Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Kuantitas dan Jenisnya

Pengertian Kuantitas dan Jenisnya


A. Pengertian Kuantitas

Kuantitas dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah banyaknya (benda dan sebagainya); jumlah (sesuatu). Secara umum kuantitas adalah properti yang bisa ada sebagai banyak atau besaran. Kuantitas dapat dibandingkan dalam istilah "lebih", "lebih kecil", atau "sama", atau dengan menetapkan nilai numerik dalam satuan pengukuran. Kuantitas dapat dijadikan tolok ukur suatu hal yang tertuju pada jumlah atau nilai yang dapat dihitung secara pasti.

Kuantitas dapat berdasarkan sifat dalamnya (sebagai bilangan), atau berfungsi sebagai keadaan (sifat, dimensi, atribut) dari hal-hal seperti berat dan ringan, panjang dan pendek, lebar dan sempit, kecil dan besar, atau banyak dan sedikit. Topik kuantitas terkait erat dengan dimensi, kesetaraan, proporsi, pengukuran kuantitas, unit pengukuran, sistem bilangan dan penomoran, jenis bilangan dan hubungannya satu sama lain seperti rasio numerik.

Kuantitas Menurut Para Ahli
1. Thompson (1990), kuantitas adalah kualitas sesuatu hal yang terbentuk dari proses pengukuran.
2. Wungu & Brotoharsojo (2003), kuantitas adalah segala macam bentuk satuan ukuran yang berhubungan dengan jumlah hasil kerja yang dapat dinyatakan ukuran angka atau padanan angka lainnya.
3. Chin & Osborne (2008), kuantitas adalah jumlah pertanyaan.
4. Mangkunegara (2009), kuantitas adalah ukuran seberapa lama seorang karyawan dapat bekerja dalam satu harinya.

B. Jenis Kuantitas
1. Kuantitas Penduduk, adalah suatu hal yang berkaitan dengan jumlah penduduk. Dengan demikian, kebutuhan akan tenaga kerja akan segera terpenuhi dengan adanya jumlah penduduk yang memadai, sehingga tidak perlu mendatangkan tenaga kerja dari luar negeri. Pengertian lainnya, kuantitas penduduk adalah jumlah penduduk yang diukur berdasarkan perbedaan antara jumlah yang lahir, mati dan berpindah tempat tinggal.
2. Kuantitas Kerja, adalah jumlah kerja yang dilaksanakan oleh seseorang pegawai atau karyawan dalam suatu periode tertentu. Hal ini bisa dilihat dari hasil kerja pegawai atau karyawan dalam kerja penggunaan waktu tertentu dan kecepatannya dalam menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya. Dengan demikian, kuantitas kerja dapat dilihat dari jumlah kerja dan penggunaan waktu.
3. Kuantitas Produk, adalah jumlah suatu produk yang diproduksi, dikonsumsi, dan digunakan. Kualitas produk tentunya perlu dipertimbangkan dan juga disesuaikan dengan banyaknya permintaan. 
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga 

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial (KTSP)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.4 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.5 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
11. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.6 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
12. Materi Ujian Nasional Kompetensi Perubahan Sosial             
13. Materi Ringkas Perubahan Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Kuantitas dan Jenisnya"