Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Alat, Sejarah, dan Fungsinya

Pengertian Alat, Sejarah, dan Fungsinya


A. Pengertian Alat

Alat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah benda yang dipakai untuk mengerjakan sesuatu; yang dipakai untuk mencapai maksud; perlengkapan. Alat atau disebut perkakas dalam bahasa Inggris: tools adalah benda yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan kita sehari-hari.

Sebagian besar ahli antropologi percaya bahwa kemampuan menggunakan alat yang dimiliki oleh manusia merupakan salah satu tahap penting dalam evolusi manusia. Beberapa contoh alat adalah palu, tang, gergaji, dan cangkul. Beberapa benda sehari-hari seperti garpu, sendok dan pensil juga termasuk alat.
 
B. Sejarah Alat
Bukti sejarah dari pembuatan alat batu menunjukkan bahwa alat dari batu digunakan manusia sejak zaman batu. Alat-alat dari batu yang ditemukan di Cina diperkirakan berumur 1,36 juta tahun. Pada perkembangannya, manusia mulai beralih dari alat batu ke alat yang terbuat dari logam dan kemudian menciptakan alat-alat mekanik pada abad pertengahan. Penggunaan awal alat-alat mekanik adalah untuk memberdayakan sumber daya alam baru seperti air (dengan menggunakan kincir air) dan angin (menggunakan kincir angin).

C. Fungsi Alat
1. Alat pemotong, seperti pisau, sabit atau parang
2. Alat penggerak, untuk memindahkan benda besar maupun kecil.
3. Alat pengukur seperti penggaris, dan busur derajat
4. Alat pembentuk, seperti cetakan
5. Alat penepat dan pencekam
6. Alat pengikat, seperti alat las, lem, paku, tali
7. Alat peraga, seperti Torso, maket
8. Alat Peralatan Khusus. Alat peralatan khusus adalah alat perlengkapan/alat peralatan yang dirancang dalam bentuk ukuran kemampuan dan kegunaan khusus untuk tujuan tertentu.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial (KTSP)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.4 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.5 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
11. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.6 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
12. Materi Ujian Nasional Kompetensi Perubahan Sosial             
13. Materi Ringkas Perubahan Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Alat, Sejarah, dan Fungsinya"