Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Rambut, Struktur, Fungsi, Klasifikasi, dan Bentuknya

Pengertian Rambut, Struktur, Fungsi, Klasifikasi, dan Bentuknya


A. Pengertian Rambut

Rambut dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah bulu yang tumbuh pada kulit manusia (terutama di kepala). Rambut merupakan organ tubuh manusia yang memiliki bentuk seperti helaian benang yang tumbuh di kulit dengan mengandung banyak keratin. Rambut dapat muncul dari lapisan epidermis atau lapisan dari kulit terluar.

Walaupun memiliki bentuk yang tipis tetapi rambut memiliki fungsi yang banyak bagi tubuh hewan atau Manusia. Unsur penyusun rambut atau komponen rambut terdiri atas keratin sebanyak 70% hingga 80%, senyawa minyak sebanyak 3% hingga 6% senyawa minyak, pigmen melanin dan pheomelanin sebanyak 1%, kelembaban air sebanyak 15% dan selebihnya berupa unsur mineral juga karbohidrat.

Menurut Basuki (1981) rambut adalah helaian serupa dengan benang yang pipih yang berasal dari bawah kulit; dibentuk oleh susunan lapisan sel tertutup yang lapisan luarnya memiliki bentuk mirip sisik ikan; serta mengandung keratin.

B. Struktur Rambut
Susunan rambut terbagi menjadi beberapa bagian di antaranya,
1. Akar rambut, yakni bagian terdalam rambut yang terletak pada lapisan kulit juga tertahan dalam folikel rambut. Akar rambut merupakan bagian rambut yang terletak dalam kulit jangat. Posisi akar rambut pada lapisan dalam tertanam miring. Akar rambut tersusun atas beberapa bagian, di antaranya,
a. Folikel, kantong rambut atau dikenal dengan folikel rambut merupakan bagian akar rambut berupa saluran yang mirip dengan kantong yang menjaga bakal rambut juga tertanam pada lapisan dermis.
b. Umbi Rambut, umbi rambut (matriks) merupakan bagian akar rambut yang berada di bawah folikel yang memiliki mulut seperti corong yang memanjang vertikal dari lapisan dalam kulit hingga lapisan terluar kulit. Fungsi umbi rambut adalah sebagai penyerap udara dan menimbun sebum juga kotoran.
c. Papil Rambut, merupakan bagian akar rambut yang berfungsi sebagai lokasi pembuatan sel tunas rambut dan juga sel pigmen atau zat warna melanin rambut.
d. Pembuluh Darah, pembuluh darah berfungsi sebagai saluran perembesan cairan zat makanan yang dibutuhkan sel lapisan epidermis.
e. Kelenjar Minyak, kelenjar minyak berfungsi sebagai saluran untuk membuat rambut menjadi halus.
f. Kelenjar Keringat, kelenjar keringat berfungsi sebagai tempat sel keringat bermuara.
g. Sel Melanin, pigmen melanin merupakan zat penentu warna rambut.

2. Batang rambut, yakni bagian terluar rambut yang terletak pada luar kulit, ini seperti benang halus yang terdiri atas keratin. Batang rambut merupakan bagian rambut terluar kulit berupa benang-benang halus dengan kandungan keratin atau sel tanduk. Struktur batang rambut manusia dapat menentukan bentuk rambut seperti rambut lurus, rambut bergelombang atau rambut keriting. Batang rambut tersusun dari beberapa bagian di antaranya,
a. Cuticula, cuticula atau kulit ari atau selaput rambut adalah lapisan terluar dari batang rambut yang terdiri atas susunan keratin yang pipih dan bening. Cuticula yang pipih dan bening sehingga tembus cahaya maka warna rambut bisa dilihat. Penyasakan rambut dapat menyebabkan susunan rambut saling menutupi sehingga cairan dapat dengan mudah masuk ke dalam rambut.
b. Cortex, kulit rambut atau cortex merupakan bagian batang rambut yang berada di antara cuticula dan medula, bagian ini terdiri dari benang fibril yaitu benang yang sangat halus sehingga tak kasat mata dan untuk melihatnya diperlukan mikroskop. Benang-benang fibril terbentuk dari molekul fibril dengan kandungan pigmen melanin, sel tanduk yang membentuk fibril memiliki kandungan sulfur berpengaruh pada obat cat dan obat keriting rambut. Setiap molekul keratin berbentuk ikatan spiral untuk mempertahankan bentuk rambut yang telah dibuat.
c. Medula, Medula atau sumsum rambut merupakan bagian tengah batang rambut yang terbentuk oleh zat tanduk berbentuk anyaman berongga udara. Bentuk penampang melintang rambut lurus adalah bundar atau lonjong berombak menebal di salah satu sisinya, sedangkan bentuk penampang melintang rambut keriting tak tentu.

3. Ujung rambut, yakni bagian rambut yang memiliki bentuk runcing yang bisanya pada rambut yang belum pernah dipotong dan rambut yang baru tumbuh.

C. Fungsi Rambut Manusia
1. Rambut Sebagai Pelindung
Rambut berfungsi untuk melindungi kepala dengan rambut yang subur maka akan meminimalisir akibat dari beragam gesekan juga benturan yang terjadi. Selain itu, rambut juga melindungi kulit dari berbagai faktor dari luar seperti debu atau kotoran; kerusakan kulit yang disebabkan sinar matahari juga angin.

Kandungan pada akar rambut berkaitan langsung dengan ujung saraf perasa dapat menghantarkan sinyal ke otak sehingga manusia bisa bereaksi pada kondisi yang menyebabkannya. Apabila secara mendadak menjadi takut atau tegang maka otot penegak rambut akan mengkerut lalu rambut akan berdiri sebagai pertanda reaksi pada hal instingtif harus dihindari.

2. Rambut Sebagai Penghangat Tubuh
Rambut akan memberikan kehangatan pada tubuh manusia, rambut akan membentuk sejenis insulator alami yang menjaga kestabilan suhu kulit kepala dari pengaruh suhu yang di sekelilingnya. Jika suhu udara meningkat maka akan menyebabkan suhu kulit kepala meningkat.

3. Rambut Sebagai Pengalih Keringat dan Air
Rambut akan menyerap keringat pada kulit sehingga iritasi yang disebabkan gesekan juga pengalihan keringat sehingga bagian tubuh tertentu bisa cepat kering dan terlindungi.

4. Rambut Sebagai Pembeda dan Keindahan
Rambut digunakan sebagai pembeda gender yang bisanya laki-laki menumbuhkan rambut di wajah sedangkan wanita tidak. Perawatan dan pengaturan gaya rambut untuk keindahan.

D. Klasifikasi Rambut
Rambut diklasifikasikan menjadi empat di antaranya
1. Rambut halus seperti rambut betis, punggung, perut, lengan, dahi dan pipi
2. Rambut panjang agak kasar seperti rambut kepala
3. Rambut agak kasar tapi tak sepanjang rambut kepala seperti rambut ketiak
4. Rambut agak kasar tapi pendek seperti rambut alis

E. Bentuk Rambut
Bentuk rambut dapat dikelompokkan sebagai berikut di antaranya,
1. Lurus, tidak bergelombang dan tidak keriting, bentuk ini dapat memberikan kemudahan kepada si pemilik di dalam hal penataan rambutnya dalam pemotongan rambut dan ketika di sanggul.
2. Berombak, bentuk ini seperti bentuk gelembung di rambut. Ini dapat di sebabkan adanya forlicle yang melengkung dan memiliki penampang yang lonjong atau oval. Rambut ini juga mudah dalam penataannya.
3. Keriting, bentuk ini seperti banyak gelombang kecil atau sedang yang ada di rambut. Ini dapat di sebabkan follicle berbentuk sangat melengkung tetapi penampangnya gepeng. Rambut ini sedikit rumit di dalam penataan rambutnya.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.1 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.2 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
3. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.3 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.4 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)   
5. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 3. Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 1. Bentuk-bentuk Struktur Sosial (KTSP)
7. Materi Ujian Nasional Kompetensi Dinamika Struktur Sosial 
8. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 6. Masyarakat Multikultural (KTSP)
9. Materi Ujian Nasional Kompetensi Masyarakat Multikultural
10. Materi Ringkas Struktur Sosial dan Diferensiasi Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Rambut, Struktur, Fungsi, Klasifikasi, dan Bentuknya"