Pengertian Tahap Metafisis; Hukum Tiga Tahap Auguste Comte

Pengertian Tahap Metafisis
Tahap Metafisis

Tahap metafisis merupakan salah satu dari ketiga tahap perkembangan masyarakat yang menurut Comte sejalan dengan perkembangan akal budi manusia. Metafisis merupakan tahap kedua dari perkembangan akal budi manusia yang diperkirakan muncul sekitar tahun 1300 sampai 1800 M. Pada tahap ini, pemikiran manusia mulai mengalami transisi dari tahap teologis ke positif.

Tahap ini mulai melakukan perombakan atas cara berpikir lama, semua gejala dan kejadian tidak lagi diterangkan dalam hubungannya dengan kekuatan yang bersifat supranatural dan rohani. Manusia pada tahap ini berusaha keras untuk mencari hakikat atau esensi dari segala sesuatu. Mereka tidak puas hanya dengan mencari pengertian-pengertian umum, tanpa dilandasi oleh pemikiran-pemikiran dan argumentasi logis.

Untuk tujuan itu dogma agama mulai ditinggalkan dam kemampuan akal budi mulai dikembangkan. Manusia mulai mengerti bahwa irasionalitas harus disingkirkan sedangkan analisis pikir perlu dikembangbiakkan. Tahap metafisik mengacu pada penjelasan dengan konsep abstrak impersonal. Mereka percaya bahwa kekuatan atau kekuatan abstrak memandu dan menentukan peristiwa di dunia.

Pemikiran metafisik membuang kepercayaan pada Tuhan yang konkret. Sifat penyelidikan adalah legal dan rasional. Sebagai contoh: Dalam masyarakat India Hindu Klasik prinsip perpindahan jiwa, konsepsi kelahiran kembali, pengertian yang mengikuti sebagian besar diatur oleh metafisik menanjak.
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Tahap Metafisis; Hukum Tiga Tahap Auguste Comte"