Pengertian Internasional dan Penggunaannya

Pengertian Internasional dan Penggunaannya
Internasional

Internasional dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah menyangkut bangsa atau negeri seluruh dunia; antarbangsa. Internasional merupakan kata serapan dari bahasa Inggris international yang kemudian diadopsi ke dalam bahasa Prancis. Internasional sinonim dengan istilah "luar negeri". Jadi sesuatu yang "berasal" atau "terjadi" di luar wilayah daerah kekuasaan atau daerah administrasi Indonesia.

Dalam pengertian bahasa Jawa (Kuno), istilah internasional merujuk kepada "daerah perbatasan" antara Negara Agung dan Nusantara. Atau dengan kata lain, daerah kerajaan yang meskipun masih wilayah kerajaan, secara budaya bukan daerah langsung kekuasaan raja.

Dalam penggunaan kata internasional adalah sesuatu yang menyangkut lebih dari satu negara. Sesuatu tersebut bisa berupa sebuah perusahaan, bahasa, atau organisasi. Arti internasional sebagai sebuah kata berarti interaksi antara lebih dari satu negara, atau melampaui batas negara. Kata “internasional” sesekali digunakan sebagai sinonim kata “global” atau “dunia”.

Kata internasional digunakan di dalam berbagai bidang di antaranya,
1. Bidang olahraga, “internasional” adalah pertandingan antara dua tim nasional atau antara dua/lebih orang/tim yang berbeda kewarganegaraan.
2. Bidang politik, “internasional” mungkin merujuk kepada “politik internasional”.
3. Bidang hukum, “internasional” mungkin merujuk pada beberapa disiplin hukum internasional seperti hukum publik internasional, hukum kriminal internasional, dll.
4. Bidang seni, gerakan seni internasional adalah gerakan seni yang dilakukan oleh seniman di lebih dari satu negara.
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Internasional dan Penggunaannya"