manusia serta sarana kompetisi untuk mencari bakat seseorang di bidang olahraga.

B. Tujuan Olahraga
Olahraga dapat dilakukan untuk berbagai tujuan. Tetapi pada umumnya orang-orang melakukan olahraga dengan tujuan meningkatkan derajat kesehatan. Selain itu, olahraga juga dapat dilakukan untuk sekadar hobi, mencari keringat, membentuk tubuh, mengisi waktu luang, menurunkan berat badan, dan mencapai prestasi. Bahkan ada juga yang melakukannya untuk karier. Jika dikelompokkan, tujuan olahraga dapat dibagi menjadi empat yaitu olahraga untuk pendidikan, olahraga untuk rekreasi, olahraga untuk prestasi, dan olahraga untuk rehabilitasi.

Terkait dengan tujuannya untuk pendidikan, olahraga dimasukkan ke dalam mata pelajaran di sekolah-sekolah dengan istilah pendidikan jasmani. Tujuan olahraga di sekolah ini untuk mendorong siswa mengembangkan keterampilan motorik, sikap sportivitas, dan meningkatkan kemampuan fisik. Sementara itu, olahraga untuk rekreasi memiliki tujuan bersenang-senang. Olahraga untuk prestasi dilakukan dalam kejuaraan tertentu. Sedangkan olahraga untuk rehabilitasi dilakukan dalam rangka memperbaiki keadaan tubuh seseorang yang pernah sakit.

C. Manfaat Olahraga
Selain dilakukan untuk tujuan tertentu, olahraga juga mempunyai banyak manfaat bagi seseorang yang melakukannya. Dalam hal kesehatan, olahraga secara rutin dapat membantu menjauhkan Anda dari beragam penyakit. Hal ini terjadi karena olahraga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Olahraga juga dapat merangsang pertumbuhan ideal dan membuat tubuh Anda menjadi lebih tegap. Gerakan fisik dalam olahraga juga dapat memperlancar peredaran darah.

Saat aliran darah lancar, tubuh Anda pun dapat terjaga dari asupan nutrisi dan oksigen sehingga tetap sehat. Lancarnya aliran darah juga membuat konsentrasi Anda semakin baik. Bukan hanya itu saja, olahraga juga bermanfaat meningkatkan daya pikir dan kinerja otak sebagai pengendali gerak sadar. Selain itu, orang yang berolahraga secara teratur lebih terbiasa bergerak dan mengekspresikan dirinya sehingga bisa lebih percaya diri. Bagi sebagian orang, olahraga juga bisa menjadi aktivitas yang dapat membantu mengurangi stres.

D. Macam Cabang Olahraga
1. Cabang Olahraga Akuatik, adalah segala jenis olahraga yang aktivitasnya berhubungan dengan air.
a. Renang
b. Renang Indah
c. Polo Air
d. Loncat Indah
e. Arung Jeram

2. Cabang Olahraga Panahan, dalam perlombaan panahan, ada beberapa nomor yang sering dipertandingkan yaitu jarak jauh (50 meter), menengah (30 meter), dan pendek (12 meter). Olahraga panahan memiliki beberapa teknik seperti teknik dasar posisi (stance), penempatan ekor anak panah (nocking), mengaitkan jari pada tali (hooking and gripping), dan mindset.
3. Cabang Olahraga Bulu Tangkis, ada lima partai yang umumnya dimainkan dalam bulu tangkis yaitu tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran.
4. Cabang Olahraga Sepak Bola, sepak bola merupakan salah satu olahraga permainan yang dimainkan oleh dua tim. Masing-masing tim sepak bola berisi 11 orang dengan satu orang bertugas sebagai penjaga gawang.
5. Cabang Olahraga Bola Basket, bola basket merupakan jenis cabang olahraga yang dilakukan secara kelompok. Setiap tim bola basket terdiri dari lima orang. Mereka harus bekerja sama untuk memasukkan bola sebanyak-banyaknya ke ring lawan.
6. Cabang Olahraga Bola Voli, bola voli adalah olahraga permainan yang dilakukan oleh dua tim. Kedua tim ini masing-masing terdiri dari enam orang yang saling berlawanan. Dalam perkembangannya, ada juga variasi permainan bola voli pantai yang dimainkan oleh dua pasangan.
7. Cabang Olahraga Atletik, atletik merupakan salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di ajang bergengsi seperti Olimpiade dan Asian Games. Atletik sendiri dibagi menjadi beberapa kelompok. Secara garis besar, cabang olahraga ini bisa dikelompokkan menjadi lempar, lompat, jalan, dan lari. Berikut ini beberapa nomor yang diperlombakan pada cabang olahraga atletik.
a. Tolak Peluru
b. Lempar Lembing
c. Lompat Tinggi
d. Lompat Jauh
e. Lari
f. Jalan

8. Cabang Olahraga Tenis Meja, tenis meja atau kerap disebut pingpong merupakan jenis olahraga yang dimainkan oleh dua orang untuk permainan tunggal atau dua pasangan pada permainan ganda. Permainan tenis meja menggunakan alat yang disebut bet.
9. Cabang Olahraga Tenis, olahraga ini juga dimainkan oleh dua pemain pada nomor tunggal dan dua pasangan pada nomor ganda. Setiap pemain menggunakan raket untuk memukul bola tenis yang terbuat dari karet. Olahraga ini umumnya dilakukan di lapangan terbuka.
10. Cabang Olahraga Tinju, tinju merupakan salah satu cabang olahraga yang memadukan latihan fisik dan seni bela diri. Cabang olahraga ini mempertandingkan dua peserta dengan kelas dan berat yang sama. Kedua peserta ini kemudian bertanding satu sama lain menggunakan tinju mereka dalam rangkaian ronde.
11. Cabang Olahraga Berkuda, berkuda merupakan cabang olahraga yang menuntut keterampilan, stamina yang kuat, kebugaran fisik, konsentrasi, dan penerapan teknik-teknik berkuda. Di Indonesia, ada beberapa nomor berkuda yang dipertandingkan antara lain polo berkuda, equestrian, dan gymkhana berkuda.
12. Cabang Olahraga Catur, catur merupakan cabang olahraga yang tidak membutuhkan banyak gerak dan keringat. Akan tetapi, olahraga ini cukup memeras otak. Anda harus berpikir keras untuk mengalahkan lawan dengan langkah yang tepat.
13. Cabang Olahraga Senam, senam merupakan olahraga yang menggabungkan kelenturan, kecepatan, gerakan fisik yang serasi, serta kekuatan pada berbagai bagian tubuh. Ada beberapa nomor yang biasanya diperlombakan pada cabang ini seperti senam lantai, balok keseimbangan, dan palang tak seimbang.
14. Cabang Olahraga Dayung, cabang olahraga yang satu ini membutuhkan ketangkasan dalam menggerakkan perahu dengan cara didayung atau dikayuh di atas air sungai, danau, ataupun laut. Selain itu, olahraga dayung juga membutuhkan keahlian berperahu serta stamina yang prima.
15. Cabang Olahraga Bersepeda, dalam hal pertandingan olahraga, balap sepeda menjadi salah satu cabang yang sering diperlombakan. Cabang bersepeda ini terdiri dari beberapa jenis atau kelas. Misalnya dalam ajang Olimpiade, cabang bersepeda terdiri dari empat kelas yaitu road, track, mountain biking, dan BMX.
16. Cabang Olahraga Anggar, olahraga anggar merupakan jenis yang menonjolkan ketangkasan. Dalam hal ini, Anda memerlukan ketangkasan gerak dan keterampilan dalam menggunakan senjata.
17. Cabang Olahraga Angkat Besi, dalam pertandingan angkat besi, para pemain bersaing untuk mengangkat beban berat yang disebut barbel. Olahraga ini membutuhkan kombinasi dari fleksibilitas, kekuatan, teknik, mental, kekuatan fisik, konsentrasi, dan kedisiplinan.
18. Cabang Olahraga Judo, judo merupakan suatu jenis olahraga mempertahankan diri. Dibutuhkan kekuatan dan keseimbangan untuk melakukan olahraga ini. Pemain yang mampu memegang dan melempar lawannya akan keluar sebagai pemenang.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 2. Modernisasi dan Globalisasi (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2. Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.4 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Ujian Nasional Kompetensi Globalisasi dan Dampaknya       
11. Materi Ringkas Globalisasi dan Dampaknya

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Olahraga, Tujuan, Manfaat, dan Macam Cabangnya"