Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Takhayul

Pengertian Takhayul


Takhayul dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah,
1. (sesuatu yang) hanya ada dalam khayal belaka: banyak orang kampung yang masih percaya kepada
2. kepercayaan kepada sesuatu yang dianggap ada atau sakti, tetapi sebenarnya tidak ada atau tidak sakti

Takhayul dalam bahasa Inggris superstition, dalam bahasa Arab الخرافة‎, al-khurāfa adalah sesuatu yang hanya berdasarkan pada khayalan belaka. Kata superstition pertama kali digunakan dalam bahasa Inggris pada abad ke-15. Sedangkan dalam bahasa Indonesia, kata takhayul berasal dari bahasa Arab, yaitu زَجَرَ الطَّيْرَ yang berarti menerbangkan burung.

Kata takhayul diserap secara salah kaprah karena takhayul dalam terminologi bahasa Arab saat ini hanya teruntuk pada kepercayaan yang menganggap sial segala sesuatu dengan melihat arah terbang sekelompok burung. Sedangkan terminologi takhayul dalam bahasa Indonesia sama dengan khurafat (خُرَافَةٌ), yang berarti sebuah cerita dongeng.

Dalam Kamus Munawwir, kata takhayul berasal dari bahasa Arab yang artinya: berangan-angan tinggi, melamun, membayangkan atau mengkhayal.  Mengkait-kaitkan kejadian-kejadian yang dianggap aneh dengan sesuatu, yang mana tidak ada dasarnya di dalam ajaran Islam. Sebagai contoh takhayul adalah mempercayai akan mendapatkan rezeki ketika orang tertimpa kotoran cicak, atau suara burung yang dianggap akan ada tamu yang datang, dan lain sebagainya.

Penentang takhayul adalah kaum rasionalis yang dalam abad pertengahan abad ke-17 di antaranya adalah Benedict de Spinoza dan para intelektual Abad Pencerahan.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial (KTSP)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.4 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.5 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
11. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.6 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
12. Materi Ujian Nasional Kompetensi Perubahan Sosial             
13. Materi Ringkas Perubahan Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Takhayul"