Pengertian Stratifikasi Sosial Terbuka, Ciri, Perbedaan, dan Contohnya

Pengertian Stratifikasi Sosial Terbuka
Stratifikasi Sosial Terbuka
A. Pengertian Stratifikasi Sosial Terbuka
Stratifikasi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah pembedaan penduduk atau masyarakat ke dalam kelas-kelas secara bertingkat atas dasar kekuasaan, hak-hak istimewa, dan prestise. Berdasarkan sifatnya stratifikasi sosial dibagi menjadi tiga di antaranya stratifikasi sosial terbuka, stratifikasi sosial tertutup, dan stratifikasi sosial campuran.

Stratifikasi sosial terbuka (open social stratification) adalah bentuk stratifikasi yang memiliki kemungkinan mobilitas sangat besar. Maksudnya, setiap anggota strata dapat bebas berpindah strata sosial, baik vertikal maupun horizontal. Walaupun kenyataannya mobilitas harus melalui perjuangan berat, kemungkinan untuk berpindah strata selalu ada.
Pengertian Stratifikasi Sosial Terbuka
Stratifikasi Sosial Terbuka

B. Ciri Stratifikasi Sosial Terbuka
1. Memberi motivasi atau (perangsang) yang sangat besar terhadap setiap anggota masyarakat untuk dijadikan landasan pembangunan masyarakat dari sistem yang tertutup.
2. Untuk mereka yang kurang beruntung ada kemungkinan untuk jatuh dari lapisan yang lebih tinggi, ke lapisan yang lebih rendah.

C. Perbedaan Stratifikasi Sosial Terbuka dan Tertutup
1. Stratifikasi sosial terbuka memberi kesempatan secara terbuka dan seluasnya untuk berusaha, sementara Stratifikasi sosial tertutup membatasi kesempatan individu untuk berusaha.
2. Jika dalam Stratifikasi sosial terbuka rangsang atau motivasi adalah jalan untuk memperoleh status, maka dalam sistem Stratifikasi sosial tertutup jalan satu-satunya memperoleh status ialah dengan jalan kelahiran (keturunan)
3. Individu dalam stratifikasi sosial terbuka mempunyai kesempatan untuk berada dalam lapisan masyarakat kelas atas atau kelas bawah. Sementara, Stratifikasi sosial tertutup menutup untuk kemungkinan memperoleh pilihan berada di lapisan mana di antara kedua hal tersebut (atas dan bawah).

D. Contoh Stratifikasi Sosial Terbuka
Sementara untuk contoh dalam sistem stratifikasi sosial terbuka dapat kita lihat pada pemberian status karena prestasi (achieved status) yaitu kedudukan yang didapatkan seseorang berkat kerja keras dan kemampuan dari individu itu sendiri atau berdasarkan prestasi yang dimilikinya.

Misalnya saja kedudukan sebagai dokter, dan seorang hakim dapat diperoleh seseorang berdasarkan kualifikasi tertentu yang harus dipenuhinya. Tanpa adanya kemampuan, keahlian, dan prestasi kedudukan-kedudukan tersebut tidak akan dapat dipenuhi oleh seseorang.
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Stratifikasi Sosial Terbuka, Ciri, Perbedaan, dan Contohnya"