Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Seni, Fungsi, dan Jenisnya

Pengertian Seni, Fungsi, dan Jenisnya


A. Pengertian Seni

Kata seni dari bahasa Melayu Riau (Sungai Rokan) sonik yang berasal dari kata 'so' atau 'se' artinya adalah 'satu', berasal dari bahasa Sanskerta 'swa' (satu), yang digabung dengan kata 'nik' yang artinya sesuatu yang sangat kecil atau halus. Kata sonik/sonit/seni berarti suatu yang halus bentuk rupa maupun sifatnya.

Kata seni dari bahasa Sansekerta sani yang artinya persembahan, pelayanan dan pemberian yang tulus. Kata seni dari bahasa Belanda genie yang artinya kemampuan luar biasa yang dibawa sejak lahir, seperti makna ketiga kata seni dalam KBBI yang berarti genius.

Seni adalah sebuah karya manusia yang dibuat berdasarkan ide gagasan sehingga memiliki nilai estetik dan mampu mempengaruhi perasaan orang lain. Seni adalah keahlian membuat karya yang bermutu (dilihat dari segi kehalusannya, keindahannya, fungsinya, bentuknya, makna dari bentuknya, dan sebagainya), seperti tari, lukisan, ukiran.

Seni meliputi banyak kegiatan manusia dalam menciptakan karya visual, audio, atau pertunjukan yang mengungkapkan imajinasi, gagasan, atau keperigelan teknik pembuatnya, untuk dihargai keindahannya atau kekuatan emosinya. Kegiatan-kegiatan tersebut pada umumnya berupa penciptaan karya seni, kritik seni, kajian sejarah seni dan estetika seni.

Seni Menurut Para Ahli
1. Aristoteles, seni adalah suatu bentuk ungkapan dan penampilan yang tidak pernah menyimpang dari kenyataan, dan seni itu meniru alam
2. Plato, seni itu adalah hasil tiruan alam dan segala isinya (ars imitator naturam)
3. Herbert Read, seni adalah ekspresi dari penuangan hasil pengamatan dan pengalaman yang dikaitkan dengan perasaan, aktivitas fisik dan psikologis ke dalam bentuk karya.
4. Thomas Munro, seni adalah suatu alat buatan manusia untuk menimbulkan efek-efek psikologis atas manusia lain yang melihatnya.
5. Leo Tolstoy, seni adalah ungkapan perasaan pencipta yang kemudian diungkapkan pada orang lain dengan harapan mereka dapat merasakan apa yang dirasakan oleh penciptanya.
6. Sudarmaji, seni adalah manifestasi batin dan pengalaman estetis manusia dengan memakai media garis, bidang, warna, tekstur, volume, dan gelap terang.
7. Ki Hajar Dewantara, seni adalah hasil keindahan sehingga dapat mempengaruhi perasaan seseorang yang melihatnya, dan seni merupakan perbuatan manusia yang bisa mempengaruhi dan menimbulkan perasaan indah.
8. Alexander Baum Garton, seni adalah keindahan dan tujuan yang positif menjadikan penikmat merasa dalam kebahagiaan.
9. Drs. Popo Iskandar, seni adalah hasil ungkapan emosi yang ingin disampaikan seseorang kepada orang lain dalam kesadaran hidup bermasyarakat/berkelompok.
10. Immanuel Kant, seni adalah sebuah impian karena rumus-rumus tidak dapat mengikhtiarkan kenyataan.
11. Hilary Bel, seni adalah istilah yang digunakan untuk semua karya yang dapat menggugah hati untuk mencari tahu siapa penciptanya.
12. Eric Ariyanto, seni adalah aktivitas rohani atau batin yang direfleksikan dalam bentuk karya dan dapat membangkitkan perasaan seseorang yang melihat atau mendengarnya.

B. Fungsi Seni
Terdapat dua fungsi seni secara umum di antaranya,
1. Fungsi seni untuk individu, ada dua unsur yang ada dalam manusia yaitu unsur fisik dan unsur psikis. Unsur-unsur ini akan memenuhi kebutuhan seni secara fisik dan psikis atau emosional.
a. Seni sebagai alat pemenuhan kebutuhan fisik, para seniman berusaha untuk menciptakan berbagai seni sehingga mampu memuaskan kebutuhan fisika dan kenyamanan bagi penikmatnya.
b. Seni sebagai alat pemenuhan kebutuhan emosional, emosi merupakan perasaan yang ada dalam manusia seperti senang, sedih, marah, benci dan lain-lain. dengan adanya seni semua orang bisa meluapkan perasaan yang ada dalam dirinya dengan menghasilkan sebuah karya.

2. Fungsi seni untuk sosial, manusia adalah makhluk sosial sehingga memiliki kebutuhan untuk berinteraksi dengan orang lain dan sangat bergantung dengan orang lain. Adapun beberapa fungsi seni sebagai media pemenuhan kebutuhan sosial.
a. Seni sebagai media agama, seni digunakan untuk sarana penyampaian pesan religi atau keagamaan kepada manusia. Dalam kehidupan sehari-hari contohnya dalam upacara pernikahan, upacara kematian, pakaian atau busana, kaligrafi dan masih banyak lagi.
b. Seni sebagai media pendidikan, terdapat tiga kategori seni dalam dunia pendidikan yaitu pendidikan formal contohnya di sekolah , pendidikan non-formal seperti misalnya kegiatan di masyarakat dan pendidikan informal yaitu berada di lingkungan keluarga.
c. Seni sebagai media informasi, melalui media informasi, karya seni bisa lebih mudah dipahami oleh masyarakat luas. Contohnya pengguna poster yang digunakan untuk penyampaian informasi tentang bahaya narkoba, program pemerintah dan lain-lain
d. Seni sebagai media hiburan, seni bisa membuat orang lain terhibur dan bisa dijadikan sebagai sarana melepas bosan atau mengurangi kesedihan. Contohnya saat berkunjung ke pertunjukan lukisan, di sana seseorang bisa merasa senang dan terhibur saat melihat sebuah lukisan.

C. Jenis Seni
Secara umum seni dibedakan menjadi 5 jenis di antaranya,
1. Seni Rupa, adalah seni yang berusaha menampilkan nilai keindahan dalam bentuk karya yang bisa dilihat, diraba, dirasa dan dinikmati. Salah satu contoh seni rupa yaitu seni lukis, seni pahat dan masih banyak lagi.
2. Seni Tari, adalah cabang seni yang identik dengan gerakan tubuh sebagai sumber keindahannya. Gerakan tari menjadi media untuk mengkomunikasikan pesan melalui koreografer. Dalam seni tari biasanya terdiri dari macam jenis tari seperti tari tunggal, berpasangan, kelompok maupun kolosal.
3. Seni Musik, adalah karya seni yang menggunakan sebuah irama, tempo, melodi, harmoni dan vokal yang memiliki peran sebagai sarana untuk penyampaian pesan seorang seniman ke penikmatnya. Terdapat dua jenis musik yaitu musik vokal dan musik instrumental. Perbedaannya musik vokal hanya mengandalkan suara manusia saja contohnya seperti beatbox dan akapela. Sedangkan musik instrumental adalah jenis musik yang dimainkan dengan bantuan alat musik.
4. Seni Teater/Drama, pengertian Seni teater secara umum, menggambarkan sebuah peristiwa kehidupan yang ditampilkan dalam suatu adegan dan perilaku manusia melalui gerakan, tarian dan nyanyian serta dilengkapi dengan dialog para pemainnya. Seni teater sering disebut juga sebagai seni peran.
5. Seni Sastra, adalah salah satu jenis seni yang menjadikan bahasa sebagai media, baik secara lisan maupun tulisan sehingga menimbulkan rasa senang bagi orang yang menikmatinya. Terdapat dua jenis seni sastra yaitu puisi dan prosa.
a. Puisi adalah seni yang cenderung menyederhanakan deskripsi dengan menangkap inti permasalahan yang ingin diungkapkan.
b. Prosa adalah seni sastra yang berusaha mendeskripsikan keadaan, keinginan, atau imajinasi secara mendetail.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.1 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.2 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
3. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.3 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.4 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)   
5. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 3. Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 1. Bentuk-bentuk Struktur Sosial (KTSP)
7. Materi Ujian Nasional Kompetensi Dinamika Struktur Sosial 
8. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 6. Masyarakat Multikultural (KTSP)
9. Materi Ujian Nasional Kompetensi Masyarakat Multikultural
10. Materi Ringkas Struktur Sosial dan Diferensiasi Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Seni, Fungsi, dan Jenisnya"