Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Tekanan Sosial

Pengertian Tekanan Sosial


Tekanan sosial dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah paksaan yang dipakai oleh masyarakat untuk mengendalikan tingkah laku warga agar mereka seirama (sejalan) dengan norma-norma yang berlaku. Bentuk tekanan sosial yang lain di antaranya adalah tekanan sejawat yang merupakan dampak langsung rekan-rekan sejawat terhadap seorang individu yang membuat mereka mengikuti rekan mereka dengan mengubah perilaku, nilai, dan sikap, agar mereka dapat menyesuaikan diri dengan kelompok atau individu yang mempengaruhi mereka.

Tekanan ini berbeda dari tekanan masyarakat pada umumnya karena dapat membuat seorang individu mengubah dirinya apabila mereka merasa ditekan atau dipengaruhi oleh rekan atau kelompok sejawatnya. Kelompok-kelompok sosial yang dapat mempengaruhi seorang individu dapat berupa "kelompok dengan keanggotaan" yang diikuti oleh seseorang "secara resmi" (seperti partai politik atau serikat dagang) atau sebuah clique yang tidak menetapkan keanggotaan secara jelas. Namun, seseorang tetap dapat terkena dampak tekanan sejawat tanpa harus menjadi anggota atau ingin menjadi anggota.

Beberapa penelitian telah dilakukan untuk mengetahui dampak tekanan sejawat terhadap anak-anak dan remaja, dan istilah ini biasanya digunakan untuk membahas kelompok usia tersebut. Untuk anak-anak, tema yang umumnya diteliti adalah kemampuan mereka untuk membuat keputusan secara independen; untuk remaja, yang diteliti adalah keterkaitan tekanan sejawat dengan hubungan seks dan penyalahgunaan obat-obatan terlarang. Meskipun begitu, tekanan sejawat dapat berdampak terhadap seorang individu tanpa memandang kelompok etnis, gender, orientasi seksual, dan usia.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 4.1 Konflik, Kekerasan, dan Perdamaian (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 4.2 Konflik, Kekerasan, dan Perdamaian (Kurikulum Revisi 2016)
3. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 4.3 Konflik, Kekerasan, dan Perdamaian (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 4. Konflik, Kekerasan, dan Upaya Penyelesaiannya (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 2. Konflik dan Integrasi Sosial (KTSP)
6. Materi Ujian Nasional Kompetensi Konflik Sosial dan Integrasi Sosial     
7. Materi Ringkas Konflik Sosial dan Integrasi Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Tekanan Sosial"