Pengertian Sekte

Pengertian Sekte
Sekte

Sekte dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah kelompok orang yang mempunyai kepercayaan atau pandangan agama yang sama, yang berbeda dari pandangan agama yang lebih lazim diterima oleh para penganut agama tersebut; mazhab.

Dalam bahasa-bahasa Eropa selain Inggris kata padanan untuk 'sekte', seperti misalnya "secte", "secta", "sekta", atau "Sekte", digunakan untuk merujuk kepada sekte keagamaan atau politik yang berbahaya, dalam pengertian yang sama ketika orang di negara-negara berbahasa Inggris menggunakan kata kultus (cult).

Sectarius atau sectilis juga merujuk kepada pemotongan, tetapi makna ini, berlawanan dengan pandangan umum, tidak terkait dengan etimologi kata ini. Kata sekte sendiri berasal dari istilah bahasa Latin secta (dari sequi, mengikut), yang berarti,
(1) suatu langkah atau jalan kehidupan,
(2) suatu aturan perilaku atau prinsip-prinsip dasar,
(3) suatu aliran atau doktrin filsafat.

Dari beberapa rujukan pengertian di atas, secara lebih umum sekte diartikan sebagai kelompok religius eksklusif, sukarela, dan berskala kecil, yang meminta kesetiaan total dari pengikutnya dan menekankan keterpisahannya dari dan penolakannya terhadap masyarakat. Banyak perdebatan mengenai karakteristik dan variasi sub-tipe sekte yang telah diidentifikasi dan diteliti oleh ahli Sosiologi, tetapi ‘tipologi sekte gereja” tetap menjadi fokus utama Sosiologi Agama.

Dijelaskan bahwa setiap sekte sukses dalam merekrut anggota lalu bertumbuh besar dan kompleks, mereka cenderung menyerupai denominasi, yang merupakan titik tengah kontinum antara gereja-sekte. Suatu denominasi merupakan organisasi religius dengan keanggotaan sukarela, toleransi yang bersifat doktrinal, dan pendekatan profesional.

Dalam sosiologi agama, sekte umumnya adalah sebuah kelompok keagamaan atau politik yang memisahkan diri dari kelompok yang lebih besar, biasanya karena pertikaian tentang masalah-masalah doktriner. Dalam sejarah, penggunaannya di lingkungan agama Kristen mengandung konotasi penghinaan dan biasanya merujuk kepada suatu gerakan yang menganut keyakinan atau ajaran yang sesat dan yang sering kali menyimpang dari ajaran dan praktik ortodoks.
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Sekte"