Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Perubahan Kecil dan Besar, Serta Contohnya

Pengertian Perubahan Kecil dan Besar, Serta Contohnya


A. Pengertian Perubahan Kecil dan Contohnya

Perubahan kecil ialah perubahan yang terjadi dalam unsur struktur sosial yang tidak membawa pengaruh langsung atau berarti bagi masyarakat. Suatu perubahan dikatakan kecil apabila perubahan itu tidak sampai membawa pengaruh yang langsung atau berarti bagi masyarakat, atau tidak mengakibatkan perubahan-perubahan dalam lembaga kemasyarakatan.

Misalnya suatu perubahan dalam mode pakaian, gaya rambut, dan model aksesoris lainnya, tidak akan membawa pengaruh yang berarti bagi masyarakat dalam keseluruhannya, oleh karena tidak mengakibatkan perubahan-perubahan dalam lembaga-lembaga kemasyarakatan. Perubahan tersebut biasanya hanya diikuti oleh sebagian kecil golongan tertentu saja dalam masyarakat.

B. Pengertian Perubahan Besar dan Contohnya
Perubahan besar adalah perubahan yang terjadi pada unsur-unsur struktur sosial yang memberi pengaruh langsung atau berarti bagi masyarakat. Perubahan besar memberi dampak besar, luas dan signifikan terhadap kehidupan masyarakat secara keseluruhan. Perubahan besar mengakibatkan terjadinya perubahan pada struktur kemasyarakatan, hubungan kerja, sistem mata pencaharian, dan stratifikasi masyarakat.

Misalnya perubahan sistem pengelolaan pertanian dengan pemakaian alat pertanian dan mesin (traktor) pada masyarakat agraris. Contoh lain misalnya perubahan masyarakat agraris menjadi industrialisasi. Perubahan ini mampu memberi pengaruh secara besar-besaran terhadap jumlah kepadatan penduduk di sekitar wilayah industri. Selain itu, industrialisasi juga mempengaruhi hubungan kerja yang ada serta menggeser sistem stratifikasi masyarakat yang bersangkutan.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial (KTSP)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.4 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.5 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
11. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.6 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
12. Materi Ujian Nasional Kompetensi Perubahan Sosial             
13. Materi Ringkas Perubahan Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Perubahan Kecil dan Besar, Serta Contohnya"