Pengertian Manusia Purba dan Manusia Modern, Serta Perbandingannya

Pengertian Manusia Purba dan Manusia Modern
Manusia Purba dan Manusia Modern

A. Pengertian Manusia Purba dan Manusia Modern
Manusia purba merupakan salah satu objek sejarah yang masih dipelajari hingga saat ini. Secara umum, manusia purba banyak dikenal sebagai manusia zaman dulu. Kebanyakan orang saat ini mengenali manusia purba sebagai manusia yang tinggal zaman dahulu sebelum akhirnya mengalami evolusi dan berubah menjadi manusia modern seperti manusia kebanyakan saat ini.

Manusia modern diteorikan mengalami perubahan dan perkembangan yang semula berbentuk seperti manusia purba yang dikenali di buku sejarah yaitu Homo erectus. Manusia purba yang sangat banyak dikenal adalah manusia purba dengan jenis yang dikelompokkan dengan nama binomial Homo sapiens. Hal ini terjadi karena ukuran otak manusia modern yang memiliki ukuran yang hampir sama dengan manusia purba Homo sapiens.

Meski manusia purba dan juga manusia modern terlihat seperti dua makhluk yang sama, namun ahli taksonomi lebih memilih untuk tidak menganggap manusia purba dan manusia modern sebagai spesies tunggal atau spesies yang sama. Para ahli taksonomi memilih untuk membedakan kedua makhluk tersebut sebagai beberapa spesies berbeda.

B. Perbandingan Manusia Purba dan Manusia Modern
1. Perbandingan Fisik
Pengertian manusia modern adalah manusia yang termasuk ke dalam Homo Sapiens dengan kapasitas otak sekitar 1450 cc yang hidup antara 200.000 sampai dengan 15.000 tahun yang lalu. Jenis makhluk ini disebut dengan manusia modern karena ciri-ciri fisiknya mempunyai banyak kesamaan dengan manusia sekarang. Secara umum manusia modern memiliki ciri di antaranya,
a. Memiliki volume otak kurang lebih 1400 – 1500 cm
b. Memiliki tinggi badan kurang lebih 1,6 m
c. Memiliki peradaban yang maju
d. Mempunyai peralatan yang lebih baik
e. Suka berburu
f. Sudah terdapat hubungan sosial dan upacara ritual
g. Diperkirakan hidup sekitar 20.000 – 40.000 tahun yang lalu

Beberapa manusia purba sejenis Homo sapiens yang pernah ditemukan dari berbagai tempat dunia di antaranya,
a. Manusia Omo, ditemukan di Ethiopia, Afrika Timur
b. Manusia Herto, ditemukan di Ethiopia
c. Manusia Swancombe, ditemukan di Inggris
d. Manusia CroMagnon, ditemukan di gua CroMagnon, Prancis
e. Manusia Shanidar, ditemukan di Irak
f. Manusia Gurun Carmel, ditemukan di gua gua Tabun, Palestina
g. Manusia Steinheim, ditemukan di Jerman

Persamaan dan Perbedaan Manusia dengan Primata
Perbandingan antara manusia dengan primata ini untuk memudahkan pemahaman tentang manusia purba yang secara fisik berada antara manusia dengan primata. Secara umum berdasarkan ciri-ciri fisik perbedaan dan persamaan antara manusia dan kera adalah sebagai berikut.
a. Persamaan
Antara manusia dan primata memiliki persamaan ciri-ciri fisik di antaranya,
a) Memiliki kelenjar susu yang berada di dada
b) Kedua mata sama-sama menghadap ke arah depan
c) Tungkai ibu jari dapat digerakkan ke segala arah dengan mudah
d) Sama-sama memiliki kuku dilihat dari segi taksonomi
e) Mempunyai bentuk rahim
f) Menggunakan 2 kaki untuk berjalan dan 2 tangan
g) Memiliki kerangka kepala
h) Memiliki tulang belakang (vertebrata)
i) Sama-sama memiliki rambut

b. Perbedaan
Perbedaan ciri-ciri fisik antara manusia dengan kera antara lain,
a) Kera memiliki tangan yang lebih panjang daripada kaki kera dan orang utan daripada manusia
b) Ukuran otak manusia lebih besar, sedangkan ukuran otak kera lebih kecil
c) Struktur/susunan hemoglobin berbeda
d) Kera tidak mempunyai lekukan bibir, sedangkan manusia punya
e) Ukuran tubuh berbeda, manusia lebih ramping
f) Manusia masuk ke familia Hominidae sedangkan kera termasuk familia Pongidae

Keterkaitan Fisik Manusia Purba dengan Manusia Modern
Keterkaitan fisik antara manusia purba dengan manusia modern dapat diketahui melalui hasil penelitian beberapa ahli. Giorgio Bertorelle melakukan penelitian terhadap DNA dari beberapa tulang moyang manusia modern CroMagnon. Kemudian membandingkan dengan manusia neanderthal yang secara fisik merupakan manusia purba yang paling dekat bentuknya dengan manusia modern.

Ternyata nenek moyang manusia modern memiliki gen yang berbeda dari manusia neanderthal. Dengan demikian, manusia Cro-Magnon tidak mempunyai hubungan genetik sama sekali dengan manusia purba. Studi mengenai mtDNA yang dilakukan oleh Mark Stoneking dan Cann (1987) berkesimpulan bahwa Afrika adalah sumber gen mtDNA manusia modern. Tidak ditemukan bukti percampuran mtDNA antara populasi pra modern dengan manusia modern. Dengan kata lain, Homo sapiens dari Afrika yang menggantikan atau menghapuskan populasi pra modern ini.

2. Perbandingan Non Fisik
Manusia purba, khususnya dari jenis Hominidae purba, belum mengenal kepercayaan pada kehidupan setelah kematian, sedangkan manusia modern sudah meyakini adanya kehidupan setelah kematian. Ini terbukti dengan ditemukannya penguburan pada jenazah yang sudah meninggal. Alat-alat yang dipergunakan manusia purba masih sangat sederhana dan dibuat dengan cara yang sederhana seperti membenturkan batu dengan batu lainnya.

Sementara sejak adanya manusia modern dengan kecerdasan dan kreativitasnya mampu membuat alat-alat dan teknologi untuk keperluan hidup, seperti kapak batu yang sudah dihaluskan, mata panah, mata tombak, jala, dan perahu. Kemampuan membuat alat-alat tersebut terus dikembangkan manusia modern sehingga menciptakan teknologi yang canggih seperti sekarang ini.

Manusia purba tidak mengenal perhiasan, sementara manusia modern sudah mengenal berbagai jenis perhiasan seperti manik, kalung, dan gelang. Manusia modern juga mampu membuat lukisan dinding gua, sebagai dasar pengembangan kreativitas seni rupa yang terus dikembangkan pada masa-masa berikutnya. Manusia purba hidup dengan cara berburu dan mengumpulkan makanan, sementara manusia modern sudah mampu bercocok tanam dan berternak, walau kegiatan berburu tidak ditinggalkan.

Sementara beberapa ciri non fisik lainnya dari sumber yang lain di antaranya,
Ciri Pribadi Manusia Purba
1. Tertutup, suka tinggal di gua- gua, tidak menerima orang yang asing, kanibal ( Memangsa manusia /sesama ). Manusia purba memiliki pribadi yang tertutup karena rendahnya intelektual mereka, bahkan mereka tidak suka berkomunikasi secara verbal, bahasa mereka lebih cenderung ke bahasa emosi, sangat mudah tersinggung, sensitif, sedikit mirip dengan hewan.
2. Emosional. Karena kurang menerima dunia luar maka manusia purba lebih mudah marah , sangat egois dan suka memfonis berdasarkan kondisi moodnya.
3. Bukan pemikir tapi lebih suka menghabiskan waktu bersenang- senang dihutan dan bersama koloninya.
4. Membangun kekuatan sosial dari koloni, mirip serigala, dan koloni merekalah yang menjadi basis kekuatan.
5. Anti Dialog/ tidak suka berdiskusi.
6. Ganas/ suka menghakimi karena mereka hidup tanpa aturan.
7. Suka membenci

Ciri Pribadi Manusia Modern
1. Berpikir terbuka
2. Dialogis
3. Mudah bersahabat
4. Kreatif
5. Berpikir positif
6. Konstruktif dalam berpikir
7. Bertanggung jawab
8. Mudah diajak kerja sama
9. Bisa menahan marah
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Manusia Purba dan Manusia Modern, Serta Perbandingannya"