Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Rumah, Konstruksi, Aspek, Syarat, dan Fungsinya

Pengertian Rumah, Konstruksi, Aspek, Syarat, dan Fungsinya


A. Pengertian Rumah

Rumah dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah bangunan untuk tempat tinggal. Secara umum rumah adalah salah satu bangunan yang dijadikan tempat tinggal selama jangka waktu tertentu. Secara khusus, rumah mengacu pada konsep-konsep sosial-kemasyarakatan yang terjalin di dalam bangunan tempat tinggal, seperti keluarga, hidup, makan, tidur, beraktivitas, dan lain-lain.

Rumah merupakan salah satu kebutuhan primer setiap manusia di samping kebutuhan pangan dan papan. Selain memiliki fungsi sebagai tempat tinggal, terkadang banyak orang yang berpendapat serta menilai rumah sebagai tolak ukur kondisi dan keadaan, terutama ekonomi sebuah keluarga yang menghuninya. Intinya, rumah merupakan salah satu tolak ukur untuk mengetahui bagaimana kehidupan seseorang.

B. Konstruksi Rumah
Sebagai bangunan, rumah berbentuk ruangan yang dibatasi oleh dinding dan atap. Rumah memiliki jalan masuk berupa pintu dengan tambahan berjendela. Lantai rumah biasanya berupa tanah, ubin, babut, keramik, atau bahan material lainnya. Rumah bergaya modern biasanya memiliki unsur-unsur ini.

Ruangan di dalam rumah terbagi menjadi beberapa ruang yang berfungsi secara spesifik, seperti kolam renang, ruang kerja, ruang belajar, kebun, ruang olahraga, ruang cuci, laboratorium, pantry, perpustakaan, ruang bermain, taman bermain, kolam ikan, ruang musik, ruang doa, kamar tidur, kamar mandi, toilet (WC), ruang makan, dapur, ruang keluarga, ruang tamu, garasi, gudang, teras dan pekarangan.

Rumah memiliki berbagai model dan tipe desain yang beragam, selain model rumah minimalis, terdapat juga beberapa model rumah lain seperti model rumah kontemporer, rumah tradisional dan model rumah modern. Selain memiliki beragam model rumah saat ini juga memiliki ukuran baku, seperti rumah type 36, rumah type 45, rumah type 54.

C. Aspek Rumah
1. Aspek Fisik, jika dilihat berdasarkan aspek fisiknya, rumah dapat didefinisikan sebagai suatu bangunan tempat kembali dari bepergian, bekerja, tempat tidur dan beristirahat memulihkan kondisi fisik dan mental yang letih dari melaksanakan tugas sehari-hari  bagi penghuninya.
2. Aspek Psikologis, apabila ditinjau berdasarkan aspek psikologinya, pengertian rumah itu sendiri adalah sebuah tempat untuk tinggali serta untuk melakukan hal-hal tersebut di atas, dengan tenteram, damai, serta menyenangkan bagi penghuninya. Dari pengertian secara psikologis ini lebih menitikberatkan pada situasi dan suasana fisik rumah itu sendiri.

D. Syarat Rumah
1. Aksebilitas, merupakan salah satu syarat untuk sebuah rumah bisa ditempati, di mana ada beberapa hal yang mesti diperhatikan dalam hal ini. Misalnya kebutuhan transportasi terpenuhi dengan mudah dan murah, jarak tempat menuju fasilitas umum mudah dan cepat, jalan menuju lokasi memiliki kualitas yang cukup baik, aman, nyaman, serta lancar.
2. Lingkungan, aspek lingkungan juga merupakan sebuah syarat yang harus dipenuhi jika ingin menempati sebuah rumah. Misalnya, kesehatan lingkungan terpenuhi dengan jauh dari berbagai macam polusi, penataan lingkungan cukup asri dan alami, memiliki ruang-ruang terbuka yang cukup, serta terpenuhnya prasarana dan sarana memadai.

Pada dasarnya jika Anda memiliki rumah untuk bertempat tinggal, pastikan kondisi, keadaan, serta suasana rumah tersebut aman, nyaman, sehat, serta sesuai dengan organisasi keluarga.

E. Fungsi Rumah
Menurut Tuner (dalam Jenie, 2001: 45) rumah memiliki beberapa fungsi utama di antaranya,
1. Sebagai penunjang rasa aman (security), rumah merupakan jaminan bagi penghuninya sebagai tempat yang akan memberikan rasa aman berupa rasa kepemilikan bangunan rumah dan lahan (the form of tenure).
2. Sebagai penunjang kesempatan (opportunity), rumah juga merupakan suatu sarana yang dapat dijadikan sebagai penunjang kesempatan bagi yang menempatinya di mana untuk dapat mengembangkan kehidupan sosial budaya dan ekonomi atau fungsi pengemban keluarga.
3. Sebagai penunjang identitas keluarga (identity), rumah sebagai tempat tinggal juga  dimaksudkan supaya penghuni dapat memperlihatkan identitas serta statusnya berdasarkan rumah yang dimilikinya.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.1 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.2 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
3. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.3 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.4 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)   
5. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 3. Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 1. Bentuk-bentuk Struktur Sosial (KTSP)
7. Materi Ujian Nasional Kompetensi Dinamika Struktur Sosial 
8. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 6. Masyarakat Multikultural (KTSP)
9. Materi Ujian Nasional Kompetensi Masyarakat Multikultural
10. Materi Ringkas Struktur Sosial dan Diferensiasi Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Rumah, Konstruksi, Aspek, Syarat, dan Fungsinya"