Pengertian Rahang Manusia, Jenis, dan Fungsinya

Pengertian Rahang Manusia
Rahang Manusia

A. Pengertian Rahang Manusia
Rahang dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah kedua bagian tulang, atas dan bawah, dalam rongga mulut tempat gigi tumbuh. Rahang terdiri atas rahang bawah yang dapat digerakkan (mandibula) dan rahang atas yang tetap (maxila). Rahang digunakan untuk menggigit dan mengunyah makanan dengan cara digerakkan berlawanan satu sama lain.

B. Jenis dan Fungsi Rahang Manusia
1. Rahang Bawah
Mandibula atau rahang bawah terdiri dari lengkungan horizontal yang menahan gigi berisi pembuluh darah dan saraf. Dua bagian vertikal (rami) pada rahang membentuk sendi engsel yang dapat digerakkan di kedua sisi kepala, berartikulasi dengan rongga glenoid tulang temporal tengkorak. Rami juga memberikan keterikatan pada otot-otot yang penting dalam mengunyah. Bagian depan tengah lengkungan rahang diperkuat dan ditopang untuk membentuk dagu.

Ada empat jenis otot yang menghubungkan sekaligus membantu tulang rahang bawah untuk bergerak. Otot-otot ini bekerja sama satu sama lain untuk membantu tulang rahang bawah bergerak ke atas, ke bawah, ke kiri dan ke kanan. Tulang rahang bawah tidak terhubung dengan tengkorak dan merupakan satu-satunya tulang yang bisa bergerak. Fungsi dari rahang bawah di antaranya,
a. Membentuk mulut, bersama dengan tulang rahang atas atau maksila, fungsi tulang rahang bawah adalah membentuk struktur mulut.
b. Membantu proses mengunyah, pergerakan tulang rahang bawah yang ke atas dan ke bawah membantu Anda untuk bisa mengunyah makanan dengan baik.
c. Tempat melekatnya gigi bagian bawah, fungsi tulang rahang bawah lainnya adalah menjadi tempat melekat dan perlindungan untuk gigi bagian bawah.
d. Melindungi saraf dan otot, selain membentuk struktur mulut, fungsi tulang rahang bawah bersama dengan tulang rahang atas adalah untuk melindungi saraf-saraf dan otot-otot penting di sekitar mulut dan tengkorak.

2. Rahang Atas
Rahang atas atau maxila melekat erat pada tulang hidung di pangkal hidung, ke tulang frontal, lakrimal, ethmoid, dan zygomatik di dalam rongga mata, ke tulang palatine dan sphenoid di langit-langit mulut dan di samping dengan ekstensi untuk membentuk bagian anterior lengkung zygomatik (tulang pipi). Bagian bawah rahang atas yang melengkung berisi gigi atas. Tulang rahang atas terdiri dari bagian kiri dan kanan yang tidak memiliki bentuk teratur dan menyatu di bagian tengah tengkorak, tepatnya di bawah hidung.

Tulang rahang atas adalah salah satu tulang utama pada wajah dan terdiri dari tulang pada bagian atas mulut, tulang bagian bawah pada mata, serta tulang bagian bawah dan samping pada hidung. Fungsi rahang atas di antaranya,
a. Pelindung organ vital di tengkorak, fungsi tulang rahang atas yang cukup krusial adalah berada dalam rangkaian tulang yang melindungi organ-organ vital, seperti otak, mata, dan saraf-saraf yang berada dalam tengkorak. Selain itu, tulang rahang atas juga berperan untuk mencegah kerusakan pada struktur wajah saat terjadi cedera.
b. Membantu pergerakan mulut dan wajah, tulang rahang atas merupakan tempat melekatnya banyak otot-otot penggerak di wajah yang dapat membuat Anda bisa mengunyah, bernapas, bersiul, membuka dan menutup mulut, tersenyum, dan membuat ekspresi lainnya.
c. Meningkatkan volume dan kedalaman suara, fungsi tulang rahang atas lainnya adalah membuat suara lebih keras atau bergema, serta meningkatkan kedalaman dari suara.
d. Tempat melekatnya gigi bagian atas, fungsi tulang rahang atas yang sudah cukup dikenal adalah sebagai tempat melekat dan penyokong dari gigi di bagian atas.
e. Meringankan tengkorak, siapa sangka, fungsi tulang rahang atas adalah meringankan berat dari tengkorak.
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Rahang Manusia, Jenis, dan Fungsinya"