Pengertian Pengusaha, Kelebihan, dan Kekurangannya

Pengertian Pengusaha
Pengusaha
A. Pengertian Pengusaha
Usaha dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah kegiatan dengan mengerahkan tenaga, pikiran, atau badan untuk mencapai suatu maksud; pekerjaan (perbuatan, prakarsa, ikhtiar, daya upaya) untuk mencapai sesuatu; kegiatan di bidang perdagangan (dengan maksud mencari untung); perdagangan; perusahaan. Pengusaha dalam KBBI adalah orang yang mengusahakan (perdagangan, industri, dan sebagainya); orang yang berusaha dalam bidang perdagangan; saudagar; usahawan.

Pengusaha adalah seseorang yang menjalankan aktivitas usaha baik usaha jual-beli, maupun usaha produksi yang mempunyai tujuan utama untuk memperoleh keuntungan dan menanggung risiko yang mungkin saja akan terjadi dalam aktivitas usahanya. Pengusaha dalam pengertian lain adalah individu yang menciptakan bisnis baru, menanggung sebagian besar risiko dan menikmati sebagian besar penghargaan. Pengusaha umumnya dilihat sebagai inovator, sumber dari ide-ide baru, barang, jasa, dan bisnis/atau prosedur.

Pengusaha memainkan peran penting dalam ekonomi apa pun, menggunakan keterampilan dan inisiatif yang diperlukan untuk mengantisipasi kebutuhan dan membawa ide-ide baru yang baik ke pasar. Pengusaha yang terbukti berhasil dalam mengambil risiko dari startup dihargai dengan keuntungan, ketenaran, dan peluang pertumbuhan berkelanjutan. Mereka yang gagal, menderita kerugian dan menjadi kurang terkenal di pasar.

Pengusaha Menurut Para Ahli
Mardiasmo (2008: 36), pengusaha adalah orang pribadi atau badan dalam bentuk apapun yang dalam kegiatan usaha atau pekerjaannya menghasilkan barang, mengimpor barang, mengekspor barang, melakukan usaha perdagangan, memanfaatkan barang tidak berwujud dari luar daerah pabean, melakukan usaha jasa termasuk mengekspor jasa atau memanfaatkan jasa dari luar pabean.

B. Manfaat Pengusaha
Manfaat menjadi pengusaha tentu saja bisa melatih mental lebih kuat ketika berhadapan dengan tantangan yang banyak. Seorang pengusaha yang sudah berpengalaman tentu akan memiliki tingkat memanajemen risiko dalam menjalankan usahanya. Akan lebih tahan terhadap kondisi apa pun di lapangan.

Pada pengelolaan perusahaan, kemampuan wirausahawan atau pengusaha sangat menentukan. Sehingga keberhasilan dan juga maju atau mundurnya aktivitas usaha sangat tergantung terhadap kecakapan dari pengusaha. Wirausahawan/pengusaha yang berhasil memajukan usahanya, terlihat dengan semakin meningkatnya keuntungan atau laba perusahaan tersebut. Oleh sebab itu, laba perusahaan adalah bentuk imbalan yang juga harus diterima oleh seorang pengusaha/wirausahawan.

C. Kelebihan dan Kekurangan Pengusaha
1. Kelebihan Pengusaha
a. Kesempatan untuk mewujudkan cita-cita
b. Kesempatan untuk membuat suatu perubahan
c. Untuk meraih potensi penuh yang terdapat pada diri sendiri
d. Untuk meraih keuntungan yang besar
e. Memberikan kontribusi pada masyarakat dan memperoleh pengakuan terhadap usaha sendiri
f. Bisa melaksanakan apa yang disenangi

2. Kekurangan Pengusaha
a. Ketidakpastian terhadap pendapatan, mendirikan dan menjalankan bisnis serta tidak memberikan jaminan akan memperoleh cukup uang dalam bertahan hidup
b. Risiko kehilangan semua investasi, tingkat kegagalan bisnis kecil yang sangat tinggi
c. Jam kerja yang panjang dan juga bekerja keras.
d. Kualitas hidup lebih rendah sampai dengan bisnis didirikan
e. Tanggung jawab yang kompleks, banyak pengusaha diwajibkan untuk membuat keputusan tentang berbagai isu di luar bidang ilmu
f. Putus asa, sangat memerlukan dedikasi, disiplin, dan juga keuletan untuk mengatasinya.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Pengusaha, Kelebihan, dan Kekurangannya"