Pengertian Stratifikasi Sosial Tertutup, Karakteristik, Perbedaan, dan Contohnya

Pengertian Stratifikasi Sosial Tertutup
Stratifikasi Sosial Tertutup
A. Pengertian Stratifikasi Sosial Tertutup
Stratifikasi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah pembedaan penduduk atau masyarakat ke dalam kelas-kelas secara bertingkat atas dasar kekuasaan, hak-hak istimewa, dan prestise. Berdasarkan sifatnya stratifikasi sosial dibagi menjadi tiga yaitu stratifikasi sosial tertutup, stratifikasi sosial terbuka, dan stratifikasi sosial campuran.

Stratifikasi sosial tertutup
(closed social stratification) adalah bentuk stratifikasi yang anggota dari setiap stratanya sulit melakukan mobilitas vertikal. Mobilitas mereka hanya terbatas pada mobilitas horizon. Karena itu, stratifikasi sosial ini bersifat diskriminatif.
Pengertian Stratifikasi Sosial Tertutup
Stratifikasi Sosial Tertutup

Jenis stratifikasi seperti ini dapat kita temukan dalam sistem kasta yang diberlakukan seperti di negara India. Dalam masyarakat yang menganut kasta seorang bangsawan sudah pasti akan melahirkan bangsawan dan seorang rakyat jelata akan melahirkan rakyat jelata pula.

B. Karakteristik Stratifikasi Sosial Tertutup
1. Jalan utama dan satu-satunya untuk masuk menjadi bagian anggota lapisan ini hanya melalui kelahiran.
2. Sistem tertutup dapat kita jumpai pada masyarakat yang lapisannya tergantung pada perbedaan-perbedaan sosial, masyarakat yang menerapkan sistem kasta, dan masyarakat feodal.

C. Perbedaan Stratifikasi Sosial Terbuka dan Tertutup
1. Stratifikasi sosial terbuka memberi kesempatan secara terbuka dan seluasnya untuk berusaha, sementara Stratifikasi sosial tertutup membatasi kesempatan individu untuk berusaha.
2. Jika dalam Stratifikasi sosial terbuka rangsang atau motivasi adanya jalan untuk memperoleh status, maka dalam sistem Stratifikasi sosial tertutup jalan satu-satunya memperoleh status ialah dengan jalan kelahiran (keturunan)
3. Individu dalam stratifikasi sosial terbuka mempunyai kesempatan untuk berada dalam lapisan masyarakat kelas atas atau kelas bawah. Sementara, Stratifikasi sosial tertutup menutup untuk kemungkinan memperoleh pilihan berada di lapisan mana di antara kedua hal tersebut (atas dan bawah).

D. Contoh Stratifikasi Sosial Tertutup
Jenis stratifikasi seperti ini dapat kita temukan dalam sistem kasta yang diberlakukan seperti di negara India. Dalam masyarakat yang menganut kasta seorang bangsawan sudah pasti akan melahirkan bangsawan dan seorang rakyat jelata akan melahirkan rakyat jelata pula. Sistem kasta di India memiliki beberapa ciri di antaranya,
1. Kelas sosial pada kasta diperoleh karena keturunan
2. Kelas sosial yang diwariskan berlaku seumur hidup (kecuali jika dikeluarkan)
3. Pernikahan berlangsung antara pasangan yang sekasta
4. Hubungan dengan kasta lain terbatas
5. Kedudukan terikat dengan kasta
6. Masyarakat memperhatikan norma-norma tertentu sesuai kasta
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Stratifikasi Sosial Tertutup, Karakteristik, Perbedaan, dan Contohnya"