Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Siswa

Pengertian Siswa


Siswa dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah murid (terutama pada tingkat sekolah dasar dan menengah); pelajar. Siswa atau siswi adalah istilah bagi peserta didik pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Sementara Peserta didik adalah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan potensi diri melalui proses pembelajaran pada jalur pendidikan baik pendidikan informal, pendidikan formal maupun pendidikan nonformal, pada jenjang pendidikan dan jenis pendidikan tertentu.

Siswa adalah komponen masukan dalam sistem pendidikan, yang selanjutnya diproses dalam proses pendidikan, sehingga menjadi manusia yang berkualitas sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Sebagai suatu komponen pendidikan, siswa dapat ditinjau dari berbagai pendekatan, antara lain: pendekatan sosial, pendekatan psikologis, dan pendekatan edukatif/pedagogis.

Siswa Menurut Para Ahli
1. Kompas (1985), siswa adalah seorang pelajar yang duduk di meja belajar dengan strata sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas. Siswa dan siswi tersebut belajar agar bisa mendapatkan ilmu pengetahuan sehingga bisa mencapai pemahaman ilmu yang sudah didapatkan di dunia pendidikan. Siswa ataupun peserta didik ialah mereka yang secara khusus diserahkan oleh kedua orang tua mereka untuk dapat mengikuti pembelajaran yang diselenggarakan di sekolah dan dengan tujuan supaya dapat menjadi manusia yang berilmu pengetahuan, memiliki ketrampilan, mempunyai pengalaman, memiliki kepribadian, dan berakhlak mulia serta mandiri.
2. Jawa Pos (1949), Siswa merupakan organism yang unik yang berkembang sesuai dengan tahap-tahap perkembangannya. Perkembangan anak ialah perkembangan seluruh aspek dari kepribadiannya. Tetapi dengan tempo dan irama dari perkembangan masing-masing anak kepada setiap aspek tidaklah selalu sama. Hal yang sama adalah siswa juga bisa dikatakan sebagai kelompok orang dengan usia tertentu yang belajar dengan baik secara kelompok ataupun perorangan. Siswa juga bisa dikatakan sebagai ataupun pelajar, ketika berbicara siswa tentu pikiran kita akan tertuju pada lingkungan sekolah, baik sekolah dasar ataupun menengah.
3. Kompas Gramedia (2005), siswa ialah komponen masukan di dalam sistem pendidikan, yang kemudian diproses dalam proses pendidikan, sehingga menjadikan manusia yang berkualitas yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.
4. Maslow, adanya kebutuhan biologi, rasa aman, kasih sayang, harga diri, dan juga realisasi. Sedangkan menurut para ahli psikologi kognitif memahami anak didik atau murid, sebagai seorang manusia yang mendayungkan ranah kognitifnya semenjak berfungsinya kapasitas motor dan juga sensorinya piget (2003).
5. Abu Ahmadi, siswa sebagai seseorang yang belum mencapai dewasa yang membutuhkan usaha, bantuan bimbingan dari orang lain yang telah dewasa guna melaksanakan tugas sebagai salah satu makhluk tuhan, sebagai umat manusia sebagai warga negara yang baik dan sebagai salah satu masyarakat serta sebagai suatu pribadi atau individu.
6. Sarwono, siswa merupakan setiap orang yang secara resmi terdaftar untuk mengikuti pelajaran di dunia pendidikan.
7. Arifin, siswa yaitu semua manusia didik sebagai makhluk yang sedang berada dalam proses perkembangan atau pertumbuhan menurut fitrah masing-masing yang memerlukan bimbingan dan pengarahan yang konsisten menuju ke arah titik optimal yakni kemampuan fitrahnya.
8. UU RI No. 20 tahun 2003 pasal 1 ayat 4 tentang Sistem Pendidikan Nasional, siswa yakni suatu anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan dirinya melalui proses pendidikan pada jalur jenjang dan jenis pendidikan tertentu.
9. Nata, siswa sebagai orang yang menghendaki untuk mendapatkan ilmu pengetahuan, keterampilan, pengalaman dan kepribadian yang baik sebagai bekal hidupnya agar bahagia dunia dan akhirat dengan belajar sungguh-sungguh.
10. Gramedia, siswa ialah berbagai komponen masukkan dalam sistem pendidikan yang selanjutnya akan diproses dalam proses pendidikan sehingga menjadi manusia yang berkualitas sesuai dengan tujuan nasional.
11. Undang-Undang Pendidikan No. 2 Th. 1989, siswa merupakan setiap orang yang berada pada taraf pendidikan yang dalam berbagai literatur murid juga disebut sebagai anak didik.
12. Muhaimin Dkk, siswa yaitu seseorang “subjek didik” yang mana nilai kemanusiaan sebagai individu, sebagai makhluk sosial yang mempunyai identitas moral, harus dikembangkan untuk mencapai tingkatan optimal dan kriteria kehidupan sebagai manusia warga negara yang diharapkan.
13. Prof. Dr. Shafique Ali Khan, siswa yakni semua orang yang datang ke suatu lembaga untuk memperoleh atau mempelajari beberapa tipe pendidikan, selanjutnya orang ini disebut pelajar atau orang yang mempelajari ilmu pengetahuan berapa pun usianya, dari mana pun, siapa pun, dalam bentuk apa pun, dengan biaya apa pun untuk meningkatkan pengetahuan dan moral pelaku belajar.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.1 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.2 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
3. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.3 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.4 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)   
5. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 3. Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 1. Bentuk-bentuk Struktur Sosial (KTSP)
7. Materi Ujian Nasional Kompetensi Dinamika Struktur Sosial 
8. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 6. Masyarakat Multikultural (KTSP)
9. Materi Ujian Nasional Kompetensi Masyarakat Multikultural
10. Materi Ringkas Struktur Sosial dan Diferensiasi Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Siswa"